Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Berminat dengan Samsung Galaxy Note10+? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Sebagai smartphone paling canggih yang dimiliki Samsung saat ini, tidak heran kalau Galaxy Note10+ menjadi dambaan banyak pengguna. Pasalnya, selain menawarkan hardware terbaik di kelasnya, Galaxy Note10+ punya banyak fitur yang amat menarik khususnya bagi para konten kreator.

Tentunya dengan harga mulai dari 16 jutaan rupiah, akan banyak pertimbangan yang harus dilalui sebelum memastikan untuk meminangnya. Nah, jika Anda termasuk orang yang masih bimbang, yuk kita simak dulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari Galaxy Note10+:

Yang Canggih:

1. Desain premium dan cukup ramping

Galaxy Note10 dan Galaxy Note10 4

Galaxy Note10+ tampil premium dengan frame berbahan metal hingga Gorilla Glass yang melapisi bagian depan dan belakang. Ada beberapa pilihan warna yang menawan, mulai dari Aura Black, Aura White, dan yang terbaru, Aura Glow yang mampu memantulkan rangkaian warna pelangi.

Samsung semakin jago membenamkan layar yang besar ke dalam bodi yang ramping. Edge screen yang melengkung di sisi kiri dan kanan turut membantu menciptakan bezel yang lebih tipis. Bezel pada bagian atas dan bawah juga dipangkas. Hasilnya, Galaxy Note10+ tetap nyaman untuk digenggam dengan satu tangan.

2. Kualitas layar amat memuaskan

Galaxy Note10
Galaxy Note10

Galaxy Note10+ mengusung layar berukuran 6,8 inci yang membentang dengan aspect ratio 19:9. Ukuran terbesar dari sepanjang sejarah seri Note. Resolusinya tajam, 1440 x 3040 pixel dengan kerapatan mencapai 498ppi. Canggihnya lagi, layar ini sudah mendukung HDR10+ dan Dynamic Tone Mapping untuk menampilkan konten dengan apik.

Secara keseluruhan layar Galaxy Note10+ terasa sangat memuaskan dan memanjakan mata. Berbagai konten seperti foto, video, hingga games terlihat maksimal dan akurasi warnanya patut diacungi jempol. Tingkat kecerahan layarnya juga amat baik, sehingga tidak ada masalah jika Anda berada di bawah sinar matahari yang terik.

3. S Pen semakin canggih

Galaxy Note10 dan Galaxy Note10 1

S Pen pada Galaxy Note10+ dibekali sensor accelerometer dan gyroscope sehingga bisa digunakan sebagai motion controller. Keberadaan dua sensor baru tersebut memungkinkan Anda untuk melakukan navigasi hanya dengan menggerakkan S Pen dari jauh. Kalau Anda pernah menonton film Harry Potter, kurang lebih cara pengoperasian mirip dengan ketika Harry mengayunkan tongkat sihirnya.

Misalnya saat membuka aplikasi kamera, cukup ayunkan S Pen ke kiri dan kanan untuk mengganti mode pemotretan, atau ke atas dan bawah untuk beralih ke kamera selfie atau sebaliknya. Sementara memutar S Pen searah jarum jam akan mengubah angle kamera. Fitur yang amat menarik dan mungkin di nantinya bisa dimanfaatkan lebih jauh untuk gaming.

4. Kualitas kamera termasuk salah satu yang terbaik di kelasnya

Galaxy Note10+ menawarkan konfigurasi kamera yang terdiri dari 12 megapixel dual-aperture f/1.5 dan f/2.4 dengan OIS, kamera 12 megapixel telephoto 2x optical zoom juga dengan dukungan OIS, dan kamera 16 megapixel ultra-wide angle. Khusus untuk versi Plus ini, ada tambahan 3D ToF sensor untuk depth of field. Sementara kamera selfie-nya 10 megapixel.

Galaxy Note10 Indonesia 3

 

Kualitas fotonya tidak perlu diragukan lagi. Termasuk salah satu yang terbaik di kelasnya, baik pada kondisi cahaya ideal maupun low light. Kerennya lagi, kamera Galaxy Note10+ bisa menampilkan panduan untuk menghasilkan komposisi foto yang paling bagus.

5. Advanced Super Steady cocok untuk yang gemar membuat konten video

Untuk Anda yang gemar merekam dan membuat cinematic video, kamera Galaxy Note10 series didukung Advanced Super Steady untuk menjaga kestabilan gambar. Bahkan di kondisi yang cukup ekstrim seperti merekam sambil berlari, video yang dihasilkan tetap stabil.

6. Performa kencang untuk semua kebutuhan

Galaxy Note10+ dibekali chipset baru Exynos 9825 dengan RAM hingga 12 GB, dan memori internal mulai dari 256 GB hingga 512 GB. Kombinasi yang sudah sewajarnya ditemukan pada perangkat flagship, dan pastinya menjanjikan performa mumpuni untuk berbagai kebutuhan.

Galaxy Note10 4

Kinerja Galaxy Note10+ amat mulus dan tidak pernah kami temukan masalah yang mengganggu. Untuk gaming pun lancar. Game-game seperti PUBG Mobile, Asphalt 9, hingga Call of Duty Mobile semua bisa dijalankan di setting grafis tinggi dengan frame rate yang stabil.

Kerennya lagi, dengan hardware yang bertenaga Samsung Galaxy Note10+ menawarkan kemudahan untuk melakukan editing secara cepat. Saya mencoba menyunting video menggunakan aplikasi Adobe Premiere Rush. Selama meng-edit, performa Galaxy Note10+ terasa begitu responsif. Menambahkan beragam efek dan layer juga tidak menghambat kinerjanya. Proses rendering pun berlangsung cukup cepat.

7. Daya tahan baterai oke, sudah didukung fast charging 45W

Samsung membekali Galaxy Note10+ dengan baterai 4.300 mAh. Cukup besar untuk ukuran perangkat flagship yang pada umumnya sangat menjaga estetika desain dan tidak ingin bodi menjadi terlalu tebal. Dengan kapasitas seperti ini, Galaxy Note10+ dapat menemani aktivitas kami sejak pagi hingga malam hari. Selain itu, Galaxy Note10+ didukung teknologi 45W Super Fast Charging. Hanya dengan melakukan charging selama 30 menit, baterai Galaxy Note10+ sudah terisi hingga sekitar 70 persen.

Galaxy Note10 5G

Yang Kurang:

1. Bodi licin dan mudah kotor oleh bekas

Walaupun terlihat premium, ada satu hal yang kurang kami suka. Galaxy Note10+ adalah perangkat yang licin. Ya, benar-benar licin. Sering kami berhadapan dengan kondisi Galaxy Note10+ nyaris lepas dari genggaman. Solusinya adalah pasang casing. Wajib! Solusi yang sama untuk bodi belakangnya yang mudah kotor oleh bekas jari.

2. Tidak ada port audio jack 3.5mm

Galaxy Note10+ tidak memiliki port audio jack 3.5mm. Ini artinya, Anda yang memiliki headphone favorit wajib menjadi converter untuk menghubungkannya ke port USB Type-C.

Galaxy Note10 Consumer Launch Indonesia 2

3. Posisi tombol power ada di kiri, kurang nyaman untuk yang biasa menggenggam dengan tangan kanan

Perlu diketahui bahwa pada Galaxy Note10+, tombol power dan pengaturan volume semua dipindahkan ke sebelah kiri. Bagi kami yang lebih terbiasa mengoperasikan smartphone dengan tangan kanan, menggapai tombol-tombol tesebut terkadang terasa cukup menyebalkan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Galaxy Note10+. Sekadar opini tambahan, menurut kami perangkat ini juga cocok menjadi target belanja bagi Anda pengguna Galaxy Note9 yang ingin melakukan upgrade.

Back to top button