Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Mencermati Teknologi RAM Terbaru di Samsung Galaxy Note20 Series



Kapasitas RAM merupakan salah satu elemen penting agar sebuah smartphone dapat menyajikan performa terbaiknya. Tapi tidak hanya besaran RAM saja yang penting. Jenis RAM yang digunakan juga berpengaruh dalam kecepatan.

RAM pada Samsung Galaxy Note20 Series

Jika sebagian smartphone flagship sudah menggunakan RAM 12GB, termasuk Samsung Galaxy Note10+, kapasitas RAM 8GB pada Samsung Galaxy Note20 Series terlihat kurang besar. Apakah ini pertanda Samsung berkompromi soal performa? Ternyata tidak.

Ada dua penjelasan mengenai hal ini. Pertama, RAM berkapasitas 8GB sebenarnya sudah sangat cukup untuk sebuah smartphone Android, baik untuk menjalankan aplikasi berat maupun multi-tasking.

samsung lpddr5

Kedua, jenis RAM yang digunakan Samsung Galaxy Note20 Series lebih superior dari RAM di hampir semua smartphone yang beredar saat ini. Samsung Galaxy Note20 Ultra menggunakan RAM berteknologi LPDDR5, yang memiliki peningkatan performa dibandingkan RAM di Galaxy Note 10+ yang masih LPDDR4x.

Kecepatan data-transfer RAM juga memegang peranan penting untuk mendongkrak performa. RAM LPDDR5 secara umum memiliki kecepatan 6,400 Mb/detik atau sekitar 50% lebih cepat jika dibandingkan dengan kecepatan LPDDR4X yang berada di 4266 Mb/detik.

Yang menarik, RAM LPDDR5 memiliki efisiensi daya hingga 30% lebih baik dibandingkan RAM LPDDR4X. Hal ini pada akhirnya akan berkontribusi terhadap performa yang akan berpengaruh kepada kemampuan sebuah perangkat untuk melakukan multi-tasking, serta pengimplementasian fitur-fitur pintar pada perangkat.

K413 728 yangcanggih

Samsung Galaxy Note20 layar dynamic amoled

Dengan kapasitas 8GB, RAM LPDDR5 di Samsung Galaxy Note20 Series sudah ideal dalam hal performa untuk digunakan bermain game. Mulai dari bermain game casual, Mobile Legend, hingga game seberat PUBG atau Fortnite, hingga merekam video beresolusi 8K dapat dijalankan dengan mulus . Pengguna bisa melakukan lebih dari satu pekerjaan tanpa khawatir performa menurun. Contohnya menghubungkan Galaxy Note20 Series ke Wireless Samsung Dex sambil bermain game atau rapat online. Ini membuat beragam aktivitas, hiburan maupun pekerjaan, menjadi lebih lancar berkat paduan prosesor Exynos 990 dan RAM LPDDR5 8GB yang ada di Samsung Galaxy Note20 Ultra.

 

“Sebelum meluncurkannya, kami telah melakukan pengujian pada device 8GB LPDDR5 kami dan menemukan bahwa kemampuan ini merupakan sebuah sweet-spot untuk smartphone, terutama apabila digunakan untuk keperluan sehari-hari untuk mendukung penggunanya melakukan segala hal lebih baik lagi: baik itu penggunaan Samsung DeX yang dibarengi dengan Samsung Notes, maupun bermain game sambil membalas pesan di Whatsapp, dan masih banyak lagi keseruan bekerja sambil bermain sehingga pengguna tidak perlu merasa khawatir mengenai performa.” jelas Taufiqal Furqon, Product Manager Samsung Electronics Indonesia.

Informasi pembelian Samsung Galaxy Note20 Series

Bagi konsumen Indonesia yang ingin memiliki Samsung Galaxy Note20 Series bisa langsung mengikuti pre-order mulai 6 Agustus hingga 19 Agustus 2020. Penawaran menarik  selama masa pre-order tersebut:

  • Galaxy Note20 dibanderol dengan harga Rp14.499.000. Setiap pemesanan akan disertai dengan e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds+ senilai Rp2.399.000.
  • Galaxy Note20 Ultra varian 256GB memiliki harga Rp17.999.000, sementara varian 512GB dibanderol senilai Rp19.999.000. Setiap pemesanan Galaxy Note 20 Ultra akan disertai dengan e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds Live senilai Rp2.599.000.

Peserta pre-order juga berkesempatan untuk mendapatkan Bank Cashback hingga Rp1.000.000 dengan bunga cicilan 0% dan periode hingga 24 bulan bila menggunakan mitra-mitra Bank Samsung di Indonesia. Sedangkan bagi yang sudah register sebelumnya di situs resmi Samsung dan melanjutkan dengan pembelian akan mendapatkan smart case cover senilai Rp699.000.

Untuk mengikuti pre-order atau mendapatkan informasi lebih lanjut dapat dilakukan dengan mengunjungi situs Pre-Order Samsung di www.galaxylaunchpack.com. Anda juga bisa memesannya di salah satu e-commerce yang telah bekerja sama dengan Samsung yaitu Lazada, JD.ID, Blibli, Shopee, Tokopedia, Eraspace, Bukalapak, Akulaku, Bhinneka.com, Dinomarket, dan Globalteleshop.

More Stories
Olympus 12 50mm
Olympus M.ZUIKO DIGITAL ED 12-50mm F3.5-6.3 EZ : Alternatif Lensa Kit untuk Micro Four Thirds