Qualcomm Snapdragon X60: Modem 5G 5nm dengan Kecepatan Download Hingga 7.5 Gbps

Qualcomm secara resmi mengumumkan modem 5G generasi ketiga terbarunya yang diberi nama Snapdragon X60. Menurut Qualcomm ini adalah modem 5G pertama yang dibuat dengan fabrikasi 5nm. Yang paling menarik, tentunya Snapdragon X60 menawarkan kecepatan download dan upload yang lebih kencang dibanding generasi sebelumnya.

Download hingga 7.5 Gbps

svg%3E

Modem Snapdragon X60 mendukung mmWave-Sub6 5G. Seperti pada Snapdragon X55, modem ini bisa bekerja di jaringan TDD (time division duplex) dan FDD (frequency division duplex). Bukan cuma itu, Snapdragon X60 juga bisa terhubung dengan jaringan selain 5G, seperti 4G LTE, 3G, maupun 2G.

Soal kecepatannya, Qualcomm menjanjikan modem ini mampu menyentuh kecepatan download 7.5 Gbps melalui mmWave, download hingga 5 Gbps melalui Sub6, dan kecepatan upload hingga 3 Gbps. Untuk mendukung kualitas layanan suara yang lebih baik, X60 juga dibekali fitur 5G Voice-over-NR.

svg%3E

“Modem 5G generasi ketiga kami menghadirkan kapabilitas dan opsi agregasi spektrum yang luas untuk mendorong ekspansi 5G yang cepat sambil meningkatkan jangkauan, efisiensi daya, dan kinerja untuk perangkat seluler,” ujar Cristiano Amon, President of Qualcomm Incorporated.

Meluncur di 2021

svg%3E

Walaupun sudah diperkenalkan di awal tahun 2020 ini, kabarnya perangkat yang dibekali modem Snapdragon X60 baru akan tersedia pada tahun 2021 mendatang. Karena MWC 2020 Barcelona telah resmi dibatalkan, kemungkinan update informasi terkait modem anyar tersebut baru akan tersedia di event-event teknologi lainnya seperti IFA Berlin akhir Agustus nanti.