Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

Xiaomi Redmi 9A: Smartphone Pertama dengan MediaTek Helio G25

Xiaomi kembali meluncurkan smartphone terbarunya di segmen entry-level. Hadir sebagai penerus dari Redmi 8A, produk bernama Redmi 9A menawarkan beberapa upgrade dari segi hardware yang cukup menarik, termasuk soal statusnya sebagai smartphone pertama yang mengusung chipset paling anyar dari MediaTek, yakni Helio G25.

Spesifikasi Redmi 9A

Redmi 9A

Redmi 9A mengusung layar IPS berukuran 6,53 inci dan resolusi HD+. Untuk ukuran smartphone entry-level, ukuran layar ini tergolong besar. Layar Redmi 9A masih memiliki poni minimalis bergaya Dot Drop yang juga berfungsi untuk menampung kamera selfie 5 megapixel.

Seperti disebutkan di atas, Redmi 9A adalah smartphone pertama yang dipersenjatai chipset MediaTek Helio G25. Bagi yang belum tahu, MediaTek mengklaim chipset ini mampu memberikan performa gaming yang mumpuni untuk smartphone yang dijual dengan harga murah.

ROG G14 728 yg

Helio G25 pada Redmi 9A ditemani RAM sebesar 2 GB LPDDR4X dan storage berteknologi eMMC 5.1 dengan kapasitas 32 GB. Jika masih kurang, pengguna bisa menambahkan ruang penyimpanan data melalui microSD hingga 512 GB lewat slot khusus yang terpisah dari slot Dual-SIM. Soal daya, Redmi 9A dibekali baterai besar 5.000 mAh.

Beralih ke sektor fotografi, smartphone dengan MIUI 11 berbasis Android 10 yang dijanjikan akan mendapatkan update ke MIUI 12 ini mengandalkan satu sensor 13 megapixel di belakang, lengkap dengan lampu flash yang posisinya tepat berada di bawahnya.

Fitur-fitur lainnya khas smartphone masa kini tetap tersedia. Misalnya port USB yang sudah menggunakan Type-C, dukungan Dual 4G VoLTE, hingga Bluetooth 5.0. Sayangnya, Xiaomi belum membekali Redmi 9A dengan sensor sidik jari.

Harga Redmi 9A

Xiaomi berencana melepas Redmi 9A ke pasaran mulai awal Juli 2020 mendatang dengan harga yang amat terjangkau, yakni US$84 atau sekitar 1,2 juta rupiah. Ada dua opsi warna yang tersedia, antara lain Twilight Blue dan Peacock Green. Belum ada informasi kapan smartphone murah ini bakal meluncur di Indonesia.

More Stories
senheisser
[CES 2017] Sennheiser Umumkan Tiga Headphone Wireless; HD 4.50 BTNC Wireless, Momentum In-Ear Wirelss dan HD 4.40 Wireless