Inilah 5 Smartphone dengan Kamera Terbaik yang Bisa Anda Beli Saat Ini (Maret 2020)

Salah satu fitur yang selalu menjadi pertimbangan utama ketika seseorang ingin membeli smartphone adalah kamera. Seiring dengan perkembangan teknologi, dari tahun ke tahun kamera pada smartphone menawarkan kualitas yang semakin bagus dan bisa diandalkan untuk mengabadikan momen di berbagai kondisi. Bahkan, saat ini sudah banyak kreator konten yang menggunakan smartphone sebagai senjata utama mereka dalam menciptakan karya.

Modul kamera dengan konfigurasi lensa yang berbeda-beda menjadi sajian kebanyakan smartphone masa kini. Tentunya selain juga resolusi tinggi, kemampuan low-light, dan fitur penunjang videografi. Nah, pertanyaannya, smartphone mana yang punya kamera terbaik saat ini? Berikut daftar smartphone dengan kamera terbaik versi Yangcanggih.com, untuk Maret 2020?

OPPO Find X2 Pro

svg%3E

Smartphone pertama yang jadi pilihan kami adalah OPPO Find X2 Pro. Perangkat ini mengusung konfigurasi tiga kamera di belakang yang terdiri dari 48 megapixel wide-angle, 48 megapixel dengan lensa sudut ekstra lebar (12 MP pada seri non-Pro), dan telephoto 13 megapixel dengan teknologi 10x hybrid zoom.

Yang perlu digarisbawahi, kamera wide 48 megapixel pada smartphone ini sudah menggunakan sensor terbaru Sony yaitu IMX689, yang klaim punya ukuran sensor paling besar dibandingkan dengan semua sensor yang ada pada kamera smartphone. Dikombinasikan dengan teknologi dual-native ISO dan aperture f/1.7, kamera tersebut dijanjikan punya kemampuan mumpuni untuk memotret di kondisi low-light.

Keunggulan lainnya, OPPO Find X2 Pro diklaim sebagai smartphone pertama yang mendukung All Pixel Omni-Directional PDAF dengan kemampuan mencapai 100 persen pixel focusing dan omni-directional focusing. Selain itu, kedua seri Find X2 didukung fitur Ultra Night Mode yang dapat memotret dengan berbagai focal lenght (jarak fokus), sehingga memudahkan pemotretan dengan lensa telephoto (hingga zoom 60x) di malam hari.

Untuk pengguna yang gemar merekam video, OPPO Find X2 Series menawarkan resolusi maksimal 4K di 60 fps dan Live HDR. Dengan mengintegrasikan perekaman video 10bit, pixel-level real-time grading exposure, dan kalibrasi warna video, Find X2 Pro menjadikan highlights dan bayangan dengan cahaya background yang lebih jelas. Tidak ketinggalan, mode perekaman stabil dengan teknologi Ultra Steady Video dan Ultra Steady Video Pro tetap disediakan

Simak ulasan kami tentang OPPO Find X2 Pro di tautan berikut ini.

Huawei Mate 30 Pro

svg%3E

Huawei memang sudah meluncurkan P40 Series. Tapi karena perangkat tersebut belum tersedia di Indonesia, untuk saat ini kami memilih Mate 30 Pro. Untuk memotret dan merekam video, Huawei Mate 30 hadir dengan konfigurasi Quad Camera yang terdiri darii 40 MP Cine Camera Ultra Wide Angle Lens (1/1.54” CMOS Sensor dan ISO 51,200) dan 40 MP SuperSensing Camera (1/1.7” RYYB Sensor dan ISO 409,600) sebagai dua kamera utama.

Kemudian ada pula 8 MP Telephoto Camera dengan kemampuan 3x optical zoom, 5x hybrid Zoom dan hingga 30x Digital Zoom dan modul kamera terakhir adalah 3D Time of Light Camera untuk memberikan efek bokeh. Selain kemampuan fotografi, Huawei Mate 30 Pro juga mengedepankan kemampuan videografi yang mumpuni. Cine Camera Ultra Wide yang dimilikinya sanggup merekam video hingga resolusi 4K/60fps di berbagai kondisi, seperti cahaya redup, ultra-wide, ataupun dengan teknik time-lapse.

Xiaomi Mi Note 10 Pro

svg%3E

svg%3E

Mi Note 10 Pro adalah seri ponsel paling tinggi yang dimiliki Xiaomi untuk pasar Indonesia saat ini. Xiaomi menyebut Mi Note 10 Pro dibekali kamera kelas flagship. Smartphone ini juga tercatat sebagai yang pertama menawarkan kamera utama 108 MP f/1.69 dengan OIS. Selain itu, ad juga kamera 12 MP f/2.0 dengan lensa 2x optical zoom, kamera 5 MP (upscaled to 8 MP) f/2.0 telephoto dengan lensa 5x optical zoom + OIS, kamera ultrawide 20 MP f/2.2, dan kamera macro 2 MP. Untuk selfie, ada kamera 32 megapixel f/2.0 di depan.

Berbekal sensor ISOCELL Bright HMX 108 MP 1/1.33? yang mengusung teknologi pixel binning 4-in-1, kamera Mi Note 10 Pro dapat menghasilkan kualitas foto yang lebih baik di segala kondisi. Secara default, foto yang diciptakan oleh kamera utama adalah 27 MP tapi dengan detail yang lebih tinggi. Untuk zoom, keberadaan OIS sangat membantu dalam menghasilkan gambar yang lebih tajam.

Simak ulasan kami tentang Xiaomi Mi Note 10 Pro di tautan berikut ini.

Samsung Galaxy S20 Ultra

svg%3E

Saat pertama kali diluncurkan, banyak yang bilang Galaxy S20 Series belum mampu memberikan kemampuan kamera terbaik. Tapi Samsung sudah merilis update yang memaksimalkan potensi kamera di smartphone terbarunya itu. Jadi, kami memilih Galaxy S20 Ultra sebagai salah satu smartphone dengan kamera terbaik saat ini.

Galaxy S20 Ultra dibekali kamera utama 108 MP f/1.8 dengan teknologi 9-in-1 pixel binning, yang akan menghasilkan gambar 12 MP dan diklaim akan menjadi standar baru dari fotografi low-light. Kamera tersebut juga didukung OIS. Galaxy S20 Ultra juga mampu merekam video dengan resolusi 8K. Ada pula fitur Super Steady 2.0 yang menjanjikan tingkat kestabilan lebih baik.

Yang tidak kalah menggiurkan adalah kamera kedua dengan lensa telephoto yang mengadopsi teknologi periscope zoom dan dilengkapi OIS. Hadir dengan sensor 48 MP dengan 4-in-1 pixel binning untuk menghasilkan gambar 12 MP, Samsung menjelaskan bahwa kamera ini mendukung 10x hybrid optical zoom dan hingga Space Zoom 100x.

Kamera ketiga yang ditanamkan menggunakan lensa ultra-wide 12 MP. Selain itu, ada pula kamera DepthVision untuk membantu menciptakan foto dengan efek bokeh yang baik. Uniknya, Galaxy S20 Ultra punya fitur bernama Single Take yang akan menangkap gambar dengan semua kamera secara simultan.

Apple iPhone 11 Pro dan Pro Max

svg%3E

Tidak lengkap rasanya jika kami tidak memasukkan produk garapan Apple dalam daftar kali ini. Kami memilih iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max yang punya konfigurasi kamera serupa, yakni tiga kamera 12 megapixel di belakang. Sensor utama menggunakan lensa f/1.8 26mm lengkap dengan OIS dan Dual Pixel AF. Sementara kamera keduanya datang dengan lensa tele 52mm 2x optical zoom f/2.0, juga dengan OIS dan Dual Pixel AF. Untuk kamera ketiganya, iPhone 11 Pro mengusung lensa ultra-wide 12mm 120 derajat.

Menurut Apple, ketiga kamera tersebut bisa saling mendeteksi satu sama lain. Jadi ketika pengguna mengganti kamera, misalnya dari kamera utama beralih ke kamera tele, kamera itu sudah mengetahui beberapa informasi yang didapat sebelumnya seperti fokus yang pas, exposure, serta pengaturan warna. Ketiga kamera iPhone 11 Pro mampu merekam video 4K di 60 fps. Melalui aplikasi bernama Filmic, pengguna bisa langsung merekam dengan 4 kamera sekaligus, termasuk kamera selfie, secara simultan.

Itulah 5 smartphone dengan kamera terbaik pilihan kami di bulan Maret 2020 ini. Setiap bulannya, kami akan terus meng-update setiap Indonesia kedatangan smartphone baru lagi. Pantau terus Yangcanggih.com!

Verified by MonsterInsights