Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Galaxy M11: Smartphone Samsung Murah dengan Baterai Besar

Samsung Galaxy M11
3.2
Cek Harga

Setelah M31 dan M21, Samsung belum lama ini menghadirkan Galaxy M11 sebagai opsi yang lebih terjangkau untuk Anda yang ingin memiliki smartphone murah dengan baterai besar. Satu hal yang menarik adalah spesifikasi yang ditawarkan perangkat ini kurang lebih sama dengan milik saudaranya yang baru saja dirilis ke pasaran, yakni Galaxy A11.

Seperti apa kemampuan Galaxy M11 dan fitur-fitur apa saja yang membuatnya layak menjadi target belanja konsumen di Indonesia? Yuk, langsung saja simak ulasan kami.

Desain Samsung Galaxy M11

Dari segi desain Galaxy M11 tampil tidak jauh berbeda dengan anggota keluarga Galaxy M-Series lainnya yang dimiliki Samsung. Layarnya menggunakan desain Infinity-O sementara di bagian belakang terdapat tiga buah kamera yang disusun vertikal di pojok kiri atas. Tepat di tengah, ada sensor sidik jari.

Galaxy M11
Galaxy M11

Varian yang kami ulas kali ini adalah yang berwarna hitam. Finishing pada back cover-nya tidak glossy dan tanpa variasi gradasi warna sehingga terlihat lebih kalem. Samsung menggunakan bahan plastik di bagian belakang serta frame-nya, dan terasa cukup nyaman ketika bersentuhan dengan tangan serta tidak licin.

Lebar bodinya masih tergolong ramping meski baterainya besar. Dengan bobot yang tidak terlalu berlebihan, Galaxy M11 cukup ideal untuk dioperasikan dengan satu tangan. Ketebalannya pun menurut kami pas, 9mm. Cocok untuk Anda yang selalu memasukkan smartphone ke dalam saku celana.

Samsung Galaxy M11 3

Walaupun termasuk smartphone terjangkau, Galaxy M11 sudah mengadopsi port USB Type-C yang posisinya ada di bawah bersebelahan dengan lubang speaker. Lubang audio jack sendiri posisinya berada di atas. Ada tiga slot yang disediakan Samsung, dua untuk SIM-card dan satu terdedikasi khusus untuk microSD. Jadi kalau kapasitas storage internalnya masih kurang, Anda tidak perlu khawatir.

Selebihnya tidak ada lagi yang bisa diceritakan lebih jauh soal desain dari Galaxy M11. Secara keseluruhan penampilannya aman-aman saja karena kami tidak menemui kendala selama menggunakan smartphone ini. Mungkin satu hal yang patut dipaparkan, sama seperti smartphone pada umumnya bodi Galaxy M11 mudah kotor oleh bekas jari.

Samsung Galaxy M11 2

Layar Samsung Galaxy M11

Seperti disebutkan di atas, Samsung membenamkan layar Infinity-O pada Galaxy M11, dengan lubang di pojok kiri atas untuk menampung kamera selfie. Ukurannya 6,4 inci dengan panel PLS TFT dan menawarkan resolusi HD+. Tingkat kecerahannya standar saja dan cukup memadai asal tidak berada di bawah sinar matahari yang terlalu terik.

Desain Infinity-O juga turut membantu memaksimalkan lebar layar agar dapat menampilkan konten dengan lebih luas lagi. Bezel di kiri, kanan, dan atasnya tipis, tapi yang di bawah masih agak tebal. Hal yang wajar untuk smartphone dengan harga 2 juta rupiah.

Samsung Galaxy M11 6

Secara keseluruhan layar Galaxy M11 asyik untuk mendukung berbagai kebutuhan sehari-hari, baik untuk browsing, mengakses media sosial, bermain games, atau menonton film di Netflix yang aplikasinya sudah langsung tersedia secara pre-installed. Audio? Ada Dolby Atmos. Speaker-nya juga lumayan jernih untuk sekadar menemani bermain games atau video call.

Sistem Operasi Samsung Galaxy M11

Samsung Galaxy M11 sudah mengadopsi sistem operasi OneUI 2.0 berbasis Android 10. Ikon-ikon di dalamnya terlihat fresh dengan warna-warna yang menarik mata, khas tampilan smartphone untuk anak muda. Samsung pun telah membekalinya dengan sederet fitur baru baik bawaan Android 10 maupun yang khas Samsung.

Dark Mode? Ada. Focus Mode dan Digital Wellbeing? Ada juga. Aplikasi seperti Samsung Pay untuk metode pembayaran digital juga bisa Anda temukan, bersama dengan Samsung Members, Galaxy Store, serta S Lime. Selain itu, ada pula aplikasi garapan Microsoft seperti Office Mobile, OneDrive, hingga Outlook.

Kamera Samsung Galaxy M11

Samsung Galaxy M11 4

Beralih ke area fotografi, Samsung Galaxy M11 menawarkan triple-camera yang terdiri dari sensor utama 13 megapixel, sensor 5 megapixel dengan lensa ultra-wide, dan depth sensor 2 megapixel. Untuk yang gemar selfie, ada kamera depan 8 megapixel yang punya fitur Live Focus (bokeh) seperti pada kamera belakang.

Selama pengujian menurut kami kamera Galaxy M11 tergolong standar-standar saja. Anda tetap bisa mendapatkan foto dengan detil yang baik ketika cahaya memadai. Namun jika di dalam ruangan dengan bantuan lampu apalagi di malam hari, ketajaman akan jauh menurun. Bukan cuma itu, Galaxy M11 ternyata juga belum memiliki Night Mode.

Hasil foto Samsung Galaxy M11 (1)

Hasil foto Samsung Galaxy M11 (5)

Hasil foto Samsung Galaxy M11 (6)

Hasil foto Samsung Galaxy M11 (11)

Sedikit catatan pada kemampuan white balance otomatisnya. Di beberapa scene pemotretan kami merasa pemilihan pengaturannya kurang tepat. Contohnya seperti foto di bawah ini yang terlihat agak pucat. Untungnya ada mode Pro yang memungkinkan kami mengutak-atik sendiri white balance agar lebih sesuai dengan warna aslinya.

Hasil foto Samsung Galaxy M11 (8)

Hasil foto Samsung Galaxy M11 (7)

Untuk memotret objek manusia kamera Galaxy M11 bekerja dengan cukup baik. Warna wajah tampak natural dan tidak ada polesan yang berlebihan. Detil dari rambut pun masih terlihat oke. Menariknya lagi, mode Live Focus-nya mampu memisahkan objek dan background dengan rapi.

Hasil foto Samsung Galaxy M11 (12)

Hasil foto Samsung Galaxy M11 (13)

Lalu bagaimana dengan kamera selfie-nya? Sama seperti kamera belakang, asalkan pencahayaan bagus Anda akan mendapatkan hasil foto yang lumayan untuk dipamerkan ke media sosial. Sedikit membahas fitur videografi, baik kamera belakang maupun kamera depan sama-sama bisa merekam di resolusi Full HD.

Performa Samsung Galaxy M11

Performa Samsung Galaxy M11 didukung prosesor octa-core serta RAM sebesar 3 GB. Untuk penyimpanan data, Samsung membenamkan storage berkapasitas 32 GB (eMMC 5.1) yang jika masih kurang bisa ditambahkan dengan microSD hingga 512 GB. Kombinasi yang mungkin tidak terlalu menggiurkan, namun tentunya tergantung dengan kebutuhan Anda masing-masing.

Kalau untuk penggunaan standar sehari-hari jelas sangat mencukupi. Kinerjanya responsif dan transisi antar layar juga tampak mulus. Gaming pun masih bisa kok! Mobile Legends bisa kami mainkan dengan lancar tanpa kendala. Untuk judul-judul yang grafisnya lebih berat seperti PUBG Mobile, Anda harus menurunkan pengaturan ke yang paling rendah jika tidak ingin diganggu lag.

Sedikit catatan, mungkin pemilihan chipset dan besaran RAM/storage tampak kurang menarik bagi Anda jika membandingkan dengan produk dari brand asal China. Tapi harus diingat, ini Samsung. Samsung memang tidak pernah mengedepankan spesifikasi di atas kertas, melainkan pengalaman penggunaan secara keseluruhan.

Baterai Samsung Galaxy M11

Nah, ini yang menjadi jagoan utamanya. Baterai 5.000 mAh yang pastinya menjanjikan daya tahan ekstra ketika dipasangkan dengan sederet hardware yang tidak terlalu rakus daya. Hasilnya sesuai dugaan, Galaxy M11 kami bisa menemani selama 1,5 hingga 2 hari untuk pemakaian dengan gaya normal.

Samsung juga tidak lupa memberikan teknologi fast charging 15W agar proses pengisian daya Galaxy M11 tidak memakan waktu yang lama. Menurut pengujian kami, hanya butuh waktu kurang dari 2 jam untuk dapat terisi penuh 100 persen dari kondisi baterai sekitar 10-15 persen.

Samsung Galaxy M11

Kesimpulan

Meski menawarkan beberapa kemiripan dari segi hardware dengan Galaxy A11, di mata kami Galaxy M11 tetap terlihat amat menggiurkan berkat baterainya yang besar dan daya tahannya yang memuaskan. Menurut kami, smartphone ini termasuk pilihan yang ideal jika Anda mencari daily driver untuk menunjang komunikasi dan media sosial sambil beaktivitas mobile sepanjang hari.

Bagi Anda yang berminat meminangnya, Samsung Galaxy M11 dijual dengan harga Rp2.099.000. Ingat, Galaxy M-Series merupakan produk yang difokuskan pada penjualan online, dan bisa dibeli lewat Samsung.com/id maupun berbagai e-commerce ternama lainnya di Indonesia.

Kelebihan Samsung Galaxy M11:

  • Nyaman digenggam
  • Layar lebar Infinity-O, asyik untuk nonton film
  • Kinerja mulus
  • Kamera lumayan oke asalkan cahaya memadai
  • Live Focus rapi
  • Baterai besar dan tahan lama
  • Proses charging tidak memakan waktu terlalu lama

Kekurangan Samsung Galaxy M11:

  • Bodi mudah kotor oleh bekas jari
  • White balance kurang konsisten di mode auto
  • Paket penjualan tidak termasuk softcase

Ideal untuk: Pengguna yang malas membawa power bank. Pengguna yang ingin selalu terkoneksi dengan keluarga dan teman. Pengguna yang mendambakan smartphone Samsung dengan harga murah.

Kurang ideal untuk: Pengguna yang gemar memainkan game-game berat.

SpesifikasiSamsung Galaxy M11
LayarTFT Inifinity-O 6,4 inci HD+
SoCocta-core
RAM3 GB
Memori internal32 GB (ada slot microSD)
Kamera Belakang13 MP + 5 MP ultrawide + 2MP bokeh
Kamera Selfie8 MP
Baterai5.000 mAh
Fast Charging15W
Sistem OperasiOneUI 2.0 (Android 10)
Konektivitas4G LTE
Sistem KeamananSensor sidik jari
HargaRp2.099.000
Samsung Galaxy M11
Samsung Galaxy M11
Menurut kami, smartphone ini termasuk pilihan yang ideal jika Anda mencari daily driver dengan baterai tahan lama untuk menunjang komunikasi dan media sosial.
3.2
Cek Harga
Back to top button