Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 9 Pro



Kalau bicara soal smartphone mana yang paling banyak diburu di kisaran harga 3 jutaan rupiah, kami yakin salah satunya adalah Redmi Note 9 Pro. Pasalnya, Xiaomi lagi-lagi berhasil meracik smartphone dengan value yang amat menarik di kelasnya, meski belum bisa dibilang paling sempurna.

Untuk Anda yang dalam waktu dekat berencana meminang Redmi Note 9 Pro, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan Redmi Note 9 Pro

Tampilan eksterior cukup premium

Foto 1 Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Untuk sebuah smartphone 3 jutaan, Redmi Note 9 Pro punya tampilan eksterior yang cukup premium. Xiaomi menggunakan frame berbahan metal dan lapisan kaca pada bagian depan dan belakangnya. Build quality-nya amat baik dan terasa solid.

Layar Lebar dan tajam

Selain punya ukuran yang besar, 6,67 inci, layar IPS milik Redmi Note 9 Pro menawarkan resolusi Full HD+ alias 1080 x 2400 pixel. Aspect ratio-nya 20:9 dengan rasio screen-to-body 84,5 persen dan sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5. Memang belum 90Hz seperti pesaingnya, tapi menurut kami masih nyaman untuk menikmati beragam konten.

Performa termasuk yang paling kencang di kelasnya

Xiaomi membenamkan chipset baru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 720G, yang selain mampu memberikan kinerja yang kencang, dari segi konsumsi daya juga cukup irit. Di kelas harganya, Redmi Note 9 Pro termasuk yang paling kencang untuk urusan performa.

Kamera oke

Redmi Note 9 Pro dipersenjatai dengan sensor utama 64 MP f/1.9 serta ditemani 3 kamera lainnya yang terdiri dari 8 megapixel ultra-wide, 2 megapixel macro, dan 2 megapixel depth sensor. Sementara untuk selfie, ada kamera 16 megapixel di depan.

Hasil foto Redmi Note 9 Pro (1)

Hasil foto Redmi Note 9 Pro (3)

hp 200 g3 aio 728 yc

Hasil fotonya di berbagai kondisi pemotretan tergolong cukup baik, termasuk untuk low light karena sudah didukung Night Mode. Kami juga sempat mencoba mode Portrait. Hasilnya cukup rapi dan Anda juga bisa memodifikasi efek blur pada background dengan beberapa pilihan yang menarik. Untuk makro, asalkan cahaya ideal kamera Redmi Note 9 Pro masih mampu menghasilkan foto jarak dekat yang tajam.

Baterai awet, charging cepat

Xiaomi membenamkan baterai berkapasitas 5.020 mAh pada Redmi Note 9 Pro, lengkap dengan teknologi fast charging 30W (charger sudah termasuk dalam paket pembelian). Selain tahan lama, Anda juga bisa mengisi daya lebih cepat, yakni sekitar 1,5 jam saja.

Ada NFC

Satu hal yang patut diapresiasi, setidaknya oleh kami, Redmi Note 9 Pro sudah dibekali NFC. Bagi kami fitur ini penting, lebih penting dari layar 90Hz. Kami adalah golongan pengguna yang sering beraktivitas menggunakan KRL, MRT, dan terkadang membawa kendaraan pribadi yang membutuhkan e-money untuk bayar tol dan parkir di mall.

Kekurangan Redmi Note 9 Pro

MIUI banyak iklan

Mungkin satu-satunya kendala ketika kami ingin merekomendasikan smartphone Xiaomi adalah iklan yang selalu muncul jika Anda membuka aplikasi bawaannya. Xiaomi sudah menjelaskan soal iklan ini berulang kali dan kami sendiri tidak keberatan karena memang sudah terbiasa. Tapi bagaimana dengan Anda?

Green RN9Pro

Dimensi bongsor dan lumayan berat

Seperti pada seri Redmi Note sebelumnya, Redmi Note 9 Pro punya dimensi yang bongsor sehingga agak sulit untuk dioperasikan dengan satu tangan. Bobotnya juga lumayan berat, 209 gram.

Akan lebih menarik jika kamera depan ada fitur stabilization untuk video

Di tengah maraknya konten vlogging, tentunya akan lebih menarik jika Redmi Note 9 Pro punya fitur stabilization video untuk kamera depannya. Dengan begitu, perangkat ini akan lebih menggiurkan bagi pengguna yang gemar menciptakan konten vlogging dengan smartphone.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari smartphone ini. Sekadar informasi bagi yang belum tahu, Redmi Note 9 Pro dijual dengan harga mulai dari Rp3.399.000.

More Stories
HTC one A9 2
HTC One A9: Smartphone HTC Pertama dengan OS Android 6.0 Marshmallow