Homepage Review Review Realme XT : Smartphone Pertama Realme dengan Kamera 64 Megapixel

Review Realme XT : Smartphone Pertama Realme dengan Kamera 64 Megapixel

4.2

Setelah meluncurkan Realme X bulan Agustus silam, kini kita kedatangan Realme XT. Sebagai catatan, Realme XT bukanlah pengganti seri Realme X. Sebaliknya, XT hadir sebagai alternatif antara Realme 5 Pro dan Realme X.

Ada beberapa perubahan yang dibawa Realme XT. Pertama, nggak ada lagi kamera pop-up di depan. Sebagai gantinya ada notch atau poni berdesain waterdrop yang mungil di layar bagian atas.

Desain lebih ringkas

Perubahan yang paling mencolok ada di bagian belakang. Sama seperti Realme 5 Pro, Realme XT telah dibekali fitur quad-camera atau empat kamera yang ditempatkan di ujung kiri belakang. Perubahan desain ini membuatnya mirip seperti Realme 5 Pro dengan bodi lebih tipis, tapi minus sensor sidik jari di belakang.

Review Realme XT :  Smartphone Pertama Realme dengan Kamera 64 Megapixel 1

Ini karena Realme XT menggunakan sensor sidik jari di bawah layar seperti Realme X. Menggunakan pemindai sidik jari optik terbaru Goodix 3.0, respons sensor sidik jari di layarnya juga meningkat. Kunci layar bisa dibuka lebih cepat dengan akurasi lebih baik dibanding sensor sidik jari generasi sebelumnya.

Hal ini juga berarti Realme XT menggunakan layar AMOLED, yang warnanya lebih kinclong saat memutar video dan memainkan game. Layar Super AMOLED berukuran 6,4 incinya hadir dengan resolusi Full HD+. Bingkai layarnya juga amat tipis. Layarnya juga sudah dilapisi Gorilla Glass 5 yang membuatnya lebih tahan terhadap benturan.

Gaming lancar

Review Realme XT :  Smartphone Pertama Realme dengan Kamera 64 Megapixel 2

Bicara soal main game dan kegiatan hiburan lain, Realme XT sudah dilengkapi chipset Qualcomm Snapdragon 712 AIE, RAM 8GB dan memori internal 128GB.

Review Realme XT :  Smartphone Pertama Realme dengan Kamera 64 Megapixel 3 Selain itu, Realme XT juga dilengkapi fitur HyperBoost 2.0 yang meningkatkan respons layar dan menjaga game berjalan mulus. Juga ada mode Do Not Disturb agar pengguna tidak terganggu saat main game.

Dalam praktiknya, kedua fitur ini ternyata cukup efektif. Maka tidak heran jika performa Realme XT saat bermain game amat baik. Beragam game populer terbaru, seperti Mario Kart Tour dan Call of Duty Mobile, dapat berjalan lancar di ponsel ini.

Navigasi menu juga lancar, begitu juga saat membuka beberapa aplikasi sekaligus tanpa menutupnya. RAM 8GB juga berperan memberi pengalaman pengguna yang nyaman saat kita beralih antar aplikasi.

Selain performanya kencang, Realme XT juga dilengkapi baterai yang tahan lama. Dari pengujian, Realme XT dapat dipakai hingga 14 jam dengan pola pemakaian sering foto-foto, aktif sosial media dan chat, serta sesekali main game. Pengisian baterai juga dapat dituntaskan dengan cepat. Dengan VOOC Flash Charge 3.0, baterai Realme XT bisa terisi penuh dalam waktu 80 menit.

Quad camera dengan kamera utama 64 megapixel

Satu fitur unggulan yang ditawarkan Realme XT ada di kamera belakang. Inilah smartphone Realme pertama dengan kamera 64 megapixel. Bahkan Realme XT juga merupakan smartphone dengan kamera 64 megapixel pertama yan dijual resmi di Indonesia.

Review Realme XT :  Smartphone Pertama Realme dengan Kamera 64 Megapixel 4

Selain itu juga ada kamera dengan lensa ultra lebar, kamera monokrom 2 megapixel,serta kamera ultra macro 2 megapixel. Persis seperti konfigurasi kamera belakang Realme 5 Pro.

Untuk kamera utama, Realme XT mengandalkan sensor gambar Samsung ISOCELL Bright GW1. Sensor ini menggunakan teknologi piksel Tetracell 4 in 1 untuk menggabungkan empat piksel yang berdekatan menjadi satu piksel berukuran lebih besar.

Dari pengujian kami, nyaris tidak ada perbedaan kualitas hasil foto di mode 64 megapixel dan 16 megapixel. Jika kondisi cahaya meredup atau malam hari, hasil foto 16 megapixel akan lebih baik mengingat ukuran piksel tunggalnya yang lebih besar.

realme XT 64 megapixel

Keuntungan foto dengan megapixel tinggi biasanya baru akan terasa jika foto dicetak ukuran ekstra besar atau ditampilkan di monitor layar lebar. Untuk detil dan ketajaman, nyaris tidak ada perbedaan jika kita hanya melihatnya di layar ponsel. Satu hal yang perlu diingat, ukuran file foto 64 megapixel akan lebih besar hampir 3x ukuran file foto 16 megapixel.

Beralih ke pemotretan di malam hari, Realme mengandalkan mode Nightscape.
Hasilnya cukup oke. Detil pada area shadow terangkat dan detil pada area highlight tetap terlihat dan tidak overexposed. Sayangnya ketajaman gambar akan menurun, apalagi jika tangan agak bergetar saat memotret. Berikut contoh foto dalam mode Nightscape.

IMG20191011180800

IMG20191011180041

Tidak hanya kamera utamanya, kamera ultra-wide Realme XT juga bisa menggunakan mode pemotretan malam hari ini.

IMG20191011180615

Bicara soal kamera ultra-wide, hasil fotonya cukup bagus jika di kondisi cahaya ideal di siang hari. Namun kualitas hasil foto kamera ekstra lebar ini menurun saat memotret di kondisi minim cahaya atau saat malam hari tanpa mode Nightscape.

ultra wide realme xt

IMG20191011180326

Untuk mode portrait, pemisahan antara subyek dan latar yang jadi blur alias bokeh cukup baik. Subyek terlihat tajam dengan efek bokeh di latar yang halus dan tidak berlebihan. Hasil yang optimal akan bisa dicapai dengan catatan jarak subyek ke latar cukup jauh. Sayangnya, saat kondisi cahaya matahari bersinar terang dari samping, foto langsung terlihat kemerahan. Semoga hal ini bisa diatasi di update firmware selanjutnya. Berikut hasil foto dengan mode portrait. (klik di gambar untuk file asli)

IMG20191014164524

IMG20191014161854

Bagi yang suka memotret benda kecil seperti mainan, kamera makro realme XT dapat memotret dari jarak 4cm. Dalam praktiknya, jarak ini amat dekat dan akan sulit melihat apakah fokus yang didapat sesuai dengan keinginan. Apalagi resolusinya cuma 2 megapixel. Hanya cukup untuk dilihat di layar ponsel tanpa di zoom.

macro 2mp

Dari pengujian, kami lebih memilih memotret dalam mode 16 megapixel biasa dan melakukan cropping.

Untuk swafoto alias selfie, kamera depan Realme XT juga handal. Efek Beautify yang bisa diatur sukses membuat subyek lebih cantik alami. Berikut hasil foto kamera depan Realme XT.

IMG20191014164153

IMG20191014163205

IMG20191014164225

Tidak hanya foto, realme XT juga bisa merekam video 4K yang keren di kondisi cahaya ideal.

4K video

Yang menarik, smartphone kelas menengah ini juga bisa merekam video slow-motion atau video gerak lambat hingga 960 fps.

Slow motion 960fps

Memang sih, adegan yang direkam hanya beberapa detik. Tapi fitur ini masih jarang ditemukan di smartphone di kelas harga 3 – 4 jutaan rupiah.
Juga ada opsi video 240 fps yang tidak dibatasi waktu. Perlu diperhatikan hasil video gerak lambat akan membuat durasi molor dengan ukuran video yang besar.

Pilihan menarik untuk smartphone di kelas 3 jutaan rupiah

Realme XT merupakan contoh sempurna betapa fitur baru tidak harus dimulai dari smartphone flagship yang biasa memiliki bandrol harga premium. Walaupun termasuk fitur yang bagus, tambahan kamera 64 megapixel hanya akan terasa perbedaannya jika hasil foto dicetak besar atau dinikmati di layar ukuran besar.

Di luar itu, banyak hal yang kami sukai dari Realme XT. Mulai dari hasil fotonya yang oke, fitur night mode yang beneran bagus di malam hari, serta video 4K dan slow motion yang kece, yang berpadu menjadi sebuah smartphone handal untuk pengguna harian.

Ditunjang dengan performa kencang, desain keren, layar yang bagus, serta harga relatif terjangkau, Realme XT wajib dipertimbangkan semua pengguna yang memiliki dana sekitar 3 juta rupiah.

Yang Canggih:
+ Bodi tipis dengan bingkai layar minimalis
+ Layar AMOLED tajam dengan warna cemerlang
+ Kinerja cepat, termasuk untuk gaming
+ Respons sensor sidik jari cepat
+ Hasil foto kamera utamanya bagus di kondisi cahaya ideal
+ Hasil foto kamera depan amat baik, termasuk saat menantang backlight
+ Efek bokeh di portrait mode termasuk rapi untuk ponsel di kelasnya
+ Nightscape bisa dipakai untuk kamera ultra-wide
+ Dapat merekam video 4K
+ Pilihan perekaman video slow-motion lengkap
+ Pengisian baterai cepat
+ Daya tahan baterai lama, cukup untuk sebagian besar pengguna
+ Harga termasuk murah untuk spesifikasinya

Yang Kurang:
– Hasil foto dari kamera ultra lebar masih jauh dari kamera utama
– Detil pada foto malam hari berkurang signifikan, termasuk saat menggunakan mode Nightscape
– Hasil foto 64 megapixel tidak memberikan perbedaan kualitas detil jika hanya dilihat di layar ponsel
– Sidik jari mudah menempel di bodi belakang
– Lensa kamera menonjol dan mudah tergores jika diletakkan di meja tanpa case
– Kamera ultra macro kurang berguna dengan jarak fokus amat terbatas.

Tidak butuh waktu lama bagi realme untuk melepas produk kece ini ke pasaran. Tepat pada hari peluncurannya, tanggal 23 Oktober 2019, realme juga menggelar penjualan pertama realme XT di online.

Smartphone hebat di kelas 3 jutaan rupiah
Banyak hal yang kami sukai dari Realme XT.

Mulai dari hasil fotonya yang oke, fitur night mode yang bagus di malam hari, serta video 4K dan slow motion kece, yang berpadu menjadi sebuah smartphone handal untuk pengguna harian.

Ditunjang dengan performa kencang, desain keren, layar yang bagus, serta harga relatif terjangkau, Realme XT wajib dipertimbangkan semua pengguna yang memiliki dana sekitar 3 juta rupiah.

4.2

Beri komentar