Homepage Mobile Gadget Mengenal Teknologi eSIM pada iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11...

Mengenal Teknologi eSIM pada iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max

Apple telah secara resmi memperkenalkan iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max beberapa waktu yang lalu. Perlu diketahui bahwa sederet perangkat ini sudah didukung teknologi eSIM. Apa sebenarnya eSIM dan bagaimana cara menggunakannya? Yuk, kita kenali lebih jauh!

Bukan SIM-card fisik

Mengenal Teknologi eSIM pada iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max 1

Anda yang selalu mengikuti perkembangan iPhone pasti sudah pernah mendengar istilah eSIM sebelumnya. Ya, teknologi tersebut memang telah dibenamkan oleh Apple sejak tahun lalu, ketika memperkenalkan iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR.

Pada dasarnya, eSIM (embedded SIM) punya satu perbedaan utama dengan SIM-card biasa. Untuk menggunakan eSIM, Anda sama sekali tidak memerlukan SIM-card fisik. Mengutip dari Pocket-Lint, singkatnya, eSIM merupakan chip mungil yang tertanam di dalam iPhone dan cara kerjanya kurang lebih mirip dengan chip NFC.

Informasi yang ada pada eSIM sifatnya bisa ditulis ulang alias diganti. Artinya, Anda bisa mengganti nomor eSIM dari satu operator ke operator lainnya, selama operator yang Anda pilih memang sudah mendukung teknologi eSIM.

Mengenal Teknologi eSIM pada iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max 2
Sumber: Telekom.com

Nah, yang harus digarisbawahi, keberadaan eSIM tidak serta merta menghilangkan slot SIM-card fisik. iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone lainnya yang mendukung eSIM tetap memiliki satu slot nano SIM-card. eSIM adalah sebuah opsi jika Anda ingin mengaktifkan dua nomor sekaligus di iPhone.

Kenapa harus eSIM? Dengan teknologi ini, Apple tidak harus menyediakan dua buah slot fisik sekaligus untuk menunjang fungsi Dual-SIM. Bisa jadi, di masa yang akan datang mungkin semua sudah mengandalkan eSIM dan tidak ada slot fisik lagi. Konon, dengan eSIM produsen bisa merancang bodi yang lebih tipis, atau mengalihkan ruang yang tadinya dipakai untuk slot SIM-card tersebut ke kebutuhan lainnya.

Operator dengan dukungan eSIM di Indonesia

eSIM bisa dibilang masih menjadi teknologi yang lumayan baru. Karena itu, belum semua operator di dunia sudah mengadopsinya sebagai bagian dari layanan mereka. Di Indonesia sendiri, eSIM tergolong cukup langka. Saat ini, hanya Smartfren yang sudah siap menawarkan layanan eSIM secara komersial dan bisa langsung Anda dapatkan di berbagai gerai resmi mereka.

Beri komentar