Klik untuk baca ulasan gadget terbaru di 2020

[Hands-On] Kesan Pertama Menggenggam Samsung Galaxy S20 Ultra

Tidak berselang lama sejak pertama kali diperkenalkan di San Francisco, Amerika Serikat, Samsung Indonesia langsung mengajak awak media untuk bertemu dengan smartphone flagship terbarunya, yakni Galaxy S20 Ultra. Bagi yang belum tahu, Galaxy S20 Ultra merupakan varian paling tinggi dari keluarga Galaxy S20 Series.

Dalam sebuah acara singkat di Jakarta, Rabu (12/2), kami pun berkesempatan untuk menggenggam smartphone seharga 18 jutaan rupiah ini. Ingin tahu seperti apa kesan pertama yang kami dapatkan? Yuk, simal ulasannya:

Desain premium, dimensi besar

Sama seperti smartphone kelas flagship Samsung lainnya, Galaxy S20 Ultra hadir dengan desain yang premium. Materialnya merupakan perpaduan antara aluminium pada kerangkanya dengan lapisan kaca di bagian luar. Secara tampilan, varian Ultra ini kurang lebih mirip dengan kedua saudaranya tapi dengan bagian frame kamera yang yang lebih besar.

Tidak heran karena pada Galaxy S20 ultra Samsung membenamkan konfigurasi kamera yang berbeda dengan Galaxy S20 dan Galaxy S20+. Keberadaan lensa periscope zoom membuat frame kamera pada Galaxy S20 Ultra menjadi lebih tebal dan menonjol.

Sesungguhnya cover belakang Galaxy S20 Ultra ini mengusung konsep yang minimalis dan elegan. Tapi bagian kameranya menurut kami terlalu lebar dan sangat mendominasi sisi sebelah atas. Di bagian kiri dan kanannya, bodinya dibuat melengkung sehingga terasa lebih ergonomis.

Bicara soal ukuran, Galaxy S20 Ultra juga menjadi varian yang paling besar. Dimensinya mencapai 166.9 x 76.0 x 8.8mm. Kalau dibandingkan dengan Galaxy S10+ jelas meningkat jauh. Akan lebih setara jika dimensi Galaxy S20 Ultra disejajarkan dengan Galaxy Note10+. Dan perlu diketahui pula, Galaxy S20 Ultra punya bobot yang lumayan berat, 220 gram. Jelas saja karena Samsung membenamkan baterai 5.000 mAh di dalamnya.

Dengan dimensi sebesar itu untungnya smartphone ini masih nyaman digenggam dengan satu tangan. Tapi untuk pengoperasian, akan sulit menggapai seluruh bagian layar dengan satu tangan saja sebab Galaxy S20 Ultra punya aspect ratio 20:9 yang memanjang ke atas. Akan lebih ideal jika Anda mengoperasikannya dengan dua tangan.

Beralih ke depan, Galaxy S20 Ultra mengusung layar Infinity-O Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,9 inci dan resolusi 1440p+. Bezelnya luar biasa tipis namun masih memiliki lubang kecil untuk menampung kamera selfie. Tampilannya layarnya juga khas Samsung, cemerlang dan memanjakan mata. Apalagi kini sudah ada opsi refresh rate hingga 120Hz.

Samsung Galaxy S20 Ultra tentunya telah menggunakan port USB Type-C. Oh iya, perlu diingat juga, smartphone ini tidak memiliki port audio jack 3.5mm. Opsi warnanya sendiri ada dua, yakni Cosmic Gray dan Cosmic Black. Sekadar informasi tambahan, Galaxy S20 Ultra memilikis sertifikasi IP68 yang artinya tahan air dan debu.

Janjikan kemampuan fotografi kelas atas

yang menjadi sorotan utama dari smartphone ini adalah keberadaan kamera utama 108 MP f/1.8 dengan teknologi 9-in-1 pixel binning, yang akan menghasilkan gambar 12 MP dan diklaim akan menjadi standar baru dari fotografi low-light. Kamera tersebut juga didukung OIS. Galaxy S20 Ultra juga mampu merekam video dengan resolusi 8K. Ada pula fitur Super Steady 2.0 yang menjanjikan tingkat kestabilan lebih baik.

Yang tidak kalah menggiurkan adalah kamera kedua dengan lensa telephoto yang mengadopsi teknologi periscope zoom dan dilengkapi OIS. Hadir dengan sensor 48 MP dengan 4-in-1 pixel binning untuk menghasilkan gambar 12 MP, Samsung menjelaskan bahwa kamera ini mendukung 10x hybrid optical zoom dan hingga 100x Super Resolution Zoom.

Kamera ketiga yang ditanamkan adalah kamera ultra-wide 12 MP. Selain itu, ada pula kamera DepthVision untuk membantu menciptakan foto dengan efek bokeh yang baik. Untuk yang gemar selfie, Samsung menyediakan kamera depan 40 MP dengan teknologi 4-in-1 pixel binning yang menghasilkan foto 10 MP.

Sayangnya dalam acara yang kami hadiri kemarin, Galaxy S20 Ultra yang tersedia bukanlah produk final seperti yang akan dijual di Indonesia. Karena itu, tentunya tidak ideal untuk menguji lebih jauh seperti apa kemampuan kameranya. Hasilnya jelas tidak akan sama dengan yang Anda dapatkan ketika membeli perangkat ini nanti.

Kalau soal performa, walaupun kami juga belum melakukan pengujian, tapi kami sangat yakin Galaxy S20 Ultra punya kinerja yang super kencang. Pasalnya, smartphone ini dipersenjatai chipset Exynos 990 7nm EUV terbaru yang ditemani dengan RAM 12 GB.

Pre-order sudah dibuka

Samsung Galaxy S20 Ultra dijual dengan harga Rp18.499.000 untuk varian RAM 12 GB dan memori internal 128 GB. Sama seperti Galaxy S20 dan Galaxy S20+, Samsung sudah membuka pre-order Galaxy S20 Ultra pada Rabu 12 Februari 2020 pukul 12.00 siang. Konsumen yang berminat bisa mendapatkan hadiah berupa Galaxy Buds+ secara cuma-cuma alias gratis

Baca juga
[CES 2020] MediaTek Dimensity 800: SoC 7nm 5G untuk Smartphone Kelas Menengah