Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Berminat dengan Samsung Galaxy A21s? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya



Dari sederet anggota Galaxy A-Series yang sudah dirilis oleh Samsung sejak awal tahun 2020, Galaxy A21s merupakan salah satu produk yang layak mendapatkan perhatian lebih. Pasalnya, smartphone seharga 2 jutaan rupiah ini adalah yang pertama dipersenjatai chipset terbaru garapan Samsung dengan fabrikasi 8nm, yakni Exynos 850.

Ada beberapa nilai plus yang membuat Galaxy A21s patut masuk radar belanja Anda. Meski begitu, ada pula poin-poin yang menurut kami juga harus Anda pertimbangkan sebelum memilih smartphone ini sebagai daily driver selanjutnya. Nah, untuk Anda yang berminat membeli Galaxy A21s dalam waktu dekat, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan Samsung Galaxy A21s:

Layar lega, asyik untuk menonton film

Samsung Galaxy A21s White 6

Samsung Galaxy A21s menawarkan layar besar Infinity-O dengan ukuran 6,5 inci. Panel yang dipakai memang masih PLS TFT, belum Super AMOLED. Walaupun begitu, dari segi tingkat kecerahan dan sajian warnanya menurut kami tergolong cukup memanjakan mata. Satu hal yang menjadi nilai plusnya adalah sertifikasi Widevine L1 yang dimiliki Galaxy A21s. Itu artinya, Anda bisa memutar film-film dari Netflix dengan kualitas HD.

Kinerja mulus untuk kebutuhan sehari-hari

Seperti disebutkan di atas, Samsung Galaxy A21s merupakan smartphone pertama di Indonesia yang mengusung chipset terbaru Exynos 850. Dengan fabrikasi 8nm, chipset ini punya efisiensi daya yang jauh lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Kinerjanya terasa mulus dan tidak ada kendala berarti untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Untuk gaming pun masih lancar. Mobile Legends dan PUBG Mobile bisa Anda mainkan dengan cukup nyaman.

Samsung Galaxy A21s White 2

Daya tahan baterai amat memuaskan

Inilah yang menurut kami menjadi sektor yang paling menggiurkan dari Galaxy A21s. Bukan hanya karena baterai yang dibenamkan berkapasitas 5.000 mAh, tapi perpaduan hardware yang tidak rakus daya seperti Exynos 820 serta resolusi HD+ membuat Galaxy A21s punya baterai yang super awet.

Dengan gaya pemakaian kami, smartphone ini dapat bertahan selama 1,5 hingga 2 hari! Sangat memuaskan dan cocok untuk Anda yang punya aktivitas segudang, tapi malas membawa power bank.

Kamera cukup baik di kondisi cahaya ideal

K413 728 yangcanggih

Beralih ke sektor kamera, di belakang ada sensor utama 48 MP yang ditemani sensor 8 MP dengan lensa ultra-wide, serta depth sensor 2 MP. Bagi yang gemar selfie, Samsung Galaxy A21s menyediakan kamera 8 megapixel di depan. Kualitas foto yang dihasilkan cukup baik di kondisi cahaya yang ideal. Detailnya cukup tinggi dan warnanya cenderung natural. Mode bokeh dengan Live Focus pun rapi.

Hasil foto Samsung Galaxy A21s (3)

Hasil foto Samsung Galaxy A21s (7)

Kekurangan Samsung Galaxy A21s:

Resolusi layar masih HD+

Walaupun sekilas masih terlihat tajam, sesungguhnya akan lebih menarik jika Samsung sudah memasang layar dengan resolusi Full HD+ pada Galaxy A21s. Bukan sekadar HD+ karena di atas kertas jadi tampak tertinggal dibanding lawan-lawannya.

Kamera belum didukung Night Mode dan stabilization

Meski masih memadai untuk menangkap momen dengan kondisi cahaya yang ideal, sayangnya untuk pemotretan low light kamera Galaxy A21s masih kalah dibanding pesaingnya. Apalagi Samsung belum menambahkan Night Mode. Selain itu, kemampuan videografi Galaxy A21s juga belum dibekali stabilization.

Galaxy A21s camera

Bodi mudah kotor oleh bekas jari

Sama seperti kebanyakan smartphone dengan finishing glossy lainnya, bodi Galaxy A21s mudah kotor oleh bekas jari. Ditambah lagi Samsung tidak menyediakan softcase pada paket penjualannya. Kalau Anda meminang smartphone ini, kami sarankan untuk langsung membeli casing.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy A21s. Menurut kami, dengan harga 2,7 juta rupiah Galaxy A21s layak Anda pertimbangkan jika sedang mencari daily driver dengan budget 2 jutaan rupiah untuk komunikasi dan media sosial.

More Stories
Asha
Nokia Asha 500, 502, & 503: Tiga Ponsel Jagoan untuk Segmen Bawah