Teaser: OPPO Find X2, Smartphone Pertama OPPO dengan Layar 120Hz

Sebagai komponen yang paling penting, layar dengan kualitas baik akan mudah dihargai penggunanya. Tidak hanya sekedar menawarkan resolusi tinggi, smartphone kelas atas masa kini memiliki layar dengan spesifikasi yang lebih unggul. Salah satunya adalah smartphone OPPO yang akan segera hadir dalam hitungan minggu, yaitu OPPO Find X2. Menurut informasi dari VP OPPO, layar OPPO Find X2 dijamin akan memanjakan mata penggunanya.

svg%3E

“VP kami, Brian Shen mengatakan bahwa layar menjadi kunci utama dan nilai jual perangkat ini. Melalui jejaring sosial weibo, Brian Shen, mengemukakan bahwa OPPO Find X2 akan membawa layar 2K dengan refresh rate 120Hz dan bersanding dengan teknologi pengecasan cepat SuperVOOC 65 watt. Spesifikasi yang membuat kami optimis Find X2 menjadi perangkat yang akan diwaspadai dalam pegelaran MWC 2020” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Layar 120Hz

svg%3E

Apa kelebihan layar dengan refresh rate 120Hz yang akan digunakan di perangkat Find X2? Analis teknologi dari IHS Markit yang memiliki spesialisasi pada teknologi layar, Jerry Kang, mengatakan, angka refresh rate mengacu pada berapa kali tampilan berkedip pada layar dalam waktu satu detik.

svg%3E

Mata manusia tidak akan bisa menangkapnya dengan mudah, tetapi biasanya layar akan berkedip sebanyak 60 kali tiap detik. Kecepatan refresh rate yang tinggi seperti yang nanti terdapat pada Find X2 akan membuat segala sesuatu yang tampil pada layar tampak lebih halus, seperti saat menggulirkan teks atau timeline pada media sosial.

Untuk beberapa skenario, perbedaan layar 60Hz dan 120Hz tidak terlalu terlihat. Namun saat memutar konten video atau memainkan game terbaru yang membutuhkan frame rate yang tinggi, perbedaan refresh rate ini baru akan terlihat.

Satu hal yang perlu dicermati. Peningkatan kecepatan refresh rate akan mengakibatkan konsumsi baterai lebih tinggi. OPPO sendiri telah menyiapkan solusinya, dalam bentuk antarmuka ColorOS versi 7 terbaru.

“Sistem antarmuka ColorOS terbaru di perangkat ini akan memiliki fitur manajemen pengaturan daya yang lebih baik dari sebelumnya. Seperti dikonfirmasi VP kami, Find X2 akan membawa pengecasan SuperVOOC 65 watt yang dapat mengisi penuh perangkat dalam waktu 30 menit,” tutup Aryo.

Sebagai catatan, pengisian baterai 65 watt ini termasuk salah satu yang tercepat saat ini untuk sebuah smartphone Android.

Verified by MonsterInsights