Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Mengenal MediaTek Helio P95, Chipset Andalan OPPO Reno3 Pro

OPPO baru saja memperkenalkan smartphone terbarunya, Reno3 Pro, di Indonesia. Hadir dengan kemampuan fotografi kelas atas sebagai salah satu nilai jual utamanya, perangkat seharga 8 jutaan rupiah ini juga didukung sederet hardware lainnya yang cukup menarik. Sebut saja chipset MediaTek Helio P95 sebagai senjata untuk menunjang performa.

MediaTek Helio P95

Tentunya kecanggihan dari berbagai fitur yang dimilikinya menjadi alasan OPPO memilih membenamkan chipset tertinggi di keluarga Helio P-series itu pada Reno3 Pro. Penasaran apa saja yang menjadi keunggulan dari MediaTek Helio P95? Yuk, simak beberapa poin di bawah ini:

1. Performa AI mumpuni

Sama seperti Helio P90 di Reno3, performa AI yang kencang juga menjadi landasan mengapa OPPO memilih Helio P95 di Reno3 Pro. Apalagi, chipset ini didukung AI Boost dengan APU 2.0 yang punya kinerja 10 persen lebih baik dibanding pendahulunya. Bahkan MediaTek mengklaim, AI processing engines pada P95 adalah salah satu yang terbaik untuk smartphone 4G masa kini.

Helio P95 AI Camera

Kemampuan AI lainnya juga akan ditemukan pada kamera. Dengan AI yang pintar, kamera pada Reno3 Pro mampu menghadirkan peningkatan yang efektif pada pemrosesan depth (kedalaman), segmentasi scene pemotretan yang lebih cepat, penyesuaian tingkat pixel, peredaman noise yang lebih baik agar hasil foto di malam hari lebih jernih, bahkan untuk aplikasi Augmented Reality yang mendeteksi gerakan tubuh.

2. Performa gaming kencang dengan teknologi HyperEngine

Helio P95 CPU GPU

MediaTek Helio P95 memiliki prosesor octa-core yang terdiri dari dua Cortex-A75 2.2 GHz dan 6-core Cortex-A55 2 GHz sebagai core hemat daya. Prosesor ini juga memilikki cache L3 besar untuk mendongkrak performanya. Dari sektor grafis, ada GPU IMG PowerVR GM 9446 dengan kinerja gaming 10 persen lebih kencang dibanding generasi sebelumnya.

Kerennya lagi, Helio P95 dibekali fitur bernama HyperEngine untuk memaksimalkan pengalaman gaming bukan hanya dari segi performa, tapi juga kinerja network yang lebih pintar untuk mendukung game online, layar sentuh yang lebih responsif, serta visual yang lebih cemerlang dengan pergerakan yang lebih mulus berkat frame rate yang tinggi serta stabil. Perlu digarisbawahi juga, Helio P95 adalah chipset P-series pertama dari MediaTek yang dibekali HyperEngine.

Helio P95 HyperEngine

3. Ideal untuk kamera dengan resolusi tinggi

Seperti diketahui, OPPO Reno3 Pro mengadopsi kamera utama 64 megapixel. Hal itu dimungkinkan oleh Helio P95 yang memang sudah mendukung resolusi kamera setinggi itu. Nantinya, pengguna bisa berharap dapat menciptakan foto yang lebih tajam. Menariknya lagi, triple-ISP unik pada Helio P95 juga memadai untuk pemrosesan 14-bit RAW dan 10-bit YUV dengan konsumsi daya yang efisien.

Sekadar informasi tambahan, OPPO membekali kamera utama tersebut dengan fitur Ultra Clear 108 MP dan Ultra Dark Mode yang cocok digunakan ketika cahaya hanya 1 lux saja (satu buah lilin). Selain itu, kamera utama ini ditemani 3 kamera lainnya yang terdiri dari 13 MP telephoto, 8 MP ultra-wide, dan 2 MP mono lens. Bagi yang gemar selfie, OPPO Reno3 Pro menawarkan dua kamera depan dengan sensor masing-masing 44 MP f/2.4 dan 2 MP Depth untuk membantu menciptakan swafoto dengan efek bokeh.

4. Koneksi yang bisa diandalkan

Terakhir adalah soal konektivitas. Helio P95 sudah mendukung dual 4G VoLTE (DSDS) yang memungkinkan panggilan video dan suara yang lebih baik serta jernih, Cat-12 untuk downlink, Cat-13 untuk uplink, serta mengusung WiFi 5 (a/b/g/n/ac) untuk koneksi yang kencang di segala kebutuhan, termasuk online gaming. Selain itu, ada pula Bluetooth 5.0.

Helio P95 unique features

Perlu diketahui bahwa kolaborasi antara OPPO dan MediaTek sudah berlangsung lama, dan keduanya selalu ingin menghadirkan produk dengan teknologi terbaik di kelasnya. Bukan cuma chipset MediaTek Helio P95, pada Reno3 Pro pengguna juga disuguhkan fitur canggih lainnya seperti VOOC Flash Charge 4.0 30W yang mampu mengisi daya 50 persen hanya dalam waktu 20 menit.

OPPO Reno3 Pro saat ini sudah bisa dipesan di Indonesia dengan harga Rp8.999.000. Bagi yang berminat, pre-order bisa dilakukan melalui Blibli.com dengan bonus earphone OPPO Enco Q1 senilai Rp1.599.000 untuk 1.000 pembeli pertama. Langsung saja pesan agar tidak melewatkan promo menariknya!

Back to top button