SPECIAL REPORT: Gadget & teknologi masa depan dari CES 2020


Review Samsung Galaxy Tab S6: Tablet Android Terbaik untuk Produktivitas dan Hiburan

3.8
Cek Harga

Samsung merupakan satu dari sedikit nama yang masih rajin meluncurkan tablet berbasis Android terbaru. Bahkan, untuk pasar Indonesia Samsung menyajikan pilihan yang cukup lengkap. Mulai dari tablet entry-level hingga yang premium seperti Galaxy Tab S6 semua ada.

Ya, Galaxy Tab S6 merupakan produk flagship Samsung di ranah tablet. Bukan cuma menawarkan spesifikasi kelas atas, perangkat ini dibekali sederet fitur yang akan memudahkan Anda untuk bekerja, berkreasi, hingga menikmati hiburan. Penasaran seperti apa kecanggihannya? Yuk, langsung saja simak ulasan kami:

Bodi tipis dan dukungan Bookcover Keyboard

Samsung Galaxy Tab S6 masih mengedepankan konsep desain yang bisa dibilang sederhana dan lebih menonjolkan kesan elegan. Bodinya cukup ramping untuk ukuran tablet 10,5 inci berkat bezel yang tipis di sekeliling layar. Ketebalannya hanya 5,7 inci saja. Sangat tipis!

Review Samsung Galaxy Tab S6: Tablet Android Terbaik untuk Produktivitas dan Hiburan 11

Dengan bobot 420 gram, Galaxy Tab S6 adalah tablet yang ideal untuk diajak bepergian. Ketika kami memasukkannya ke dalam tas pun perangkat ini tidak memakan banyak tempat. Ditambah dengan Bookcover Keyboard, Galaxy Tab S6 cocok untuk Anda yang malas membawa laptop karena berat.

Keyboard cover ini dijual terpisah dengan harga Rp2.199.000. Cukup mahal memang. Tapi dari segi fungsinya, keyboard cover cukup memudahkan kami membereskan pekerjaan secara mobile. Tombol-tombolnya lumayan nyaman untuk mengetik, meski menurut kami agak kecil dan rapat karena tentunya harus menyesuaikan dimensinya dengan ukuran tablet. Bahkan, keyboard cover tersebut juga memiliki touchpad.

Review Samsung Galaxy Tab S6: Tablet Android Terbaik untuk Produktivitas dan Hiburan 12

Ketika keyboard cover terpasang tentunya Galaxy Tab S6 akan tampak lebih tebal. Namun sisi positifnya, keyboard cover ini memiliki stand yang memungkinkan penggunaan layaknya laptop. Untuk memasangnya juga mudah dan daya rekatnya kuat sehingga tidak mudah lepas.

Review Samsung Galaxy Tab S6: Tablet Android Terbaik untuk Produktivitas dan Hiburan 13

Kembali ke tablet, dari segi material, Galaxy Tab S6 mengusung perpaduan metal dan kaca. Pada bagian belakangnya ada lokasi khusus untuk menempatkan S Pen stylus dengan bantuan magnet. Pada saat terhubung dengan magnet itulah Galaxy Tab S6 sekaligus mengisi daya S Pen secara wireless.

Review Samsung Galaxy Tab S6: Tablet Android Terbaik untuk Produktivitas dan Hiburan 14

Pada bagian belakang pula Anda akan menemukan dua buah kamera yang kini posisinya ada di pojok, tepat di atas S Pen. Selain itu, Galaxy Tab S6 juga memiliki 4 buah speaker yang terbagi masing-masing dua di setiap sisinya, port USB Type-C, slot SIM-card, dan slot microSD.

Perlu diketahui bahwa varian warna yang kami uji di artikel kali ini adalah Mountain Gray. Samsung juga menyediakan dua opsi warna lainnya yang bisa Anda pilih, yakni Cloud Blue dan Rose Blush. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan selera Anda.

Layar lebar, asyik untuk nonton film

Galaxy Tab S6 dibekali layar Super AMOLED berukuran 10,5 inci dengan resolusi 2560 x 1600 pixel dan aspect ratio 16:10. Secara keseluruhan kualitasnya sangat baik dengan reproduksi warna yang terlihat begitu memanjakan mata.

Review Samsung Galaxy Tab S6: Tablet Android Terbaik untuk Produktivitas dan Hiburan 15

Bagi kami, hal yang paling menyenangkan dari layar Galaxy Tab S6 adalah ketika digunakan untuk menonton film dengan resolusi tinggi. Selain itu, layar Galaxy Tab S6 juga punya tingkat kecerahan yang bisa diandalkan untuk penggunaan di luar ruangan, bahkan ketika sinar matahari bersinar cerah.

Pada layar ini pula Anda akan menemukan sensor sidik jari untuk membuka kunci. Dari sektor audio, keempat speaker yang terpasang merupakan racikan AKG. Kemampuan audionya tidak perlu diragukan lagi. Apalagi, sudah ada dukungan Dolby Atmos.

S Pen dan DeX

Satu hal yang mungkin akan sangat disukai oleh Anda para pekerja kreatif, S Pen pada Galaxy Tab S6 memiliki fitur yang kurang lebih sama dengan Galaxy Note10. Tapi keuntungannya, dengan Galaxy Tab S6 Anda punya kanvas yang lebih besar untuk berkarya.

Fitur-fitur baru yang ada di Galaxy Note10 juga hadir di sini. Sebut saja Air Action untuk mengambil gambar dan mengendalikan konten multimedia tanpa perlu menyentuh tablet. Ada pula fitur untuk mengubah S Pen menjadi tombol shutter saat ingin memotret. Semua dimungkinkan karena S Pen pada Galaxy Tab S6 telah berbasis Bluetooth.

Review Samsung Galaxy Tab S6: Tablet Android Terbaik untuk Produktivitas dan Hiburan 16

Anda juga dapat langsung menulis sesuatu dengan S Pen di tengah-tengah kegiatan lainnya, misalnya saat sedang menonton film. Ketika terpikir ide yang brilian, Anda cukup mengambil S Pen dan secara otomatis aplikasi Notes akan muncul dalam sebuah window yang transparan untuk memudahkan Anda menuangkan ide tersebut tanpa harus berhenti menonton film.

Tapi perlu digarisbawahi, S Pen ini menggunakan baterai yang bisa bertahan selam kurang lebih 10 jam (standby). Untuk mengisi dayanya, cukup tempatkan kembali di area magnetic pada Galaxy Tab S6 dan hanya butuh waktu sekitar 10 menit hingga baterai terisi penuh.

Beralih ke Samsung DeX, bagi yang belum tahu ini adalah mode untuk mengubah tampilan layaknya desktop pada PC. Bukan cuma tampilannya saja, beberapa fungsi standar yang biasa Anda temukan pada PC pun tersedia, misalnya meng-copy atau memindahkan file secara drag and drop.

Review Samsung Galaxy Tab S6: Tablet Android Terbaik untuk Produktivitas dan Hiburan 17

Pengguna Galaxy Tab S6 dengan Samsung DeX akan jauh lebih optimal jika Anda sudah memiliki Bookcover Keyboard. Apalagi, pada keyboard tersebut ada tombol shortcut yang akan membawa Anda langsung ke mode DeX dengan cepat.

Hardware yang bertenaga

Dari sektor performa, Galaxy Tab S6 dipersenjatai SoC kencang garapan Qualcomm, yakni Snapdragon 855, yang ditemani RAM 6 GB serta memori internal 128 GB. Perpaduan yang amat memadai untuk berbagai kebutuhan, termasuk untuk main games. Seperti diketahui, Snapdragon 855 adalah salah satu chipset paling kencang dari Qualcomm saat ini.

Benar saja. Selama kami menggunakan Galaxy Tab S6 tidak ada kendala dari segi performa. Kinerjanya amat mulus. Melakukan multitasking pun berjalan lancar. Untuk main game berat seperti Fornite bukan masalah. Untuk editing foto maupun video pun nyaman.

Review Samsung Galaxy Tab S6: Tablet Android Terbaik untuk Produktivitas dan Hiburan 18

Sedikit membahas sektor fotografi, di belakang ada kamera ganda yang terdiri dari 13 megapixel + kamera kedua dengan lensa ultra-wide 123 derajat. Untuk selfie, ada kamera 8 megapixel ultra-wide di depan. Untuk urusan keamanan pengguna bias memanfaatkan sensor sidik jari yang tersembunyi di dalam layar.

Baterai lumayan awet

Samsung membekali Galaxy Tab S6 dengan baterai berkapasitas 7.040 mAh. Menurut mereka, baterai sebesar memungkinkan pengguna untuk menonton video dan konten streaming favorit hingga 15 jam. Faktanya memang baterai Galaxy Tab S6 cukup awet. Untuk menemani aktivitas kami sehari-hari, tablet ini bisa menyala selama kurang lebih 10 jam (terhubung ke WiFi saja).

Review Samsung Galaxy Tab S6: Tablet Android Terbaik untuk Produktivitas dan Hiburan 19

Kesimpulan

Untuk sekarang, menurut kami Galaxy Tab S6 adalah tablet Android terbaik yang bisa Anda beli secara resmi di Indonesia. Performa mantap, layar memuaskan, dan dukungan produktivitas yang tinggi berkat S Pen, Bookcover Keyboard, serta DeX, merupakan sederet alasan yang wajib Anda pertimbangkan untuk meminangnya.

Review Samsung Galaxy Tab S6: Tablet Android Terbaik untuk Produktivitas dan Hiburan 20

Dibanderol Rp11.999.000, Galaxy Tab S6 cocok untuk Anda yang mencari perangkat alternatif pengganti laptop untuk menemani bekerja dan berkarya kapanpun dan di manapun. Sekadar mengingatkan,Bookcover keyboard dijual terpisah dengan harga Rp2.199.000.

Yang Canggih:

  • Bodi ramping dan mudah dibawa bepergian
  • Kualitas layar amat baik
  • Audio didukung 4 speaker AKG
  • S Pen dengan fungsi yang sama dengan Galaxy Note10
  • Samsung DeX untuk mode penggunaan layaknya PC
  • Bookcover keyboard mengoptimalkan fungsinya sebagai alternatif laptop
  • Performa kencang dengan Snapdragon 855
  • Baterai cukup awet

Yang Kurang:

  • Tidak ada port audio jack 3.5mm
  • Bookcover keyboard tidak ada backlit, agak sulit untuk mengetik di tempat gelap
  • Harga tablet ditambah Bookcover keyboard relatif mahal
Samsung Galaxy Tab S6
3.8
Cek Harga

Beri komentar

Baca juga
Review Samsung Galaxy Tab S6: Tablet Android Terbaik untuk Produktivitas dan Hiburan 21
Microsoft Perkenalkan Aplikasi Office Terbaru untuk Android dan iOS