Canon EOS-1D X Mark III: Pertama dengan Kemampuan Memotret HEIF 10-bit HDR dan Rekam Video RAW 5.5K

Menyambut gelaran Olimpiade 2020 yang akan berlangsung di Tokyo, Canon mengumumkan kehadiran generasi ketiga kamera DSLR EOS-1D X. Kamera DSLR ini membawa sederetan fitur dan teknologi baru yang semakin mumpuni untuk para fotografer dan videografer kelas profesional.

svg%3E

Performa kencang

Tidak banyak pembaruan di sektor bodinya. Sekilas kamera ini masih terlihat mirip dengan EOS-1D X Mark II yang lahir empat tahun silam. Kendati demikian, sektor internalnya mendapat cukup banyak pembaruan.

Di sektor sensornya EOS-1D X Mark III hadir dengan sensor full frame CMOS 20 megapixel. Sensor tersebut dilengkapi filter low pass yang mampu menghasilkan tangkapan gambar dengan detil yang sangat tinggi.

Canon EOS-1D X Mark III semakin menarik dengan dukungan prosesor terbaru Canon DIGIC X. Menurut Canon, prosesor terbarunya ini mampu mendongkrak kinerja pemrosesan gambarnya hingga tiga kali lebih cepat jika dibandingkan Canon EOS-1D X Mark III.

Untuk memotret tanpa henti, kamera ini bisa memotret tanpa henti dengan kecepatan hingga 16 fps menggunakan jendela bidik dan 20 fps di mode Live View.

Autofocus semakin cepat

Tidak hanya itu saja prosesor canggih ini juga mampu menghadirkan kinerja Dual Pixel AF yang diklaim 380 kali lebih cepat.

Untuk menyempurnakan kinerjanya, Canon masih menambahkan prosesor Canon DIGIC 8 terpisah yang ditugaskan untuk mendukung autofocus dan metering lewat jendela bidiknya.

svg%3E

Saat memotret dengan jendela bidiknya, pengguna bisa menikmati sistem autofocus 191 titik dengan 155 titik cross-type. Sistem autofocusnya pun diklaim lebih cepat dan akurat bahkan di kondisi minim cahaya sekalipun. Sistem autofocusnya ini turut didukung dengan fitur pelacakan berdasarakan wajah dan kepala.

Sementara saat memotret di mode Live View, pengguna bisa menikmati sistem autofocus Dual Pixel yang mecakup 90% area horisontal dan 100% vertikal dengan dukungan fitur deteksi berdasarkan wajah dan mata.

Kamera digital pertama yang mendukung foto 10-bit HDR dengan format HEIF

svg%3E
Canon EOS-1D X Mark III juga menjadi kamera digital pertama yang mendukung foto 10-bit HDR di format HEIF. Dengan demikian, hasil fotonya akan lebih baik jika dibandingkan foto dengan format JPEG. Tingkat dynamic range, kontras dan warnanya pun akan lebih optimal saat dilihat di monitor HDR.

Mendukung perekaman video hingga resolusi 5.5K

Kemampuan rekam videonya juga sangat impresif. Canon EOS-1D X Mark III menaikkan standar kemampuan rekam video kamera DSLR dengan kemampuan rekam video RAW 12-bit di resolusi 5.5K/60p dan bit rate 2600 Mbps. Untuk memanjakan para profesional kamera ini juga sanggup merekam video tanpa crop di format DCI 4K/60p dan mendukung Canon Log dengan warna 10-bit 4:2:2 color. Untuk mendukung modus videonya ini Canon juga melengkapi EOS-1D X Mark III dengan port mic 3.5mm, soket headphone dan port mini HDMI.

Untuk fitur lain, di Canon EOS-1D X Mark III tersedia tombol backlit dan tombol AF-On “Smart Controller” untuk menggerakkan titik focus. Selain itu kamera ini juga dilengkapi 2 slot kartu memori CFexpress, punya port Ethernet, WiFi, Bluetooth, dan modul GPS.

Canon EOS-1D X Mark III akan tersedia di pertengahan bulan Februari 2020 dengan harga jual US$6499 atau sekitar 90 juta Rupiah.

Spesifikasi Canon EOS-1D X Mark III

Sensor
Full Frame CMOS 20 megapixel dengan filter low pass
ProsesorCanon DIGIC X
ISO
Auto, 100-102400 (expands to 50-819200)
Autofocus
Contrast Detect (sensor)
Phase Detect
Multi-area
Center
Selective single-point
Tracking
Single
Continuous
Touch
Face Detection
Live View
Layar
sentuh 3.2 inci, 2.100.000 titik
Continuos drive20.0 fps
Video
MPEG-4, H.264, H.265
Kartu memori
Dual CFexpress type B
Dimensi
158 x 168 x 83 mm
Bobot1440 g
Verified by MonsterInsights