[Tips] 7 Cara Menghemat Baterai di Samsung Galaxy S20 Series

Sebagai smartphone flagship dengan segudang fitur kelas atas, wajar jika beberapa hardware yang ada pada Samsung Galaxy S20 Series juga menuntut konsumsi daya yang lebih tinggi. Meski begitu, Samsung sudah mengantisipasi hal ini dengan menanamkan baterai besar mulai dari 4.000 mAh di Galaxy S20, hingga 5.000 mAh di Galaxy S20 Ultra.

svg%3E

 

Kapasitas baterai tersebut diharapkan bisa membuat seri smartphone ini mampu menemani aktivitas seharian. Namun jika Anda ingin lebih menghemat konsumsi daya pada Galaxy S20 Series, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Penasaran apa saja? Yuk, langsung saja simak poin-poinnya:

1. Turunkan resolusi layar

Menurunkan resolusi pada layar Galaxy S20 Series merupakan langkah yang optimal untuk meminimalisir konsumsi daya. Sekadar mengingatkan, smartphone ini memiliki layar dengan resolusi WQHD+ alias 1440p. Menggunakan resolusi maksimal akan membuat baterai lebih cepat terkuras habis. Karena itu, Anda disarankan untuk menurunkan resolusi ke Full HD+ atau bahkan 720p.

Caranya mudah. Masuk ke Settings -> Display -> lalu pilih Screen Resolution. Untuk penggunaan standar sehari-hari, resolusi Full HD+ atau 720p secara kualitas masih ideal untuk menikmati berbagai konten di layar smartphone.

svg%3E

2. Pilih refresh rate 60Hz

Masih soal layar. Samsung Galaxy S20 Series menawarkan refresh rate tinggi 120Hz yang mampu membuat gambar terlihat lebih smooth dan memanjakan mata. Konsekuensinya, refresh rate 120Hz juga turut berperan besar dalam konsumsi daya baterai pada smartphone ini.

Secara default pengaturan pada Galaxy S20 Series akan langsung memilih refresh rate 60Hz. Anda bisa mengganti tingkat refresh rate tersebut melalui opsi Motion Smoothness di Settings. Setelah Anda menikmati refresh rate 120Hz, jangan lupa untuk mengembalikannya lagi ke 60Hz agar tidak menguras baterai.

svg%3E

svg%3E

3. Aktifkan Dark Mode

Dark Mode menjadi fitur yang belakangan cukup populer di kalangan pengguna smartphone. Bukan hanya tema yang gelap menjadikan layar lebih nyaman dipandang untuk waktu yang lama, dari segi konsumsi daya pun Dark Mode diyakini lebih hemat. Anda bisa mengaktifkan Dark Mode melalui Settings -> Display.

4. Matikan Always-On Display

Selain fungsi utamanya untuk menampilkan informasi seperti jam, tanggal, dan notifikasi tanpa harus menghidupkan layar, Always-On Display juga mampu membuat smartphone terlihat lebih keren dan modern. Sayangnya, ketika fitur ini diaktifkan konsumsi baterai pun bertambah.

Matikan Always-On Display jika tidak terlalu dibutuhkan, atau Anda sedang bepergian dan mungkin tidak sempat mengisi daya dalam waktu dekat. Caranya dengan masuk ke Settings -> Lock Screen -> Always-On Display.

svg%3E

5. Gunakan Device Care untuk menutup aplikasi berjalan di latar dan mengoptimalkan sistem

Salah satu fitur bawaan Samsung yang punya segudang fungsi di Galaxy S20 Series adalah Device Care. Anda bisa menemukan fitur tersebut di Settings -> Device Care. Singkatnya, Device Carea akan mengoptimalkan sistem pada Galaxy S20 Series. Beberapa aplikasi tidak penting yang berjalan di latar alias background juga akan ditutup, sehingga tidak menyedot baterai.

6. Matikan fitur-fitur yang tidak terpakai

Bluetooth dan GPS merupakan dua fitur terkait konektivitas yang umum ditemukan pada smartphone. Yang mungkin tidak banyak orang tahu, keduanya juga cukup menguras baterai apabila diaktifkan non-stop. Matikan Bluetooth jika sudah tidak diperlukan lagi.

Kalau untuk GPS memang sulit untuk tidak dihidupkan karena fungsinya untuk melacak lokasi kita. Namun jika Anda memang ingin daya tahan baterai yang lebih lama, mematikan GPS merupakan langkah penghematan yang lumayan signifikan. Selain itu, Anda juga bisa mematikan fitur-fitur yang tidak terlalu dibutuhkan seperti Edge Panel dan Edge Lighting.

svg%3E

7. Manfaatkan mode power saving

Kalau tidak mau repot menon-aktifkan berbagai fitur yang menguras baterai, Anda bisa langsung menuju mode power saving pada Galaxy S20 Series. Caranya dengan masuk ke Settings -> Device Care -> Battery -> Power Mode. Anda bisa memilih Medium Power Saving atau Maximum Power Saving untuk penghematan yang lebih maksimal. Perlu diketahui bahwa memilih Maximum akan menurunkan tingka kecerahan layar ke 70 persen, resolusi ke HD+, serta mematikan beberapa fitur penguras baterai lainnya.