MediaTek Dimensity 800U: Chipset 7nm dengan Dukungan Dual SIM 5G untuk Ponsel Kelas Menengah

MediaTek kembali meluncurkan chipset terbarunya yang kali ini diberi nama Dimensity 800U. Mengusung fabrikasi 7nm, chipset tersebut dirancang untuk kinerja multi-core tinggi dan dibekali teknologi 5G+5G Dual SIM Dual Standby (DSDS).

Spesifikasi MediaTek Dimensity 800U

svg%3E

Dalam rilis pers yang diterima Yangcanggih, Selasa (18/8), MediaTek menjelaskan bahwa Dimensity 800U merupakan salah satu langkah mereka untuk mempercepat ketersediaan tenkologi 5G, khususnya untuk smartphone kelas menengah.

“MediaTek selalu berfokus dalam meningkatkan pengalaman pengguna dengan teknologi semikonduktor terdepan kami, baik itu kegiatan streaming, game, atau mengambil foto,” kata Dr. Yenchi Lee, Deputy General Manager, Wireless Communications Business Unit, MediaTek.

Selain DSDS, MediaTek Dimensity 800U menggunakan modem 6G yang mendukung jaringan sub-6GHz SA dan NSA, Voice over New Radio (VoNR) ganda, dan 5G 2-carrier aggregation (2CC 5G-CA). Kombinasi tersebut diklaim mampu memberikan koneksi 5G yang lebih cepat dan stabil. Yang tidak kalah menarik, teknologi ini juga didukung MediaTek 5G UltraSave untuk memperpanjang umur baterai.

Soal spesifikasi lainnya, Dimesity 800U dipersenjatai CPU octa-core yang terdiri dari dua prosesor Arm Cortex-A76 2,4GHz dan enam prosesor Arm Cortex-A55 2GHz. GPU yang ditanamkan adalah Arm Mali-G57, dan dilengkapi teknologi lainnya seperti AI processing unit (APU) independen serta RAM LPDDR4x.

Dimensity 800U mendukung penggunaan layar Full HD+ dengan refresh rate 120Hz, dan HDR10+ untuk kualitas visual yang lebih baik berasam engine MediaTek MiraVision PQ terintegrasi dengan optimasi HDR untuk berbagai tipe video. Chipset ini juga ideal untuk konfigurasi 4 kamera dengan resolusi maksimal 64 megapixel.

Jadwal peluncuran MediaTek Dimensity 800U

Karena ditujukan untuk smartphone kelas menengah, tentunya pengguna bisa berharap dalam waktu dekat akan semakin banyak produk terjangkau memiliki kinerja tinggi dan sudah mendukung 5G. Sayangnya, belum ada informasi kapan perangkat pertama dengan Dimensity 800U akan meluncur ke pasaran.

Verified by MonsterInsights