Home Liputan Dukung Developer Lokal, Xiaomi Gelar MIDC 2019 di Indonesia

Dukung Developer Lokal, Xiaomi Gelar MIDC 2019 di Indonesia

Xiaomi pada Rabu (4/9) menggelar Mi Developer Conference (MIDC) 2019 di Indonesia. Dalam acara tersebut Xiaomi mengungkapkan beberapa keuntungan bagi startup dan developer lokal saat berkarya dengan ekosistem Xiaomi.

Distribusi aplikasi lewat GetApps

Dukung Developer Lokal, Xiaomi Gelar MIDC 2019 di Indonesia 1

Menurut Xiaomi, tantangan terbesar bagi developer ketika meluncurkan aplikasi baru adalah mendapatkan daya tarik. Untuk itu, Xiaomi menyediakan GetApps (sebelumnya Mi Apps Store) yang merupakan platform selain Google Play untuk mempromosikan produk mereka.

Xiaomi mengklaim, setelah satu tahun di Indonesia, GetApps memiliki 1,7 juta pengguna aktif harian. Bukan cuma memiliki jumlah pengguna yang besar, GetApps juga menawarkan bonus-bonus perdagangan dan berbagai strategi dalam mempromosikan aplikasinya.

Dengan beragam keuntungan tersebut, Xiaomi mengajak developer dari Indonesia untuk mendistribusikan aplikasi buatan mereka melalui GetApps. Bahkan, dalam setengah tahun ini, GetApps meluncurkan “Seagull Project” ntuk mendukung pengembang lokal dan startup dengan memberikan penghargaan, menampilkan aplikasi di halaman awal, menerbitkan ulasan-ulasan, dan sebagainya.

Pengguna MIUI tembus 24 juta di Indonesia

Dukung Developer Lokal, Xiaomi Gelar MIDC 2019 di Indonesia 2

Pada kesempatan yang sama, Xiaomi juga mengumumkan sistem operasi berbasis Android racikannya, MIUI, telah memiliki lebih dari 24 juta pengguna aktif di Indonesia. Informasi menarik lainnya, menurut Xiaomi saat ini ada 71,66 juta pengguna aktif harian ponsel Xiaomi yang merupakan gamers, dengan rata-rata 6,65 juta penambahan pengguna baru harian. Ini merupakan peluang yang besar bagi para developer games untuk mendistribusikan karya mereka.

Untuk memungkinkan lebih banyak pengguna menikmati game, Xiaomi telah membangun strategi distribusi game yang inovatif yang menggabungkan saluran promosi tradisional (Google Play dan App Store) dengan platform milik Xiaomi dan pembayaran terintegrasi dan solusi monetisasi.

Mint Games, sebuah laboratorium distribusi untuk game kasual dan indie telah diluncurkan oleh Xiaomi. Menyerahkan game pada platform ini memungkinkan pengembang untuk transisi dari pengembangan bisnis ke profitabilitas dengan cara yang mudah dan mulus.

Dukung Developer Lokal, Xiaomi Gelar MIDC 2019 di Indonesia 3
Yossie Dwi Pranantohttps://www.yangcanggih.com
Penggemar game dan musik ini adalah Channel Editor untuk Mobile Gadget.