Homepage Mobile Gadget Smartphone Review Vivo V17 Pro: Smartphone dengan 4 Kamera Belakang dan 2 Kamera...

Review Vivo V17 Pro: Smartphone dengan 4 Kamera Belakang dan 2 Kamera Selfie

3.7
Cek Harga

Menjelang akhir tahun 2019, pasar smartphone di Indonesia mulai diramaikan dengan perangkat yang memiliki 4 kamera belakang. Vivo V17 Pro adalah satu di antaranya. Namun berbeda dengan para pesaingnya, V17 Pro punya keunikan pada konfigurasi kamera depan yang mengusung lensa ganda dengan sistem pop-up.

Penasaran seperti apa kecanggihan yang ditawarkan Vivo V17 Pro? Langsung saja simak ulasan lengkap kami:

Bodi panjang dan cukup berat

Pertama kali menggenggam Vivo V17 Pro, kami langsung merasa bahwa ini perangkat yang cukup besar. Layarnya memang masih berukuran standar ponsel masa kini, 6,44 inci, tapi bodinya tergolong tebal dibanding smartphone kebanyakan, apalagi bila ditambahkan casing. Jika melihat lembar spesifikasi, Vivo V17 Pro memiliki dimensi 159 x 74,7 x 9,8 mm.

Review Vivo V17 Pro: Smartphone dengan 4 Kamera Belakang dan 2 Kamera Selfie 1

Dari segi pengoperasian, bentuk bodinya yang memanjang (20:9) membuat kami agak sulit menjangkau bagian atas layar ketika ingin membuka jendela notifikasi. Akan jauh lebih mudah jika Anda mengoperasikan smartphone ini dengan dua tangan. Bobotnya juga lumayan berat, 202 gram, dan terkadang terasa kurang nyaman untuk dimasukkan ke saku celana. Tentunya hal itu turut dipengaruhi oleh kapasitas baterainya yang jumbo.

Review Vivo V17 Pro: Smartphone dengan 4 Kamera Belakang dan 2 Kamera Selfie 2

Dari segi desain, Vivo V17 Pro masih terlihat cukup elegan dengan lapisan kaca di bagian belakangnya. Ada dua pilihan warna yang tersedia, yakni Satin Black seperti pada review kami kali ini, dan Silk White. Kami merasa warna Satin Black sedikit membosankan, tapi cocok untuk Anda yang ingin tampil kalem. Namun jika Anda suka terlihat menonjol, Silk White adalah opsi yang lebih menarik.

Review Vivo V17 Pro: Smartphone dengan 4 Kamera Belakang dan 2 Kamera Selfie 3

Di bagian belakang, Anda akan menemukan 4 kamera yang disusun secara vertikal dan posisinya berada tepat di tengah. Entah bagaimana dengan Anda, tapi kami pribadi lebih suka jika kamera sepanjang ini disusun di pojok atas. Selebihnya tidak ada apa-apa di belakang selain logo Vivo. Sensor sidik jari? Ada di dalam layar.

Sementara di depan Anda akan disuguhkan layar penuh dengan bezel yang tipis di kiri, kanan, atas, maupun bawah. Tidak ada poni pada layar. Seperti disebutkan di atas, Vivo V17 Pro mengadopsi sistem kamera selfie pop-up yang tersembunyi dan baru akan muncul ketika dibutuhkan.

Review Vivo V17 Pro: Smartphone dengan 4 Kamera Belakang dan 2 Kamera Selfie 4

Pada sisi sebelah kanan Anda akan menemukan tombol power beserta pengaturan volume. Di sebelah kiri ada Smart Button untuk memanggil asisten digital. Slot yang tersedia hanya ada dua dan keduanya untuk SIM-card, tidak ada slot microSD. Berbeda dengan generasi sebelumnya, kini V17 Pro sudah menggunakan port USB Type-C. Ya, akhirnya USB Type-C.

Review Vivo V17 Pro: Smartphone dengan 4 Kamera Belakang dan 2 Kamera Selfie 5

Masalah klasik yakni bodi yang mudah kotor oleh sidik jari tidak terlalu mengganggu di sini, tapi agar lebih aman, silakan memasang casing. Ngomong-ngomong soal casing, kami sangat mengapresiasi langkah Vivo yang menghadirkan casing bawaan dengan kualitas yang bagus dalam paket penjualannya.

Kepuasan menikmati suguhan multimedia

Vivo V17 Pro menawarkan layar Ultimate All Screen Super AMOLED 6,44 inci Full HD+ dengan aspect ratio 20:9. Sama seperti panel serupa di smartphone lainnya, konten yang ditampilkan pada layar ini terlihat sedap dipandang dengan warna-warna yang memanjakan mata.

Review Vivo V17 Pro: Smartphone dengan 4 Kamera Belakang dan 2 Kamera Selfie 6

Bentang layarnya yang penuh tanpa poni dan bezelnya yang tipis di sekelilingnya juga mampu memberikan pengalaman menonton yang lebih imersif. Dan perlu diketahui, layar Vivo V17 Pro sudah E3 OLED dengan color gamut 100 persen DCI-P3.

Untuk menjaga mata pengguna agar tidak cepat lelah, layar Vivo V17 Pro diklaim mampumenyaring 42 persen cahaya biru. Yang pasti, layar tersebut juga telah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland yang artinya lebih aman untuk mata meski digunakan dalam durasi yang lama.

Selain itu, penggunaan panel Super AMOLED juga memungkinkan Vivo menghadirkan fitur Always-On Display yang dapat menyajikan informasi penting seperti jam, tanggal, dan notifikasi meski layar utama mati. Menariknya lagi, layar Vivo V17 Pro juga sudah mendukung sertifikasi Widevine L1 sehingga ideal untuk menonton konten Hi-Res dari platform streaming seperti Netflix.

FunTouch OS terbaru dengan Dark Mode

Vivo V17 Pro mengadopsi sistem operasi FunTouch OS 9.1 berbasis Android Pie. Ini adalah versi yang paling baru dan sudah memiliki Dark Mode. Bagi Anda yang belum tahu, Dark Mode adalah fitur yang akan mengubah tema pada antarmuka menjadi gelap atau hitam. Dengan begitu, layar akan tampak lebih nyaman di mata khususnya jika Anda menggunakan smartphone di malam hari.

Untuk fitur bawaannya, V17 Pro tetap menyediakan beragam hal menarik seperti Ultra Game Mode untuk mengoptimalkan pengalaman gaming, App Clone untuk kloning aplikasi, Motorbike Mode, hingga asisten virtual Jovi. Asyiknya lagi, Anda juga dapat memanfaatkan fitur S-Capture untuk mengakses fungsi screen recording, long screenshot, dan sebagainya.

Review Vivo V17 Pro: Smartphone dengan 4 Kamera Belakang dan 2 Kamera Selfie 7

Sedikit membahas Screen Touch ID alias sensor sidik jarinya yang tersembunyi di balik layar, sama seperti generasi sebelumnya kami tidak menemukan masalah berarti dalam penggunaan sehari-hari. Sensornya bekerja dengan baik dan mampu mendeteksi jari kami secara cepat dan akurat. Mantap!

4 Kamera belakang + 2 kamera selfie

Review Vivo V17 Pro: Smartphone dengan 4 Kamera Belakang dan 2 Kamera Selfie 8

Vivo V17 Pro kembali mengandalkan sektor fotografi sebagai nilai jual utamanya. Anda akan menemukan konfigurasi 4 kamera belakang yang terdiri dari 48 megapixel f/1.8, 8 megapixel super wide angle, 2 megapixel depth sensor, dan 2 megapixel super macro camera. Penawaran yang bisa dibilang cukup komplit.

Untuk yang gemar swafoto, V17 Pro tampil menggiurkan dengan dual pop-up selfie camera yang diklaim sebagai yang pertama di Indonesia. Sesuai namanya, ada dua kamera depan yang tersembunyi dalam bodi dan baru muncul ketika dibutuhkan. Kedua kamera tersebut adalah 32 megapixel dan 8 megapixel super wide angle.

Review Vivo V17 Pro: Smartphone dengan 4 Kamera Belakang dan 2 Kamera Selfie 9

Ada banyak mode yang bisa dipilih ketika Anda memotret dengan kamera belakang. Mulai dari mode 48 megapixel yang sesuai namanya untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal, mode Pro untuk pengaturan manual, Jovi untuk mendeteksi dan melakukan penelusuran terkait objek di depan kamera, dan pastinya Night Mode.

Anda juga bisa beralih dari lensa yang satu ke lensa lainnya dengan mudah. Hasil fotonya? Secara keseluruhan amat baik di kelasnya. Kamera utama mampu menangkap gambar dengan tajam dan warnanya pun natural. Kamera 48 megapixel ini juga sudah didukung EIS, jadi cukup berguna untuk meredam guncangan dan menghasilkan video yang lebih stabil.

Hasil Foto Vivo V17 Pro (5)

Hasil Foto Vivo V17 Pro (12)

Hasil Foto Vivo V17 Pro (1)

Hasil Foto Vivo V17 Pro (8)

Kami harus memberikan acungan jempol untuk kemampuan kamera V17 Pro ketika memotret di kondisi low light. Hasil fotonya bagus dan terang, namun tidak berlebihan. Keberadaan Night Mode juga amat membantu ketika lokasi pemotretan benar-benar minim cahaya. Good job, Vivo!

Hasil Foto Vivo V17 Pro (14)

Hasil Foto Vivo V17 Pro (3)

Selain itu, hasil foto dengan kamera ultra wide pun tergolong apik, terutama di kondisi cahaya yang memadai. Untuk depth sensor? Cukup oke untuk menciptakan efek bokeh yang rapi. Sementara Ultra Macro menurut kami masih semacam gimmick saja. Agak sulit mendapatkan hasil yang tajam untuk memotret dari jarak dekat.

Hasil Foto Vivo V17 Pro (20)

Hasil Foto Vivo V17 Pro (17)

Vivo V17 Pro Selfie (1)

Beralih ke kamera selfie, seperti biasa, hasil fotonya masih khas Vivo. Tajam, dynamic range-nya baik, dan ada teknologi beauty yang akan membuat wajah Anda lebih halus, putih, tapi menurut kami agak berlebihan. Kami kurang suka dan biasanya kami non-aktifkan. Untuk kamera keduanya dengan lensa wide, tentunya ini menjadi keuntungan tersendiri ketika Anda ingin selfie dengan background pemandangan yang luas.

Performa cukup untuk kebutuhan gaming

Lanjut ke sektor performa, Vivo V17 Pro dipersenjatai SoC Qualcomm Snapdragon 675 yang ditemani RAM 8 GB dan memori internal 128 GB (tidak ada slot microSD). Kombinasi yang di atas kertas sudah mencukupi untuk memberikan kinerja yang mulus di semua kebutuhan, termasuk gaming.

Kami sudah mencoba menjalankan beberapa game seperti Asphalt 9 yang bisa dimainkan dengan lancar, serta Call of Duty Mobile yang juga mulus tanpa kendala. Dengan catatan, Anda memainkan COD Mobile di setting grafis High dan frame rate High. Kalau Anda tingkatkan grafis dan frame rate-nya ke Very High apalagi Max, fps akan turun dan kurang nyaman dimainkan.

Secara keseluruhan V17 Pro memang masih memadai untuk bermain game. Namun menurut kami, akan lebih menarik jika Vivo mengganti SoC-nya ke seri yang lebih tinggi, mengingat Snapdragon 675 adalah chipset yang sama yang mereka gunakan di V15 Pro. Biar terasa peningkatannya, setuju?

Untuk lebih menggambarkan seperti apa performa dari Vivo V17 Pro, berikut kami sajikan beberapa hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark:

Baterai tahan lama

Vivo V17 Pro dibekali baterai berkapasitas 4.100 mAh. Cukup besar dan sejauh pengujian kami, mampu menemani aktivitas yang padat dari pagi hingga malam hari. Untuk penggunaan yang lebih intens pun masih oke. Cocok untuk Anda yang gemar bermain games di smartphone.

Asyiknya lagi, V17 Pro telah didukung teknologi Dual-Engine Fast Charging. Pengisian daya untuk baterai sebesar 4.100 mAh tergolong cukup cepat, meski belum bisa dibilang yang paling kencang, yakni sekitar 2 jam 15 menit dari kondisi baterai di bawah 10 persen.

Review Vivo V17 Pro: Smartphone dengan 4 Kamera Belakang dan 2 Kamera Selfie 10

Kesimpulan

Vivo V17 Pro menawarkan cukup banyak peningkatan dari generasi sebelumnya, terutama untuk urusan fotografi. Anda yang gemar memotret menggunakan smartphone disuguhkan paket yang menurut kami cukup komplit, dengan kemampuan yang juga bagus di kelasnya. Hardware lainnya seperti layar yang memuaskan dan baterai yang tahan lama juga menjadi nilai plus tersendiri.

Dibanderol Rp5.699.000, Vivo V17 Pro cocok untuk Anda yang mencari perangkat kelas mid-end dengan kemampuan fotografi mumpuni dan asyik untuk menunjang kebutuhan multimedia.

Yang Canggih:

  • Layar mantap, asyik untuk menonton video dan bermain games
  • Kemampuan kamera cukup menonjol di kelasnya
  • Dual pop-up selfie camera dengan lensa wide
  • Performa memadai untuk berbagai kebutuhan
  • Screen Touch ID responsif dan akurat
  • Baterai tahan lama
  • Paket penjualan dilengkapi casing dengan kualitas yang bagus

Yang Kurang:

  • Tidak ada slot microSD
  • Belum didukung NFC
  • Bodi cukup gemuk dan berbobot
Cocok untuk Anda yang mencari perangkat kelas mid-end dengan kemampuan fotografi mumpuni

3.7
Cek Harga

Beri komentar