Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Review realme Narzo: Asyik untuk Gaming dengan Helio G90T dan Layar 90Hz



realme terus membanjiri pasar Indonesia dengan sederet smartphone yang dijual dengan harga kompetitif, tapi menawarkan spesifikasi dan fitur menggiurkan di kelasnya. Salah satu yang menurut kami amat layak menjadi target belanja Anda adalah realme Narzo.

Mengapa demikian? Pasalnya hingga saat ini realme Narzo tercatat sebagai smartphone dengan layar 90Hz paling murah. Bukan cuma itu, ada beberapa keunggulan lainnya yang membuat realme Narzo tampil amat menonjol dibanding lawan-lawannya. Penasaran? Yuk, langsung saja simak ulasan kami:

Desain realme Narzo

Kalau Anda mengikuti perkembangan desain smartphone realme beberapa bulan ke belakang, tentunya realme Narzo akan terlihat cukup familiar. Bahasa desainnya kurang lebih mirip dengan realme 6. Sekilas terlihat smartphone ini mengusung platform yang sama dengan saudaranya itu.

realme Narzo 2

Di bagian belakang Anda akan menemukan 4 kamera yang disusun secara vertikal di pojok kiri atas, dengan logo realme yang berada di kiri bawah. Anda tidak akan menemukan pembaca sidik jari di sini karena realme Narzo menggunakan side fingerprint sensor.

Efek glossy pada bodi bagian belakang realme Narzo pun amat mirip dengan realme 6. Meski begitu, pewarnaannya dibuat berbeda. Kalau realme 6 disajikan dalam varian warna Comet Blue dan Comet White, realme Narzo punya opsi Just White dan Just Black.

realme Narzo 4

Intinya kami tidak menemukan perbedaan berarti soal desain realme Narzo dan realme 6. Keduanya tampak seperti produk kembar yang hanya dibedakan oleh warna. Apalagi jika dilihat dari depan yang sama-sama memakai desain punch hole di pojok kiri atas untuk menampung kamera selfie.

Dari segi pengoperasian realme Narzo yang menggunakan material polycarbonate adalah perangkat yang cukup nyaman digenggam. Bodinya tidak licin, dan bobotnya pun tergolong ideal. Masalah klasik soal bodi yang mudah kotor oleh bekas jari masih akan Anda temukan di sini. Untungnya, dalam paket penjualannya realme sudah langsung menyediakan softcase.

realme Narzo 3

Untuk ketersediaan port dan slot, realme Narzo dibekali dua slot SIM-card dan satu slot yang terdedikasi khusus untuk microSD. Port yang dipasang sudah USB Type-C, dan posisinya ada di bawah bersebelahan dengan audio jack 3.5mm serta lubang speaker. Sekadar informasi tambahan, bodi realme Narzo diklaim splash-resistant yang artinya tahan terhadap cipratan air.

Layar realme Narzo

Inilah yang menjadi salah satu keunggulan realme Narzo dibanding para pesaingnya di kelas harga setara. Anda akan menemukan layar Ultra Smooth 6,5 inci Full HD+ yang memiliki refresh rate 90Hz, dengan rasio screen-to-body mencapai 90,5 persen.

realme Narzo 1

Seperti kami sebutkan sebelumnya, realme Narzo merupakan smartphone dengan layar 90Hz paling murah yang ada di pasar Indonesia saat ini. Belum ada brand lainnya yang hadir dengan penawaran serupa. Bagi yang belum tahu, rata-rata smartphone di kisaran 2 jutaan rupiah masih mengandalkan layar 60Hz. Yang jadi pertanyaan, apa sih kegunaan layar 90Hz?

Singkatnya, dengan refresh rate yang tinggi Anda bisa menikmati konten pada layar dengan tampilan gambar yang lebih smooth. Untuk memainkan beberapa game yang sudah support frame rate tinggi, realme Narzo mampu membuat setiap gerakan terasa lebih halus.

Sistem operasi realme Narzo

Beralih ke sistem operasi, realme Narzo mengadopsi realme UI terbaru berbasis Android 10. Antarmukanya punya desain yang sederhana sehingga mudah untuk menjangkau banyak fitur. Tidak lupa realme menyediakan simple mode dengan tampilan ikon besar.

Beberapa fitur bawaan yang bisa Anda nikmati adalah Dark Mode untuk mengubah tema menjadi serba gelap. Ada pula OSIE Vision Effect yang mampu mendongkrak tampilan konten menjadi lebih sedap dipandang pada aplikasi seperti TikTok dan MX Player. Sementara realme Share merupakan fitur untuk memudahkan Anda yang ingin berbagi file.

Kamera realme Narzo

realme Narzo 5

Bicara soal kamera, di bagian belakang pengguna akan menemukan 4 sensor yang terdiri dari 8 megapixel 119 derajat ultra-wide-angle, kamera utama 48 megapixel f/1.8, 2 megapixel dengan lensa potrait Black & White, serta kamera 2 megapixel dengan lensa makro yang memungkinkan pemotretan dengan jarak focus 4cm. Untuk selfie, ada kamera depan 16 megapixel f/2.0.

realme menyediakan beberapa mode yang cukup komplit untuk menunjang kameranya. Mulai dari Portrait untuk efek bokeh, Pro untuk mengubah pengaturan secara manual (ISO, exposure, shutter speed), mode 48 MP, hingga Night Mode untuk membantu pemotretan saat kondisi low light.

IMG20200630124357

IMG20200630123814

elite dragonfly yangcanggih 728

IMG20200719120215

IMG20200701134057

Hasil foto dari kamera realme Narzo tergolong amat baik di kelasnya ketika digunakan mengabadikan momen dengan cahaya yang ideal. Detailnya tinggi, dynamic range-nya bagus, white balance-nya cenderung akurat, dan saturasinya agak diangkat sehingga foto terlihat lebih menggugah selera, tapi tidak berlebihan.

Portrait

IMG20200716163303

realme Narzo foto (1)

Sementara hasil pemotretan menggunakan Night Mode menurut standar saja. Gambar yang tangkap menjadi lebih terang dan detail masih ada, meski jauh menurut dari ketika memotret di tempat terang. Exposure-nya tidak diangkat berlebihan sehingga nuansa malamnya masih terlihat natural.

realme Narzo foto (2)

Kamera realme Narzo mendukung beberapa fitur video yang cukup canggih di kelasnya, mulai dari rekaman video 120fps slo-mo di kamera depan hingga UIS Video Stabilization dan video ultra wide-angle di kamera belakang.

Performa realme Narzo

Berbekal chipset MediaTek Helio G90T, harus kami akui bahwa realme Narzo merupakan salah satu smartphone dengan performa paling kencang di kelasnya. Chipset ini memang dikenal bertenaga dan sanggup melibas sederet game 3D yang menuntut kemampuan grafis tinggi.

Anda juga akan disuguhkan RAM sebesar 4GB LPDDR4X dual-channel dengan storage berteknologi UFS 2.1 yang mengusung kapasitas 128 GB. Kombinasi yang menurut kami sudah amat mumpuni untuk sebuah smartphone 2 jutaan rupiah.

Hasilnya sesuai dugaan. realme Narzo mampu memberikan performa gaming yang cukup menyenangkan. Game seperti PUBG Mobile bisa dijalankan dengan lancar pada setting Smooth-Ultra. Frame rate-nya lumayan stabil, tidak naik-turun. Judul-judul lainnya seperti Mobile Legends dan Asphalt 9 pun bisa dijalankan tanpa kendala.

Dengan performa seperti ini, kami menilai realme Narzo sebagai pilihan yang tepat bagi Anda yang mencari smartphone untuk gaming dengan dana di bawah 3 juta rupiah. Agar lebih menggambarkan seperti apa kemampuan realme Narzo, berikut kami sajikan beberapa hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark:

Baterai realme Narzo

realme Narzo dipersenjatai baterai sebesar 4.300 mAh. Bukan yang paling besar di kelasnya, tapi juga tidak kecil. Kapasitas yang menurut kami masih cukup ideal untuk mendukung berbagai hardware pada smartphone ini.

realme Narzo PCMark battery test

Dengan gaya penggunaan normal, realme Narzo mampu menemani aktivitas kami seharian penuh. Tapi kalau kami sedang lumayan aktif bermain games, biasanya di sore hari kami sudah harus mengisi ulang daya. Untungnya realme sudah membekalinya dengan teknologi charing mumpuni.

Di atas kertas, smartphone ini mendukung 30W Flash Charge yang diklaim dapat mengisi daya hingga 100 persen hanya dalam waktu 55 menit. Tapi dalam paket penjualannya, realme hanya menyediakan charger 20W. Menggunakan charger bawaan ini, butuh waktu sekitar 1 jam 15 menit untuk dapat terisi penuh dari kondisi d bawah 10 persen.

realme Narzo 1

Kesimpulan

realme Narzo adalah smartphone yang amat menarik di kelasnya. Kemampuannya menurut kami seimbang di segala aspek. Layar oke, performa kencang, kamera lumayan bagus, dan fast charging ngebut. Cocok sebagai daily driver khususnya bagi Anda yang gemar bermain games. Kalau Anda berminat, realme Narzo dijual dengan harga Rp2.999.000.

Kelebihan realme Narzo:

  • Layar Ultra Smooth 90Hz
  • Performa bertenaga, asyik untuk main games
  • Kamera oke di kondisi cahaya memadai
  • Perekaman video sudah didukung stabilization
  • Side fingerprint sensor responsif
  • Didukung 30W Flash Charge

Kekurangan realme Narzo:

  • Bodi mudah kotor oleh bekas jari
  • Akan lebih menarik jika charger 30W sudah termasuk dalam paket penjualan
  • Kemampuan Night Mode masih harus ditingkatkan lagi

realme Narzo ideal untuk: Gamer yang mencari ponsel 2 jutaan rupiah. Pengguna yang ingin mencicipi layar 90Hz. Pengguna yang gemar mengabadikan momen untuk dipamerkan ke media sosial.

realme Narzo kurang ideal untuk: Pengguna yang butuh NFC.

Spesifikasirealme Narzo
LayarUltra Smooth Display 6,5 inci Full HD+ 90Hz
SoCMediaTek Helio G90T
RAM4 GB
Memori internal128 GB
Kamera Belakang48 MP + 8 MP ultra-wide + Portrair B&W + Macro
Kamera Selfie16 MP
Baterai4.300 mAh
Fast Charging30W Flash Charge
Sistem OperasiAndroid 10
Konektivitas4G LTE
Sistem KeamananSensor sidik jari (side fingerprint)
HargaRp2.099.000
realme Narzo 1
realme Narzo
Perangkat 2 jutaan yang ideal untuk gaming. Cocok juga untuk pengguna yang ingin mencicipi layar dengan refresh rate 90Hz.
8
More Stories
canon selphy CP1300 1
Permudah Cetak Foto, PT Datascrip Hadirkan Printer Portabel Canon SELPHY CP1300