Hands-On: Impresi Pertama Mencoba Kamera OPPO Reno3

Last updated:

Masih dalam segmen premium, OPPO Reno3 akan segera hadir di Indonesia. Saat tulisan ini dibuat, belum ada informasi resmi mengenai spesifikasi lengkap OPPO Reno3. Namun kami diberi kesempatan untuk mencoba memotret dalam berbagai situasi menggunakan kamera OPPO Reno3.

Kamera belakang OPPO Reno3

OPPO Reno3 memiliki 4 kamera di bagian belakang, yaitu kamera ultra lebar yang berfungsi ganda sebagai ultra macro untuk memotret dari jarak sangat dekat, kamera lebar utama dengan sensor gambar 48 megapixel, kamera telephoto 2x, dan kamera mono untuk foto hitam putih lebih baik.

Kamera ultra lebar OPPO Reno3 bisa merekam gambar dengan sudut pandang ekstra lebar 119 derajat, serta merekam gambar dari jarak 3cm yang sangat dekat. Dengan sudut pandang amat lebar, kamera ini akan berguna saat mengambil gambar sekelompok orang atau pemandangan. Kamera ultra macro dari jarak 3 cm juga berguna saat mengambil foto detil mainan atau tekstur barang lainnya.

Berikut hasil foto kamera ultra lebar OPPO Reno3 tanpa penyuntingan.

IMG20200309163834

oppo reno3 ultra macro

Beralih ke kamera utama 48 megapixel OPPO Reno3. Dari pengalaman singkat kami, hasil foto Reno3 cukup oke di dalam kondisi cahaya kurang ideal. Kemampuannya menangkap fokus juga cukup akurat.

Berikut beberapa hasil foto OPPO Reno3 di dalam ruangan dengan pencahayaan agak redup.

IMG20200309150645

IMG20200309150502

OPPO Reno3

Ultra Dark Mode

Kami juga mencoba memotret dalam kondisi amat gelap, di dalam ruangan dengan dinding hitam dan hanya satu dua lampu yang dipegang oleh model. Kemampuan untuk memotret dalam gelap ini juga merupakan salah satu fitur unggulan OPPO untuk Reno3. Dengan fitur yang diberi nama Ultra Dark Mode, kamera OPPO Reno3 akan tetap dapat menghasilkan foto yang jelas di kondisi amat gelap.

Berikut hasil foto dalam Ultra Dark Mode, tanpa penyuntingan sama sekali.

IMG20200103152021

IMG20200309162507

IMG20200309162326

Hasilnya cukup bagus, mengingat ruangan pemotretan yang amat gelap. Detil wajah terlihat masih jelas, walaupun ada beberapa bagian yang terlihat terlalu dihaluskan untuk mengurangi noise. Sebagai catatan, hasil foto di atas diambil tanpa alat bantu apa pun.

Super Steady

Satu lagi fitur andalan OPPO Reno3 ada di kemampuan rekam videonya. Tidak hanya bisa merekam video beresolusi 4K, OPPO Reno3 juga bisa merekam video Full HD dengan Super Steady yang stabil dan mirip seperti menggunakan gimbal. Berikut hasil rekaman video dengan fitur Super Steady.

Super Steady OPPO Reno3

Bahkan ada mode Super Steady Pro yang baru agar video dapat lebih stabil lagi, seperti contoh hasil video berikut.

Super Steady Pro OPPO Reno3

Kesan pertama kami mencoba OPPO Reno3 cukup positif. Hanya saja perlu dicatat bahwa OPPO Reno3 bukanlah pengganti OPPO Reno2, tapi sebagai pengganti OPPO Reno 2F. Hanya saja, peningkatan yang dibawa kameranya cukup terasa jika dibandingkan OPPO Reno 2F. Untuk perkiraan harga, OPPO Reno3 akan dijual di kisaran harga yang sama seperti harga awal Reno 2F.

Nantikan review OPPO Reno3 di YANGCANGGIH.COM dalam waktu dekat.

Baca juga
Hands-On: Impresi Pertama Mencoba Kamera OPPO Reno3 6 harga oppo, kamera oppo, kamera oppo reno3, oppo, OPPO Reno3, spesifikasi oppo
Tissot T-Touch Connect Solar: Baterai Tahan 6 Bulan, Bisa Isi Ulang dengan Cahaya Matahari