Kesan Pertama Mencoba Kamera OPPO Find X2 Pro

OPPO telah resmi mengumumkan kehadiran Find X2 dan X2 Pro. Keduanya akan menjadi smartphone flagship atau ponsel tercanggih dari OPPO untuk tahun 2020. Beberapa hari lalu, YANGCANGGIH.COM sempat mencoba kemampuan kamera Find X2 Pro secara singkat. Berikut impresi kami.

Mencoba kamera OPPO Find X2 Pro

Di bagian belakang, OPPO Find X2 Pro memiliki 3 kamera. Terdapat kamera utama wide 48 megapixel dengan lensa f/1.7 dan sensor gambar Sony IMX689, kamera ultra lebar 48 megapixel dengan lensa f/2.2 dan sensor gambar Sony IMX586, serta kamera telephoto 13 megapixel yang menggunakan mekanisme periskop  dengan lensa f/3.0.

svg%3E

UI atau tampilan antarmuka kamera OPPO Find X2 Pro juga telah diperbaharui, dengan menggunakan ColorOS 7 yang terbaru. Dibandingkan ColorOS 6, UI kamera di ColorOS 7 tampil lebih praktis dan jelas. Beberapa opsi penting seperti mengubah resolusi gambar, langsung tertampil di layar bagian atas. Jadi kita tidak perlu lagi masuk ke Settings hanya untuk mengubah resolusi gambar.

Navigasi menu dan mengakses opsi kamera Find X2 Pro juga dapat dituntaskan dengan cepat. Hanya saja, mengingat firmware yang belum final, ada kalanya kami diantarkan ke layar utama setelah merekam gambar. Tentunya hal ini tidak akan terjadi untuk OPPO Find X2 versi final yang sudah bisa dipesan mulai sekarang.

Lalu bagaimana dengan hasil foto OPPO Find X2 Pro? Digunakan di kondisi cahaya ideal, hasil foto kamera OPPO Find X2 Pro amat baik. Baik dari sisi exposure, ketajaman dan reproduksi warna, hasil fotonya terlihat menawan. Kami juga menyukai keseriusan OPPO yang memberikan sensor gambar berkualitas tinggi untuk kamera ultra lebarnya. Maka tidak heran jika hasil foto ultra lebarnya juga tidak berbeda jauh dengan kamera utamanya yang lebih superior.

svg%3E

Berikut hasil foto OPPO Find X2 Pro dengan lensa ultra lebar dalam kondisi cahaya ideal, langsung dari kamera tanpa penyuntingan.

OPPO Find X2 Pro ultra wide

OPPO Find X2 Pro utra wide

Tren kamera telephoto atau zoom di smartphone kelas flagship juga berlanjut di Find X2 Pro. Kesan pertama, stabilisasi optik yang ada di OPPO Find X2 Pro cukup efektif.

Walaupun zoom efektif hingga 5x, kami bisa membidik hingga 60x digital zoom dengan hasil yang cukup baik. Tentunya jika dilakukan di kondisi cahaya ideal seperti foto berikut.

OPPO Find X2 Pro wide

OPPO Find X2 Pro hybrid zoom

Berikut perbandingan jangkauan lensa OPPO Find X2 Pro. Anda tidak hanya terbatas pada setting lensa ini, tapi bisa menggeser zoom untuk mendapatkan komposisi yang diinginkan. Semua hasil foto ini diambil langsung dari kamera OPPO Find X2 Pro tanpa penyuntingan.

OPPO Find X2 Pro ultra wide

OPPO Find X2 Pro wide

OPPO Find X2 Pro zoom

hybrid zoom OPPO Find X2 Pro

Untuk kondisi minim cahaya, OPPO Find X2 Pro memperkenalkan Ultra Night Mode 3.0 yang lebih efektif merekam foto saat malam hari atau gelap. Satu hal yang kami rasakan, pemrosesan gambar pada mode ini terasa gegas dan lebih cepat dibandingkan OPPO Reno 10x zoom.

svg%3E

Berikut hasil foto dalam kondisi minim cahaya tanpa penyuntingan.

OPPO Find X2 Pro

hybrid zoom OPPO Find X2 Pro

Ada beberapa catatan saat kami mencoba kameranya. Pertama, ada opsi memotret dalam format RAW atau file foto mentah di mode Expert. Kedua, hasil foto di kondisi minim cahaya dengan setting zoom atau telephoto mengalami penurunan dari sisi detail dan menunjukkan efek cat air yang biasa terjadi akibat algoritme pengurang noise yang terlalu agresif.

Namun dari waktu mencoba yang sangat singkat, kami cukup terkesan dengan kemampuan kamera OPPO Find X2 Pro yang lebih baik dibandingkan OPPO Reno 10x zoom. Mengingat firmware yang masih belum final, kami harapkan OPPO dapat meningkatkan hasil fotonya.

 

Verified by MonsterInsights