Sony Perkenalkan DualSense, Controller untuk Konsol PlayStation 5

Sony sudah memastikan tengah mengembangkan konsol penerus PlayStation 4 yang diberi nama PlayStation 5. Meski konsol tersebut belum diluncurkan secara resmi, Sony justru lebih dulu memperkenalkan controller yang akan menjadi andalan gamer PS5, yakni DualSense.

Spesifikasi dan fitur DualSense

svg%3E

Kehadiran DualSense terbilang amat menarik karena Sony menggunakan nama yang berbeda dibanding beberapa generasi sebelumnya, DualShock Series. Bukan cuma menjanjikan berbagai fungsi dan fitur yang baru, DualSense juga tampil dengan desain yang lebih fresh.

DualSense terlihat lebih ergonomis dan modern dengan paduan two-tone color yang didominasi warna putih. Sony kali ini memindahkan letak Light Bar yang tadinya ada di sebelah atas controller, menjadi di samping kiri dan kanan touchpad. Kalau soal dimensinya, belum bisa dipastikan apakah lebih besar atau lebih ramping dibanding DualShock 4.

svg%3E

Yang lebih seru, DualSense dibekali fitur Haptic Feedback. Menurut Sony, gamer akan merasakan sensasi yang getaran yang berbeda tergantung game yang mereka mainkan, misalnya saat mengendarai mobil melewati lumpur. Tidak ketinggalan, Sony juga membenamkan fitur Adaptive Triggers.

svg%3E

Perbedaan lainnya ada pada tombol baru bernama Create. Posisinya menggantikan tombol Share, tapi sayangnya belum dijelaskan lebih detail apa fungsi utamanya. Sama seperti DualShock 4, DualSense pun ditenagai baterai yang bisa diisi ulang. Bedanya, kini gamer disuguhkan port USB Type-C. Ada pula built-in mic yang memungkinkan gamer berkomunikasi langsung dengan temannya tanpa harus memasang headset.

Jadwal rilis PlayStation 5

DualSense tentunya akan dirilis bersamaan dengan peluncuran PlayStation 5. Jika tidak ada kendala dan perubahan, Sony berencana mengumumkan kehadiran konsol next-gen tersebut pada musim liburan 2020 ini (sekitar akhir tahun). Bagaimana menurut Anda? Semakin tidak sabar menantikan PlayStation 5?

Verified by MonsterInsights