Quantcast
Aksesoris GadgetMobile GadgetReview

Review Logitech K380 Bluetooth Wireless Keyboard: Pasangan Wajib untuk Smartphone & Tablet

k380 multi device bluetooth keyboard
4.2

Sekedar mengetik pesan singkat atau membalas email memang mudah dilakukan dengan keyboard virtual di layar smartphone atau tablet. Tapi bagaimana jika Anda ingin mengetik naskah atau menulis email yang panjang? Atau ingin mengetik di beberapa perangkat sekaligus? Tentunya akan merepotkan sekali jika hal-hal tersebut dilakukan dengan mengandalkan keyboard di layar.

Untuk melakukan hal-hal tersebut dengan lebih cepat, Anda butuh aksesori keyboard seperti Logitech K380 Bluetooth Wireless Keyboard berikut ini.

Desain Logitech K380

Dirancang untuk dibawa ke mana-mana, keyboard wireless berbasis Bluetooth dari Logitech ini hadir dengan desain yang ringkas dan minimalis. Keyboard ini juga tersedia dalam 3 pilihan warna modern; yaitu abu-abu, putih dan pink.

Tidak ada tempat untuk menaruh ponsel sehingga Anda butuh sandaran untuk menaruh tablet atau smartphone agar nyaman saat mengetik. Tapi itu juga berarti Anda bisa menyelipkan Logitech K380 ke tas dengan mudah saat ingin membawanya pergi. Bobotnya juga ringan sehingga tidak terlalu membebani saat dibawa-bawa.

Walaupun mungil, ternyata tombol bulat keyboard Logitech K380 cukup nyaman. Ukuran tombolnya juga pas, tidak terlalu kecil. Kenyamanan mengetik langsung terasa saat menekan tombolnya yang memiliki kedalaman cukup dalam.  Jarak antar tombol termasuk lega untuk ukuran keyboard yang mungil. Secara keseluruhan, kami cukup puas dengan pengalaman mengetik yang diberikan Logitech K380.
Keyboard ini juga dilengkapi beberapa tombol shortcut di deretan tombol function yang berguna seperti mengatur volume speaker, kembali ke laman depan, atau menghentikan musik atau video yang diputar. Shortcut ini amat berguna saat menggunakan K380 dengan perangkat Android dan iOS. Dengan shortcut tombol Home, misalnya, kita tidak perlu lagi menyentuh ponsel hanya untuk kembali ke laman depan.

 

Konektivitas Logitech K380

tombol logitech k380

Keyboard ini mendukung konektivitas ke beberapa perangkat, mulai dari Android, iOS, Windows, dan Mac. Dengan koneksi Bluetooth, Anda bisa menghubungkannya ke tiga perangkat sekaligus. Beralih antar perangkat juga mudah, dengan shortcut yang tertera jelas di sisi kiri atas keyboard (sebelah tombol Esc).

Logitech K380 mengambil daya dari dua buah baterai AAA, yang diklaim mampu bertahan hingga 2 tahun. Tentunya kami belum sempat mencobanya. Tapi sepertinya angka tersebut akan berubah jika Anda jarang mematikan keyboard saat tidak digunakan.

Keyboard wireless penuh faedah

Logitech K380 putih

Era Belajar dari rumah dan Bekerja dari rumah yang sedang berlangsung ini membuat fungsi keyboard wireless lebih terasa. Dengan semakin banyaknya aktivitas yang terpaksa dilakukan dari rumah, mengandalkan smartphone, tablet dan PC, keyboard wireless seperti Logitech K380 ini akan membuat Anda lebih efektif saat bekerja atau belajar.

Logitech K380 Wireless Bluetooth Keyboard ini dijual dengan harga resmi Rp549.000. Harga yang pantas untuk keyboard dengan kualitas dan fungsionalitas seperti ini.

Dengan desain minimalis yang ergonomis, daya tahan baterai panjang, serta fungsi yang cukup lengkap, Logitech K380 akan menjadi aksesori berguna untuk jangka waktu yang lama.

Kelebihan Logitech K380

  • Tombol keyboard nyaman
  • Desain ringkas dan hemat tempat
  • Banyak tombol shortcut yang berguna
  • Dapat terhubung ke tiga perangkat sekaligus
  • Harga relatif terjangkau

Kekurangan Logitech K380

  • Tidak disertai case untuk membawanya

Logitech K380 akan cocok bagi:

  • Pelajar yang sering mengetik naskah atau menyelesaikan tugas di smartphone atau tablet
  • Pengguna yang sering berinteraksi dengan beberapa perangkat sekaligus
  • Pekerja kantoran yang sering membalas email di smartphone atau tablet
  • Penulis yang ingin menulis mahakaryanya di smartphone atau tablet

Logitech K380 kurang cocok bagi:

  • Gamer di PC
  • Pengguna Excel yang membutuhkan numeric pad
  • Pengguna dengan jari berukuran besar

 

 

k380 multi device bluetooth keyboard
Logitech K380 Wireless Bluetooth Keyboard ini dijual dengan harga resmi Rp549.000. Harga yang pantas untuk keyboard dengan kualitas dan fungsionalitas seperti ini.Dengan desain minimalis yang ergonomis, daya tahan baterai panjang, serta fungsi yang cukup lengkap, Logitech K380 akan menjadi aksesori berguna untuk jangka waktu yang lama.
4.2
Back to top button