Review ASUS TUF Gaming FX505DU, Laptop Gaming Kelas Menengah dengan AMD Ryzen 7 Generasi 2

Laptop gaming yang kencang dan memiliki deretan fitur yang baik tidak harus selalu mahal. Itulah yang dibuktikan ASUS dan AMD dengan TUF Gaming FX550DD, laptop gaming berbasis AMD Ryzen Mobile generasi 2 yang dijual dengan harga relatif terjangkau.

Mengingat ini adalah laptop gaming, maka tidak heran jika ASUS telah melengkapinya dengan sistem operasi Microsoft Windows 10 orisinil yang memang memiliki fitur optimal untuk para gamer. Salah satu fitur favorit untuk gaming adalah Game Bar yang memudahkan para gamer saat merekam video saat mereka bermain game.

Desain ASUS TUF Gaming FX505DU

Konsep desain bergaya perangkat militer menjadi ciri khas ASUS TUF Gaming FX-505DU. Sudut bodi yang tegas dengan desain engsel yang unik memberikan kesan tangguh bagi para penggunanya. Dan tidak hanya tampilan fisiknya saja yang bergaya militer, laptop ini memang telah lulus pengujian standarisasi militer MIL-STD-810G. Ini berarti laptop gaming ini memiliki ketahanan ekstra saat dibawa-bawa di dalam tas atau jika bertemu dengan pengguna yang kurang berhati-hati.

Untuk manajemen thermal atau panas, terdapat lubang pembuangan hawa di bagian belakang dan sisi kanan laptop. Semua port diletakkan di sisi kiri. Agak menyulitkan jika Anda masih menggunakan mouse berkabel di sisi kanan.

Akibat penempatan tersebut, kelengkapan port yang dibawanya cukup minim. Hanya ada 3 port USB, port HDMI ukuran normal, koneksi Ethernet dan port audio 3,5mm. Setidaknya sudah cukup untuk keperluan bermain game.

Satu hal yang langsung menarik mata adalah tombol AWSD transparan di keyboard. Ini sekaligus menjadi penanda bahwa ASUS TUF Gaming FX505DU merupakan laptop yang dirancang untuk bermain game.

Kenyamanan tombol keyboard juga diperhatikan. Respons tombolnya amat baik untuk ukuran laptop, dengan tingkat kedalaman yang cukup mendekati keyboard desktop. Ini membuat penggunanya akan nyaman mengetik atau bermain game dalam waktu yang lama.

Terdapat tombol numpad di sisi kanan, yang sayangnya memiliki ukuran tombol sedikit lebih kecil. Penempatan touchpad juga agak sedikit ke kiri, tidak di tengah. Tergantung kebiasaan pengguna, lokasi touchpad ini cukup rentan untuk membuatnya mudah tersentuh tanpa sengaja saat mengetik.

Performa ASUS TUF Gaming FX505DU

Unit yang kami review memiliki spesifikasi sebagai berikut:

[ninja_tables id=”212229″]

Dari sisi performa untuk bermain game, laptop ini amat memuaskan untuk harganya. Paduan prosesor AMD Ryzen 7-3750H dan kartu grafis Nvidia GeForce GTX1660 Ti terbukti tangguh untuk menjalankan game pada setting menengah dan tinggi (tergantung game) dengan lancar.

Berikut beberapa benchmark sebagai acuan performa laptop ASUS TUF Gaming FX505DU.

Dengan spesifikasinya, laptop ini juga memadai untuk menjalankan aplikasi berat lain seperti menyunting video atau foto yang cukup kompleks. Hanya saja, tentunya lebih optimal jika kapasitas RAM ditingkatkan melalui satu slot RAM yang tersisa.

svg%3E

Kualitas layar cukup baik, dengan warna hitam yang lumayan pekat. Sayangnya, tingkat kecerahan layar 200 nits masih agak redup untuk beberapa kebutuhan.  Kemampuan speaker internal yang telah didukung teknologi DTS untuk suara surround juga tergolong baik. Nyaring dan jernih, walaupun agak terdengar distorsi pada tingkat volume tinggi (di atas 80).

Armoury Crate

Suara kipas yang terdengar nyaring saat laptop dipacu memainkan game atau melakukan tugas berat memang cukup mengganggu. Tapi Anda bisa mengaturnya melalui aplikasi Armoury Crate.

Di aplikasi ini, Anda juga bisa  melihat kilasan kondisi sistem, mulai dari suhu, kecepatan kipas CPU dan GPU, hingga tingkat kebisingan laptop. Melalui menu yang amat mudah dimengerti, Anda juga bisa mengatur beragam setting seperti Power Saving, Lighting, Memory, Aura SYNC, dan sebagainya. Update driver terbaru juga dapat dipantau dari aplikasi ini.

Kesimpulan

Sebagai laptop gaming kelas menengah di kisaran harga 15 juta rupiah, ASUS TUF Gaming FX505DU dapat diandalkan para gamer. Performa dan spesifikasinya termasuk handal dan kompetitif, apalagi di kisaran harganya.

Prioritas di aspek performa ini tentunya dibarengi kompromi di beberapa sektor seperti kualitas layar yang sedikit di bawah IPS dengan tingkat kecerahan yang agak redup, penempatan semua port di sebelah kiri, serta tata letak beberapa tombol keyboard yang tidak lazim.

Tapi setidaknya ASUS mengerti bahwa lebih banyak gamer yang mementingkan performa dan kenyamanan pemakaian saat bermain game ketimbang beberapa fitur khas gaming yang belum tentu relevan bagi sebagian pengguna. Jadi bagi Anda yang mengidamkan laptop gaming berdesain tangguh, memiliki performa yang baik serta harga relatif terjangkau, ASUS TUF Gaming FX505DU layak dipertimbangkan.

 

Kelebihan ASUS TUF Gaming FX505DU

svg%3E

Desain tangguh dan fungsional

Performa amat baik untuk kelas harganya

Layar dengan refresh rate 120Hz dengan reproduksi warna hitam yang pekat

Keyboard nyaman digunakan bermain game maupun mengetik

Pengaturan mudah dengan Armoury Crate

Pembuangan panas optimal

Kualitas suara speaker internal baik

Harga kompetitif untuk spesifikasi dan performanya

 

Kekurangan ASUS TUF Gaming FX505DU

Penempatan dan ukuran beberapa tombol keyboard berbeda dari biasanya

Semua port terletak di sisi kiri, menyulitkan bagi sebagian pengguna

Distorsi suara pada speaker saat diputar dengan volume tinggi

Layar agak redup walaupun pada tingkat kecerahan tertinggi