Homepage Mobile Gadget Huawei Perkenalkan HarmonyOS, Sistem Operasi Baru untuk Smartphone

Huawei Perkenalkan HarmonyOS, Sistem Operasi Baru untuk Smartphone

Dalam acara bertajuk Huawei Developers Conference di China, Huawei memperkenalkan sistem operasi terbarunya garapan mereka sendiri yang diberi nama HarmonyOS. Menurut Huawei, OS ini ditujukan untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet, serta perangkat pintar lainnya seperti jam tangan, TV, dan sebagainya.

Janjikan kinerja cepat dan ringan

Huawei Perkenalkan HarmonyOS, Sistem Operasi Baru untuk Smartphone 1

HarmonyOS adalah sistem operasi berbasis microkernel yang artinya akan menggunakan resource seminimal mungkin. Yang menarik, konsep seperti ini diklaim menjanjikan kinerja yang cepat dan ringan, serta level latency yang lebih rendah 25,7 persen.

Dengan mengadopsi arsitektur terdistribusi dan teknologi virtual bus yang terdistribusi, OS open-source ini menawarkan wadah komunikasi bersama, manajemen data terdistribusi, jadwal tugas terdistribusi, dan peripheral virtual.

Yang menarik, menurut Huawei aplikasi yang dibangun di dalam HarmonyOS dapat dijalankan di perangkat yang berbeda, dengan pengalaman penggunaan yang sama di berbagai perangkat tersebut.

HarmonyOS menggunakan TEE (Trusted Execution Environment) untuk meningkatkan sistem keamanan di semua perangkat. Selain itu, OS ini mendukung beragam bahasa programming seperti C/, C++, Java, JavaScript dan Kotlin.

Gantikan Android?

Kehadiran HarmonyOS tidak berarti akan menggantikan peran Android yang selama ini digunakan di lini smartphone Huawei. Perangkat garapan Huawei untuk beberapa tahun ke depan masih akan mengandalkan Android, sembari Huawei terus menyempurnakan HarmonyOS.