Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

Review realme Buds Q: Earbuds Nirkabel Murah dengan Desain Mewah dan Audio Jempolan



4.4

Para pabrikan smartphone saat ini terlihat berlomba-lomba merilis earbuds nirkabel. Persembahan terbaru dari realme adalah Buds Q. Muncul di pasaran Buds Q mengedepankan harga jual yang murah. Penasaran bagaimana kualitas audio dan fitur yang dibawa Buds Q? Simak ulasannya sebagai berikut.

realme buds Q 1

Desain realme Buds Q

Desain realme Buds Q sangat istimewa. Earbuds nirkabel ini tidak seperti saudaranya, Buds Air, yang mengadopsi desain Apple Airpods.

realme buds Q 2

Buds Q terlihat premium. Sangat cantik dan mewah dengan warna serba hitam. Tidak heran desainnya memang hasil karya dari José Lévy yang merupakan co-desainer Hermes.

Modul earbuds Buds Q berukuran sangat mungil dengan wujud agak membulat. Ada sedikit aksen warna kuning dan logo R di bodinya yang identik dengan identitas realme.

realme buds Q 3

Bobotnya juga sangat ringan. Mengadopsi rancangan in-ear ada tiga opsi karet silikon ear tips yang bisa dipilih sesuai ukuran lubang telinga pengguna. Saat digunakan earbuds ini memang nyaman digunakan. Dengan ukuran ear tips yang tepat Buds Q juga tidak mudah terlepas dari telinga. Untunglah meski harganya murah rancangan Buds Q sudah tahan cipratan air dengan rating IPX4.

realme buds Q 5

Sementara, case pelindungnya hadir dengan rancangan oval yang teripirasi dari batu alam. Dimensi case pelindungnya sangat ringkas dan ringan. Mudah dibawa berpergian. Rancangannya juga minimalis tanpa ada satupun tombol. Hanya ada satu lampu LED indikator baterai untuk mengetahui baterainya sudah terisi penuh atau belum.

realme buds Q 4

Cukup disayangkan material plastik case pelindungnya tersebut terasa kurang kokoh. Permukaannya juga agak licin. Wajib hati-hati saat buka tutup case pelindungnya ini. Kekurangan lain, case pelindung realme Buds Q belum mendukung fitur pengisian baterai nirkabel. Port konektivitas yang diusungnya juga hanya micro USB dan belum mendukung USB Type-C.

Fitur realme Buds Q

Dibanderol harga murah memang tidak banyak fitur yang dibawa Buds Q. Untuk navigasi Buds Q mengandalkan panel sentuh di setiap sisi luar modul earbuds.

Screenshot 20200731 000718

Panel sentuhnya ini sangat responsif. Navigasinya mendukung perintah tap seperti rata-rata earbuds nirkabel pada umumnya. Perintah tap yang didukung dari Pause/Play, memilih track selanjutnya, hingga memangil asisten virtual. Semuanya bisa diatur Lewat aplikasi realme Link di platform Android.

hp 200 g3 aio 728 yc

Untuk pairing atau menghubungkan realme Buds Q ke smartphone hanya perlu membuka tutup case pelindungnya, lalu tap beberapa detik di area panel sentuh earbuds hingga terlacak oleh Bluetooth smartphone. realme Buds Q bisa terhubung ke smartphone Android dan iOS.

Seperti realme Buds Air mode Game yang menawarkan latensi sangat rendah di Buds Q juga tetap ada. Saat terpasang di telinga tahan kedua panel sentuh di setiap modul earbuds untuk mengaktifkan fitur ini. Fitur koneksi instan juga masih tersedia. Jadi, Anda hanya perlu sekali saja pairing ke Buds Q. Selanjutnya, saat membuka casing pelindungnya Buds Q otomatis akan tersambung ke smartphone.

Kualitas audio realme Buds Q

Dibalik rancangannya yang mungil Buds Q membawa driver suara berukuran 10mm. Untuk menguji kualitas suaranya pertama kami memutar lagu Meditation dari Jeremy Monteiro and Jazz Brasileiro dengan kualitas very high di aplikasi Spotify.

realme buds Q 1

Diluar ekspektasi kami ternyata kualitas suara Buds Q patut diacungi jempol. Cukup detil dan sangat nyaman di telinga. Porsi suara vokal yang terasa cukup tebal, sektor mid dan bass juga sangat seimbang. Suara di sektor high relatif aman. Tidak terlalu menusuk dan menyakitkan telinga. Karakter suaranya yang tergolong flat ini cocok untuk beragam genre musik.

Kembali ke selera masing-masing, bagi kami porsi suara bass Buds Q sangat pas dan terasa bertenaga. Ini terbukti saat kami memutar lagu Slow Grenade dari Lauv dan Ellie Goulding. Dentuman bass di lagu ini sangat terasa tapi tidak menutupi suara vokal.

Perlu diketahui suara Bass yang bertenaga memang salah satu kelebihan dari rancangan in-ear karena memungkinkan ear tips bisa masuk ke kanal telinga. Isolasi suara juga sangat baik. Tapi, satu hal yang cukup disayangkan di aplikasi realme Link belum tersedia fitur pengaturan EQ untuk mengatur ouptut suaranya sesuai selera.

Beralih ke uji latensi kami mencoba menggunakan Buds Q untuk menonton konten video di Youtube. Saat mencobanya suara yang terdengar masih ada sedikit delay atau tidak sinkron dengan visual yang tampil di layar. Tapi, tidak terlalu menggangu. Berbeda saat bermain game. Dengan mengaktifkan Gaming Mode, saat sesi gaming di game Call of Duty Mobile suara yang dihasilkan memang nyaris terasa tanpa jeda.

Sementara, untuk kualitas mic internalnya cukup baik. Mic Buds Q sudah didukung fitur penangkal bising. Cukup berhasil menyajikan suara yang jelas dengan minim gangguan dari suara di lingkungan sekitar saat melakukan panggilan telepon.

Baterai realme Buds Q

Untuk daya tahan baterainya realmbe Buds Q menawarkan waktu guna hingga 4.5 jam untuk sekali isi ulang baterai. Cukup rata-rata seperti earbuds nirkabel lain. Dengan bantuan case pelindungnya Anda bisa mendapatkan waktu total hingga sekitar 20 jam.

Kesimpulan

Lewat Buds Q realme berhasil menaikkan standar earbuds nirkabel murah. Terutama dari desain dan kualitas audio yang tetap menjadi prioritas. Memang fitur yang ditawarkannya relatif minim. Tapi, menurut kami harga jualnya yang ada di kisaran 399 ribu Rupiah sangat sepadan dengan desain dan kualitas audionya yang istimewa.

realme Buds Q sangat kami rekomendasikan dan wajib masuk daftar belanja Anda. Earbuds ini cocok untuk siapa saja yang mengincar earbuds nirkabel murah dengan desain berkelas dan tidak pasaran untuk mendegarkan musik atau bermain game.

Yang Canggih
+ Harga terjangkau
+ Desain cantik dan premium
+ Kualitas audio oke
+ Dimensi ringkas dan ringan
+ Sangat nyaman digunakan
+ Tahan cipratan air dengan rating IPX4
+ Gaming Mode

Yang Kurang:
– Material plastik case pelindung kurang kokoh
– Belum mendukung fitur isi ulang nirkabel
– Belum dilengkapi USB Type-C
– Tidak tersedia fitur EQ di aplikasi realme Link
– Daya tahan baterai rata-rata

Earbuds ini cocok untuk siapa saja yang mengincar earbuds nirkabel murah dengan desain berkelas dan tidak pasaran untuk mendegarkan musik atau bermain game.
4.4
More Stories
1322164620X310
Smartfren Aplikasikan DO Advanced Hadapi Gelombang Mudik