Fujifilm X-T4: Varian X-T Series Pertama dengan Fitur Penstabil di Bodi, Baterai Lebih Tahan Lama

Last updated:

Punya kemampuan foto dan video yang sangat mumpuni Fujifilm X-T3 memang nyaris sempurna. Tapi, masih ada satu fitur yang absen dari kamera ini yakni fitur penstabil di bodinya atau IBIS (In Body Image Stabilization). Untuk itulah Fujifilm kini resmi mengumumkan Fujifilm X-T4 yang menjadi varian X-T Series pertama dengan fitur IBIS.

Fujifilm X-T4: Varian X-T Series Pertama dengan Fitur Penstabil di Bodi, Baterai Lebih Tahan Lama 16 fujifilm, Fujifilm XT4, harga, spesifikasi

Dilengkapi layar sentuh fleksibel yang bisa dilipat dan diputar

Fujifilm X-T4 sekilas masih terlihat mirip dengan X-T3. Tapi, ada beberapa pembaruan yang dibawanya. Pertama, X-T4 kini hadir dengan layar sentuh fleksibel yang bisa dilipat dan diputar. Di bodinya kini juga tersedia tombol AF-On dan kendali putar untuk opsi Metering kini berganti menjadi opsi foto/video.

Fujifilm X-T4: Varian X-T Series Pertama dengan Fitur Penstabil di Bodi, Baterai Lebih Tahan Lama 17 fujifilm, Fujifilm XT4, harga, spesifikasi

Untuk memberikan kenyamanan lebih bagian grip turut diperbarui dengan ukurang yang lebih besar. Selain itu, menu pengaturan juga mendapat peningkatan. Menurut Fujifilm, Opsi pengaturan untuk mode foto dan video kini terpisah dengan masing-masing mode memiliki Q Menu sendiri.

Fujifilm X-T Series pertama dengan IBIS

Beralih ke spesifikasinya, Fujifilm X-T4 membawa spesifikasi yang sama seperti X-T3 dengan sensor BSI-CMOS X-Trans 26.1 megapixel yang disokong prosesor X-Processor 4.

Yang membedakan Fujiflm X-T4 kini dilengkapi fitur IBIS yang akan sangat optimal untuk mengambil foto dan video tanpa perlu tripod. Fitur IBIS di X-T4 punya kemampuan meredam goyangan tangan hingga sekitar 5 stop dan 6 stop jika terpasang dengan lensa tertentu. Mekanisme shutter Fujifilm X-T4 juga ditingkatkan dengan kinerja yang lebih senyap dan lebih tahan lama.

Untuk memotret tanpa henti Fujifilm X-T4 bisa memotret dengan kecepatan hingga 15fps. Meningkat jika dibandingkan X-T3 yang hanya 11fps.

Fujifilm X-T4: Varian X-T Series Pertama dengan Fitur Penstabil di Bodi, Baterai Lebih Tahan Lama 18 fujifilm, Fujifilm XT4, harga, spesifikasi

Kini bisa rekam video gerakan lambat 240fps

Di modus video, kamera ini sanggup merekam video 4K DCI hingga 60fps di 400Mbps dan bisa merekam video F-Log dengan warna 10-bit langsung ke kartu memori. Istimewanya lagi X-T4 kini mendukung perekaman video gerakan lambat hingga 240fps.

Pembaruan lain, Fujifilm X-T4 kini hadir dengan sistem autofocus dengan peningkatan di kemampuan pelacakan subyek, dan kemampuan mencari fokus berdasarakan wajah dan mata subyek. Sektor baterai kini ditenagai baterai NP-W235 baru yang lebih tahan lama dengan kemampuan 500 jepretan foto untuk sekali isi ulang baterai. Kemudian, efek simulasi film Fujifilm X-T4 juga bertambah dengan satu efek baru yaitu Eterna Bleach Bypass film.

Fujifilm X-T4 tersedia dengan pilihan warna hitam dan silver. Untuk harga jualnya bodi saja US$1699, US$2099 kit dengan lensa 18-55mm, dan US$2199 kit dengan lensa 16-80mm F4.

 

Sensor
APS-C BSI-CMOS X-Trans 26.1 megapixel
ProsesorX-Processor 4
ISO
Auto, 160-12800 (expands to 80-51200)
LensaFujifilm X
Autofocus
Contrast Detect (sensor)
Phase Detect
Multi-area
Center
Selective single-point
Tracking
Single
Continuous
Touch
Face Detection
Live View
Layar
Full Articulated sentuh 3-inci
Continuos drivehingga 15 fps
Video
hingga 4K 4096 x 2160 @ 60p / 200 Mbps, MOV, H.265, Linear PCM
Kartu memori
Dual SD/SDHC/SDXC card slots (UHS-II supported)
Dimensi
135 x 93 x 84 mm
Bobot607 gram
Baca juga
Fujifilm X-T4: Varian X-T Series Pertama dengan Fitur Penstabil di Bodi, Baterai Lebih Tahan Lama 23 fujifilm, Fujifilm XT4, harga, spesifikasi
Xiaomi Mi TV 4S: TV Pintar 4K 65 inci dengan HDR10+ dan Dolby Audio