Xiaomi Redmi Note 9: Smartphone Pertama dengan MediaTek Helio G85

Xiaomi baru saja mengumumkan kehadiran smartphone terbarunya di kelas menengah yang diberi nama Reno Note 9. Dibanding generasi sebelumnya, ada beberapa peningkatan yang cukup menarik pada produk kali ini, termasuk soal kapasitas baterai yang lebih besar dan penggunaan chipset yang paling anyar.

Spesifikasi Redmi Note 9

svg%3E

Redmi Note 9 merupakan smartphone dengan layar LCD 6,53 inci Full HD+. Bukan hanya menjanjikan tampilan gambar yang memanjakan mata, layar ini juga telah dilindungi oleh Goriila Glass 5. DI pojok kiri atas layar, pengguna akan menemukan lubang kecil yang memuat kamera selfie 13 megapixel.

Dari sektor performa, Xiaomi menjadikan Redmi Note 9 sebagai smartphone pertama yang mengusung chipset MediaTek Helio G85. Chipset 12nm ini menawarkan CPU octa-core berkecepatan 2 GHz dan GPU Mali-G52. Pilihan RAM dan storage ada dua, antara lain 3GB/64GB dan 4GB/128GB.

Soal kinerja, Helio G85 dipercaya mampu menunjang berbagai kebutuhan, termasuk gaming, dengan baik. Kemampuan chipset ini berada di antara Helio G80 dan Helio G90T (yang dibenamkan pada Redmi Note 8 Pro). Penawaran yang tergolong menggiurkan terutama jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

svg%3E

Untuk urusan daya, Xiaomi Redmi Note 9 mempercayakannya kepada baterai 5020 mAh. Lagi-lagi ada peningkatan yang signifikan dari Redmi Note 8 yang masih 4.000 mAh. Pengguna juga bisa mengisi daya dengan cepat karena ponsel ini sudah didukung fast charging 18W.

svg%3E

Beralih ke fotografi, Redmi Note 9 dibekali kamera belakang yang terdiri dari 48 megapixel f/1.79, ultrawide 8 megapixel f/2.2, depth sensor 2 megapixel, dan makro 2 megapixel. Fitur lainnya yang tidak lupa dibenamkan adalah sensor sidik jari yang terletak di bodi bagian belakang, serta NFC.

Harga Redmi Note 9

Mengingat Redmi Note 8 diluncurkan di Indonesia tahun lalu, besar kemungkinan smartphone penerusnya ini juga akan diboyong ke Tanah Air. Sayang, belum ada bocoran kapan jadwal kehadiran. Di pasar global, Redmi Note 9 dijual dengan harga mulai dari 3 juta rupiah. Warna yang tersedia ada 3 pilihan, yakni Forest Green, Polar White, dan Midnight Grey.