MediaTek Helio P95: Janjikan Peningkatan Kemampuan AI dan Dukungan Kamera 64 MP

MediaTek mengumumkan kehadiran chipset terbarunya yang sekaligus menjadi penerus dari Helio P90, yakni Helio P95. Menurut MediaTek, dibanding generasi sebelumnya chipset tersebut menjanjikan peningkatan pada performa AI serta kemampuan fotografi yang lebih baik.

Dukungan kamera 64 megapixel

svg%3E

Ditujukan untuk smartphone kelas menengah, MediaTek Helio P95 merupakan SoC 12nm FinFET yang dipersenjatai CPU octa-core dengan spesifikasi 2-core Cortex-A75 berkecepatan 2.2GHz dan 6-core Cortex-A55 berkecepatan 2GHz. GPU yang dibenamkan adalah PowerVR GM 9446 970MHz.

MediaTek tidak lupa membenamkan teknologi HyperEngine andalan mereka yang dipercaya bisa meningkatan pengalaman gaming. Bukan cuma soal performa yang lebih smooth, tetapi juga faktor pendukung lainnya seperti jaringan yang lebih stabil, visual yang lebih sedap dipandang, dan layar sentuh yang lebih responsif.

svg%3E

Soal kemampuan kecerdasan buatan, Helio P95 diklaim memiliki skor benchmark AI (ETHZ) yang 10 persen lebih tinggi dari Helio P90. Hal itu memungkinkan smartphone mendeteksi pose 5 orang sekaligus di depan kamera, 3D pose tracking, termasuk untuk mengenali beberapa objek dan melakukan optimalisasi pada pengaturan kamera.

MediaTek Helio P95 sendiri kini mendukung konfigurasi kamera dengan resolusi maksimal hingga 64 megapixel, atau dual-camera 24 megapixel + 16 megapixel. Selain itu, chipset ini juga ideal untuk menunjang layar dengan resolusi Full HD+ dan aspect ratio hingga 25:9.

Dari sektor konektivitas MediaTek menyuguhkan teknologi Cat 12 downlink dan Cat 13 uplink, lengkap dengan fitur 4×4 MIMO. Pengguna juga bisa berharap mendapatkan koneksi nirkabel yang lebih baik berkat dukungan WiFi 802.11ac serta Bluetooth 5.0.

Kapan tersedia di pasaran?

Sayangnya MediaTek belum bisa mengumumkan kapan smartphone pertama yang dibekali chipset Helio P95 akan dijual secara resmi. Namun kalau melihat perbedaan yang tidak terlalu signifikan dibanding Helio P90, kemungkinan besar peluncurannya pun tidak akan memakan waktu lama. Apalagi, saat ini smartphone dengan kamera 64 megapixel sudah mulai membanjiri pasaran.