Quantcast
Game RoomMobile GadgetNewsSmartphone

MediaTek Umumkan Helio G90 Series, SoC Gaming dengan Teknologi HyperEngine

MediaTek mengumumkan kehadiran duo SoC terbarunya yang masuk dalam kategori flagship, yakni Helio G90 Series. Yang menarik, lini chipset tersebut merupakan lini pertama dari MediaTek yang dirancang khusus untuk gaming.

Teknologi HyperEngine

MediaTek Helio G90

Menurut MediaTek, ada dua varian SoC terbaru mereka yang hadir lewat seri ini, antara lain Helio G90 dan Helio G90T. Meski begitu, tidak ada penjelasan lebih rinci apa yang membedakan keduanya.

Yang pasti, kedua chipset ini mengandalkan CPU octa-core 64-bit dengan kombinasi ARM Cortex A76 dan Cortex A55 berkecepatan hingga 2.05 GHz. Sementara untuk urusan grafis, Helio G90 Series dipersenjatai GPU Mali-G76 3EEMC4 800 MHz. SoC tersebut juga bisa dipasangkan dengan LPDDR4 hingga 10 GB.

Lalu, apa yang membuat Helio G90 Series disebut sebagai SoC Gaming? MediaTek membenamkan teknologi anyar bernama HyperEngine, yang diklaim membantu mendongkrak tampilan grafis lewat dukungan HDR10, koneksi yang bagus, serta pengalaman gaming yang lebih baik.

Helio G90 Series secara otomatis akan menyesuaikan sambungan internet antara koneksi seluler atau WiFi, dengan mendeteksi mana yang mampu memberikan kecepatan dan stabilitas lebih baik. Jadi ketika WiFi terasa lambat saat bermain game online, chipset ini akan langsung menggunakan jaringan LTE sebagai backup. Bahkan, Helio G90 Series juga mampu terhubung ke dua router WiFi sekaligus!

HyperEngine juga membantu mengoptimalkan performa CPU dan GPU agar frame rate tampil lebih mulus. Bukan cuma itu, Helio G90 Series dibekali fitur bernama Rapid Response Engine untuk membuat layar sentuh terasa lebih responsif.

Dari sektor fotografi, chipset ini memungkinkan konfigurasi kamera tunggal hingga resolusi 64 megapixel, atau kamera ganda 24 megapixel + 16 megapixel. Dukungan seperti AI Facial Detection dan Night Shot juga tersedia.

Kapan bakal dirilis ke pasaran?

Dengan peluncuran Helio G90 Series tentunya diharapkan nantinya akan ada ponsel gaming yang mengadopsi chipset ini dan bisa dijual dengan harga lebih terjangkau. Meski begitu, belum ada bocoran kapan smartphone pertama dengan Helio G90 Series akan dirilis ke pasaran.

Back to top button