Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

Hands-On: Menghasilkan Foto Kreatif dengan AI Color Portrait di OPPO Reno4

Fitur AI Color Portrait atau Color Retention ini baru pertama kali muncul diperkenalkan OPPO di Reno4



Satu fitur fotografi yang baru diperkenalkan di OPPO Reno 4 adalah AI Color Portrait. Pada dasarnya, fitur AI Color Portrait ini mempertahankan subyek agar tetap berwarna, sementara latar dibuat menjadi monokrom atau abu-abu saja. Mungkin smartphone lain telah mengeluarkan fitur serupa. Namun ada perbedaan mendasar.

Hanya untuk manusia

oppo reno 4 space black pattern

AI Color Portrait pada OPPO Reno 4 diciptakan khusus untuk subyek manusia. Dengan bantuan AI (artificial intelligence atau kecerdasan buatan), kamera Reno 4 bisa mengenali subyek manusia agar dapat memisahkannya dengan lebih akurat dari latar. Tidak hanya memisahkan dari latar, fitur ini juga memberikan efek bokeh di latar monokrom tersebut.

Namun hal tersebut juga menjadi kekurangannya.

Fitur AI Color Portrait tidak efektif untuk digunakan pada subyek non manusia. Bahkan saat hendak memotret action figure dengan wajah manusia sekalipun, kamera OPPO Reno4 hanya akan menjepret foto monokrom.

Berikut contoh hasil foto AI Color Portrait (atau Color Retention di menu kamera), tanpa penyuntingan.

AI Color Portrait - Color Retention

Seperti terlihat, AI Color Portrait tidak hanya dapat mendeteksi satu orang saja, tapi dua orang. Pemisahan subyek utama dengan latar cukup akurat, walaupun pada bagian rambut ada beberapa bagian yang terlihat kurang rapi. Namun tingkat kerapian ini juga tergantung pada kompleksitas latar.

Tips tentang AI Color Portrait dari Rio Motret

hp 200 g3 aio 728 yc

Kami juga berkesempatan menggali ilmu dari Rio Motret yang hadir pada acara pengenalan OPPO Reno 4. Ada beberapa tips yang diberikan Rio Motret untuk mendapatkan hasil foto keren dengan AI Color Portrait.

Pertama, pastikan pencahayaan ideal. Memotret di siang atau sore hari di luar ruangan akan menghasilkan foto AI Color Portrait yang maksimal. Seperti foto di bawah ini yang dijepret oleh Rio Motret.

OPPO Reno4 by Rio Motret

Terlihat betapa kamera Reno4 mampu menghasilkan efek bokeh atau efek blur di latar yang halus dan cukup mirip dengan efek bokeh dari lensa kamera DSLR atau mirrorless. Semua ini dapat dilakukan dengan mudah, cukup memilih mode Color Retention dan menekan tombol jepret.

Tips kedua, subyek sebaiknya mengenakan pakaian yang penuh warna. Jangan kenakan pakaian berwarna monokrom seperti hitam, abu-abu atau putih. Efek AI Color Portrait akan lebih terasa dengan pakaian berwarna terang seperti foto di bawah ini, yang sekali lagi dijepret oleh Rio Motret.

OPPO Reno4 by Rio Motret

OPPO Reno4 by Rio Motret

Kami cukup terkesan saat pertama kali mencoba AI Color Portrait. Fitur fotografi kreatif ini akan bisa jadi andalan saat pengguna ingin membuat foto yang berbeda dari biasanya. Hasil foto yang cukup rapi ini juga bisa dicapai dengan mudah.

Selain fitur AI Color Portrait, OPPO Reno 4 juga punya fitur fotografi menarik lain seperti Night Flare Portrait yang telah kami jelaskan di artikel lainnya. Berikut video penjelasan tentang fitur baru kamera OPPO Reno 4 dari Rio Motret.

More Stories
ThinkTank mindshift photopro 15
ThinkTank MindShift PhotoCross 15: Tas Kamera Selempang untuk 3 Lensa, 1 DSLR dan Laptop 15 inci