Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

Review Xiaomi Redmi 9: Smartphone Murah yang Asyik untuk Main Game



Xiaomi Redmi 9 5
4.3
Cek Harga

Tidak dapat dipungkiri bahwa performa gaming kini menjadi salah satu pertimbangan utama bagi sebagian pengguna saat memilih smartphone. Kabar baiknya, belakangan sudah semakin banyak produk dengan harga terjangkau yang cukup mampu menunjang kebutuhan tersebut. Xiaomi adalah salah satu pelopornya.

Di Indonesia sendiri sudah ada sederet produk Xiaomi yang dijual di kisaran 1 hingga 2 jutaan rupiah, dan dibekali chipset cukup kencang di kelasnya. Yang paling baru adalah Redmi 9, smartphone seharga 1,7 jutaan rupiah dengan Helio G80.

Smartphone ini memang tidak melulu soal performa. Tapi jujur, sektor tersebut yang membuat kami terkesan dan jatuh hati. Penasaran seperti apa kemampuan Redmi 9 dengan Helio G80-nya? Yuk, langsung saja simak:

Desain Redmi 9

Kalau bicara desain, Xiaomi sedikit demi sedikit mulai memberi peningkatan pada produk-produk kelas menengah ke bawahnya. Seperti pada Redmi 9 ini yang perubahan tampilannya lumayan terasa, walaupun mungkin masih mengusung DNA desain yang sama.

Xiaomi Redmi 9 4

Jika dibandingkan dengan Redmi 8, dilihat dari depan tidak banyak yang berubah. Bedanya hanya hilangnya logo Redmi pada dagu di bawah layar. Perbedaan yang lumayan menarik ada di cover bagian belakangnya.

Redmi 9 menggunakan tekstur timbul dengan pola melingkar yang membuatnya memiliki sensasi genggaman lebih mantap, alias tidak licin. Sementara di area sekitar kamera, ada aksen lingkaran dengan finishing yang lebih halus. Kameranya sendiri disusun secara vertikal dan masih satu frame dengan sensor sidik jari.

Kami cukup suka dengan desain Redmi 9. Tampilan matte yang kami dapati di varian Carbon Gray ini juga tidak terlalu mudah menampilkan bekas jari. Hasilnya, smartphone tidak gampang terlihat kotor. Warna Carbon Gray-nya pun tampak sangat kalem dan elegan.

Xiaomi Redmi 9 6

Yang menjadi catatan kami hanyalah posisi sensor sidik jarinya. Karena masih satu frame dengan kamera, seringkali jari kami yang berminyak justru mengotori kamera. Memang bukan sebuah kendala yang terlalu mengganggu, tapi bagi kami, posisi sensor sidik jari dan kamera yang terpisah lebih oke.

Selain itu, tidak ada yang perlu dikeluhkan soal tampilan eksterior Redmi 9. Materialnya memang masih dominan plastik, tapi jelas itu merupakan hal yang wajar di kelasnya. Dimensinya lumayan besar, meski dari segi bobot menurut kami masih pas, tidak berlebihan.

Xiaomi Redmi 9 2

Sekadar informasi tambahan saja, Redmi 9 telah mememiliki port USB Type-C. Slot yang tersedia ada tiga, dua untuk SIM-card dan satu terdedikasi khusus untuk microSD (bisa menampung hingga 512 GB).

Layar Redmi 9

Xiaomi memasang layar IPS berukuran 6,53 inci dengan resolusi Full HD+. Tentu resolusi setinggi ini merupakan nilai plus yang masih cukup langka ditemui pada smartphone dengan harga setara. Bahkan, yang harganya di atas 2,5 juta pun masih ada yang resolusinya cuma HD+.

Xiaomi Redmi 9 1

Selama kami mencobanya, menurut kami layar Redmi 9 tergolong cukup memuaskan saat dipakai browsing, menonton video, media sosial, hingga bermain game. Gambar yang disajikan terlihat tajam, dan dari segi warna pun memanjakan mata.

Tingkat kecerahan mungkin bukan keunggulan utamanya. Kami agak kesulitan untuk melihat konten pada layar ketika berada di bawah sinar matahari terik. Selebihnya, tidak ada kekurangan yang berpengaruh pada pengalaman penggunaan. Bezel? Standar. Sama seperti smartphone di kelasnya yang belum terlalu tipis.

Perlu diketahui bahwa pada Redmi 9 versi global yang mampir di kantor kami, Xiaomi sudah langsung memasang screen protector. Semoga yang versi Indonesia juga sama. Karena walaupun kualitasnya mungkin bukan yang paling bagus, setidaknya konsumen dengan budget pas-pasan bisa mengesampingkan dulu kebutuhan membeli pelindung layar. Kami sendiri sesungguhnya tidak ada masalah untuk tetap menggunakan screen protector bawaannya.

Sistem operasi Redmi 9

Xiaomi Redmi 9 masih memakai sistem operasi MIUI 11 berbasis Android 10. Meski begitu, Xiaomi sudah memastikan bahwa pengguna di Indonesia akan menerima update ke MIUI 12 paling cepat di bulan Agustus 2020 mendatang.

Rasanya kami tidak perlu membahas MIUI 11 terlalu banyak. Apa yang ditawarkan kurang lebih sama dengan smartphone Xiaomi lainnya di kisaran 2 jutaan rupiah. Yang pasti Dark Mode ada, dan fitur-fitur khas Xiaomi seperti Second Space, Mi Mover, dan Game Turbo juga tersedia. Bloatware dan iklan? Pasti ada.

Kamera Redmi 9

Xiaomi Redmi 9 5

Peningkatan pada area fotografi terlihat dari adanya 4 kamera belakang yang terdiri dari 13 megapixel f/2.2, 8 megapixel f/2.2 ultrawide, 5 megapixel f/2.4 macro, 2 megapixel depth sensor. Pada poni bergaya waterdrop di depan, pengguna akan menemukan kamera selfie 8 megapixel f/2.0.

Kamera Redmi 9 juga didukung beberapa mode seperti Portrait untuk menciptakan efek bokeh, Short Video, Slow Motion 720p 120 fps, hingga mode Pro yang memungkinkan Anda untuk mengutak-atik pengaturan seperti White Balance, ISO, exposure, dan sebagainya.

Lalu, bagaimana hasil fotonya? Pada kondisi cahaya yang memadai, kami menilai kamera Redmi 9 mampu mengabadikan momen dengan baik. Gambarnya tampak tajam, saturasi warnanya agak diangkat, dan dynamic range-nya cukup oke. Ada AI Scene Detection untuk memudahkan mendapatkan setting yang tepat, walaupun terkadang justru membuat tidak akurat.

Hasil foto Redmi 9 (6)

hp 200 g3 aio 728 yc

Hasil foto Redmi 9 (10)

Hasil foto Redmi 9 (8)

Hasil foto Redmi 9 (12)

Memotret menggunakan mode Portrait juga cukup menyenangkan. Redmi 9 dapat memberikan efek bokeh yang rapi asalkan cahaya ideal. Untuk kamera ultra-wide dan makro tidak ada yang spesial. Hasil fotonya masih cukup oke untuk Anda pamerkan ke media sosial, lagi-lagi asalkan cahaya mencukupi.

Hasil foto Redmi 9 (11)

Hasil foto Redmi 9 (9)

Sayangnya untuk low light kamera Redmi 9 belum didukung dengan Night Mode. Walaupun kami berharap mode tersebut ada, tapi harus kami maklumi mengingat di kelas harganya mode Night memang jarang ditemui.

Hasil foto Redmi 9 (4)

Sedikit membahas videografi, Redmi 9 mampu merekam video hingga resolusi 1080p di 30fps, baik menggunakan kamera belakang maupun kamera depannya. Kamera Redmi 9 belum dibekali fitur stabilization, sehingga wajar jika agak goyang kalau Anda membuat vlog tanpa bantuan gimbal.

Performa Redmi 9

Nah, akhirnya masuk pada poin yang paling kamu suka dari Redmi 9. Bagi yang belum tahu, Redmi 9 dipersenjatai chipset MediaTek Helio G80 12nm yang ditemani RAM 3 GB atau 4 GB, serta storage internal 32 GB atau 64 GB. Helio G80 sendiri dikenal sebagai chipset dengan kinerja yang cukup bertenaga dan bisa diandalkan untuk bermain games.

Performanya sesuai ekspektasi kami. Untuk kebutuhan sehari-hari terasa mulus dan responsif. Main game lancar, dan skor AnTuTu Benchmark pun tergolong amat tinggi untuk ukuran smartphone di bawah 2 juta rupiah, yakni mencapai 199 ribuan.

Kami tidak lupa mencoba beberapa game populer. Mobile Legends bisa berjalan di setting High tanpa kendala, dan mode High Frame Rate pun bisa Anda aktifkan. Selama permainan frame rate-nya juga terasa cukup stabil. Sementara NBA 2K20 yang menuntut grafis lebih berat dapat berjalan mulus dengan setting rata-rata Medium.

Redmi 9 NBA 2K20 1 e1595236190769

Selanjutnya PUBG Mobile yang secara default masih terbatas di frame rate High. Mungkin nantinya akan ada update untuk bisa membuka pilihan Extreme (selain lewat GFX Tool tentunya). Kami memainkan game ini di pengaturan HD-High, dan terasa cukup mulus tanpa lag yang mengganggu.

Xiaomi Redmi 9 3

Tidak ketinggalan Asphalt 9 pun kami coba. Kalau menggunakan pilihan pengaturan grafis Default, game bisa dimainkan di frame rate tinggi dengan lancar. Tapi saat kami mengubah ke High, ada sedikit lag di beberapa scene tertentu.

Intinya ini adalah perangkat yang mumpuni di kelasnya untuk urusan gaming. Walaupun Xiaomi tidak memberi cap gaming pada Redmi 9, kami justru menilainya sebagai salah satu opsi terbaik bagi pengguna yang mencari smartphone untuk main game di bawah 2 juta rupiah.

Baterai Redmi 9

Xiaomi membenamkan baterai berkapasitas 5.020 mAh pada Redmi 9. Dengan baterai sebesar ini tentunya Anda boleh berharap daya tahan ekstra. Yang jelas Anda bisa beraktivitas seharian penuh dengan Redmi 9 tanpa harus khawatir baterai habis di tengah jalan.

Selain itu, smartphone ini juga sudah mendukung teknologi pengisian daya cepat 18W. Namun sayangnya, dalam paket penjualan Xiaomi hanya memberikan charger 10W saja. Charger 18W bisa dibeli secara terpisah. Untuk mengisi ulang daya dengan charger 10W, butuh waktu sekitar 2,5 jam sampai terisi penuh.

Kesimpulan

Kesimpulan kami terkait Redmi 9 sesungguhnya sudah bisa Anda lihat dari pemilihan judul artikel ini. Ya, Redmi 9 adalah perangkat yang bisa diandalkan untuk Anda yang gemar bermain game dan punya budget di bawah 2 juta rupiah.

Redmi 9 Green

Walaupun kami sangat menjagokannya untuk gaming, bukan berarti sektor lainnya tidak menarik. Layar, kamera, dan baterai semuanya di atas rata-rata produk dengan harga setara.

Xiaomi mengumumkan bahwa Redmi 9 dijual dengan harga Rp1.799.999 untuk varian 3/32 GB, dan Rp1.999.000 untuk varian 4/64 GB. Bagi yang berminat, pembelian bisa melalui Mi.com, Shopee, dan Authorized Mi Store. Ada tiga pilihan warna yang tersedia, antara lain Ocean Green, Sunset Purple, dan Carbon Gray.

Kelebihan Redmi 9:

  • Performa gahar di kelasnya
  • Tampilan luar cukup oke dan nyaman digenggam
  • Layar lebar dan sudah Full HD+
  • Kamera bisa diandalkan di kondisi cahaya ideal
  • Konfigurasi kamera cukup komplit
  • Baterai besar
  • Dukungan fast charging 18W
  • Harga menggiurkan

Kekurangan Redmi 9:

  • Posisi sensor sidik jari membuat kamera mudah kotor
  • MIUI ada iklan
  • Akan lebih menarik jika charger 18W sudah termasuk dalam box

Redmi 9 ideal untuk: Gamer yang mencari smartphone murah. Pengguna yang malas membawa power bank. Penikmat konten video. Pengguna yang mencari daily driver terjangkau untuk beragam kebutuhan.

Redmi 9 kurang ideal untuk: Vlogger yang sering menggunakan smartphone untuk merekam video. Pengguna yang kurang menyukai smartphone dengan dimensi lebar.

SpesifikasiXiaomi Redmi 9
LayarIPS 6,53 inci Full HD+
SoCMediaTek Helio G80
RAM3 GB dan 4 GB
Memori internal32 GB dan 64 GB
Kamera Belakang13 MP + 8 MP ultrawide + 5 MP macro + 2 MP depth
Kamera Selfie8 MP
Baterai5.020 mAh
Fast Charging18W
Sistem OperasiAndroid 10
Konektivitas4G LTE
Sistem KeamananSensor sidik jari
Hargamulai dari Rp1.799.000
Xiaomi Redmi 9 5
Redmi 9
Redmi 9 adalah perangkat yang bisa diandalkan untuk Anda yang gemar bermain game dan punya budget di bawah 2 juta rupiah.
4.3
Cek Harga
More Stories
Nokia HumanForm
Nokia HumanForm, Ponsel Konsep yang Fleksibel dan Intuitif