Janjikan Peningkatan Performa, ARM Perkenalkan CPU Cortex-A78 dan GPU Mali-G78

Perusahaan semiconductor global, ARM, memperkenalkan desain CPU dan GPU mobile terbarunya yang diberi nama Cortex-A78 serta Mali-G78. Tentunya, lewat generasi anyar ini ARM menjanjikan adanya peningkatan performa yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Fitur Cortex-A78 dan Mali-G78

svg%3E

Bagi yang belum tahu, desain CPU ARM sejauh ini paling diandalkan oleh SoC (System-on-Chip) garapan perusahaan-perusahaan besar seperti Qualcomm, Samsung (Exynos), dan Huawei (Kirin). Karena itu, tidak heran jika nantinya CPU terbaru dari ARM ini juga bakal mempersenjatai banyak smartphone di masa depan.

ARM Cortex-A78 dikalim mampu memberikan performa 20 persen lebih tinggi dibanding Cortex-A77 untuk 1W power budget. Bukan cuma kinerjanya yang semakin bertenaga, dari segi konsumsi daya pun CPU ini dijanjikan lebih efisien. Bahkan kalau dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Cortex-A78 lebih hemat 50 persen.

svg%3E

Selain itu, Cortex-A78 juga 5 persen lebih kecil sehingga mampu menghemat pemakaian ruang hingga 15 persen di sebuah cluster quad-core. Dengan adanya area kosong tersebut, artinya akan ada ruang ekstra untuk GPU, NPU, maupun komponen-komponen yang lainnya.

Beralih ke Mali-G78, ARM mengklaim peningkatan kemampuan grafisnya mencapai 25 persen. GPU ini mendukung hingga 24 core. Cukup menarik jika membandingkan dengan generasi sebelumnya, Mali-G77, yang hanya mendukung hingga 16 core. Selain itu, Mali-G78 juga menawarkan efisiensi daya 10 persen lebih baik.

svg%3E

Jadwal ketersediaan Cortex-A78 dan Mali-G78

Tentunya pengguna tidak akan menemukan perangkat dengan SoC berbasis CPU Cortex-A78 dan GPU Mali-G78 dalam waktu dekat. Mengutip dari The Verge, baik Cortex-A78 maupun Mali-G78 diproyeksikan untuk mempersenjatai smartphone flagship mulai tahun 2021 mendatang.

Verified by MonsterInsights