Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

Tertarik dengan Samsung Galaxy A31? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Samsung Galaxy A31 hadir sebagai opsi yang menarik untuk Anda yang sedang mencari smartphone di kisaran harga 4 jutaan rupiah. Dari segi hardware dan fitur, perangkat ini terbilang cukup komplit. Anda akan menemukan segala hal yang dibutuhkan pada sebuah daily driver untuk menunjang pekerjaan, komunikasi, hingga hiburan.

Jika Anda berminat membeli Samsung Galaxy A31 dalam waktu dekat, berikut kami sajikan beberapa kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan Samsung Galaxy A31:

1. Bodi ramping dan nyaman digenggam

Samsung Galaxy A31 Black 1

Samsung Galaxy A31 punya bodi ramping yang membuat pengoperasian dengan satu tangan terasa nyaman. Padahal, ukuran layarnya tergolong lebar, 6,4 inci. Jika melihat lembar spesifikasinya, bodi Galaxy A31 memiliki ketebalan hanya 8,6mm dengan berat 185 gram. Genggaman pun terasa mantap dan tidak licin.

2. Layar cemerlang

Samsung Galaxy A31 menggunakan layar Infinity-U dengan panel Super AMOLED dengan resolusi Full HD+. Seperti disebutkan di atas, ukurannya 6,4 inci. Yang perlu digarisbawahi, layar ini memiliki aspect ratio 20:9. Itulah mengapa bodi smartphone ini terlihat tinggi atau memanjang ke atas.

Samsung Galaxy A31 Black 2

Secara kualitas jelas tidak perlu diragukan. Gambar yang disajikan tampak tajam. Warnanya cemerlang dan hitamnya terlihat pekat, khas Super AMOLED. Apapun kebutuhan Anda, layar Galaxy A31 mampu menampilkan konten dengan apik dan memanjakan mata. Menonton film HD di aplikasi seperti Netflix pun terasa menyenangkan.

3. Sudah mengadopsi OneUI 2.1 berbasis Android 10

Samsung Galaxy A31 sudah mengadopsi sistem operasi OneUI 2.1 berbasis Android 10. Tampilannya cukup fresh dengan icon-icon besar warna-warni. User interface terbaru ini tetap memiliki app drawer yang bisa Anda akses dengan menggeser layar dari bawah ke atas.

OneUI 2.1 pada Galaxy A31 telah dibekali Dark Mode untuk mengubah tema menjadi gelap. Samsung Kids untuk anak-anak dan Focus Mode untuk lebih berkonsentrasi ketika mengerjakan sesuatu juga tersedia. Bukan cuma itu, Samsung tidak lupa menambahkan fitur Link to Windows untuk Anda yang ingin menghubungkan Galaxy A31 ke laptop tanpa harus memakai kabel.

4. Kamera oke asal cahaya memadai

Dari sektor kamera, Galaxy A31 mengandalkan 4 kamera belakang yang terdiri dari 48 megapixel f/2.0, ultrawide 8 megapixel 123 derajat, depth sensor 5 megapixel untuk mendukung fitur Live Focus, dan macro 5 megapixel. Sementara untuk urusan selfie, pengguna bisa memanfaatkan kamera depan 20 megapixel f/2.2 yang juga dilengkapi fitur Live Focus.

Hasil foto Samsung Galaxy A31 (2)

ROG G14 728 yg

Hasil foto Samsung Galaxy A31 (8)

Di kondisi cahaya yang memadai, kamera Galaxy A31 mampu menangkap detail dengan tajam. Warnanya pun bagus, cukup cemerlang tapi tidak meninggalkan kesan naturalnya. Untuk mode Live Focus-nya menurut kami pun rapi dan efek bokehnya juga tidak terlalu dibuat-buat.

5. RAM dan storage lega

Smartphone dengan chipset MediaTek Helio P65 ini dipersenjatai RAM sebesar 6 GB dan storage internal 128 GB. Dengan RAM yang lega, Anda bisa lebih enjoy ketika melakukan multitasking. Selain itu, kapasitas storage yang besar juga memudahkan Anda menyimpan lebih banyak file.

6. Baterai cukup awet

Untuk urusan baterai, Samsung Galaxy A31 dibekali kapasitas 5.000 mAh. Tergolong besar dan pastinya punya daya tahan yang bisa diandalkan. Dengan gaya pemakaian normal seperti browsing, chatting, media sosial, dan sesekali mengakses YouTube, Galaxy A31 dapat menemani seharian penuh.

Samsung Galaxy A31 Black 4

7. Ada NFC

Kabar baik untuk Anda yang membutuhkan NFC untuk keperluan sehari-hari seperti mengecek dan mengisi ulang saldo e-money. Ya, Galaxy A31 sudah dilengkapi dengan teknologi ini.

Kekurangan Samsung Galaxy A31:

1. Belum ada Night Mode (hingga artikel ini ditulis)

Sayangnya kamera Galaxy A31 (saat ini) belum dibekali Night Mode. Fitur yang sesungguhnya cukup standar untuk ukuran smartphone di tahun 2020. Mungkin di masa depan, akan ada update yang membawa Night Mode.

2. Kemampuan videografi tidak didukung stabilization

Bagi Anda yang gemar membuat konten video, perlu diketahui bahwa Galaxy A31 tidak didukung fitur stabilization khusus. Anda membutuhkan tripod atau gimbal jika ingin merekam dengan tangkapan gambar yang lebih stabil.

Samsung Galaxy A31 Black 3

3. Chipset kurang menggiurkan di kelasnya

Walaupun secara performa masih gesit dan responsif, menurut kami di kisaran harga 4 jutaan rupiah chipset yang dibenamkan pada Galaxy A31 kurang menggiurkan jika dibandingkan dengan lawan-lawannya. Tapi jangan salah, Helio P65 masih tergolong cukup oke untuk gaming.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A31. Samsung Galaxy A31 dijual dengan harga Rp4.199.000 dan sudah bisa Anda beli di Indonesia saat ini.

More Stories
asus fonepad7 1
Review Asus FonePad 7 FE170CG