[Hands-On] Mencoba Samsung Galaxy M30, Smartphone dengan Triple Camera dan Baterai 5.000 mAh

Samsung belum lama ini meluncurkan smartphone terbarunya dari keluarga M-series, yakni Galaxy M30. Dibanderol dengan harga yang lebih mahal dari Galaxy M20, Galaxy M30 dibekali beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh saudaranya itu.

Dalam acara peluncuran di Jakarta pekan lalu, kami berkesempatan mencoba langsung seperti apa pengalaman yang ditawarkan oleh smartphone seharga 3 jutaan rupiah ini. Yuk, simak kesan pertama kami:

Tampil lebih menawan dengan warna gradasi

svg%3E

Jika Galaxy M20 tampil dengan warna solid yaitu Charcoal Black dan Ocean Blue, Galaxy M30 menyajikan eksterior yang lebih menawan dengan sedikit kombinasi warna gradasi seperti kebanyakan smartphone masa kini.

Ada dua varian yang tersedia, antara lain Gradation Blue dan Gradation Black. Yang ada di artikel ini adalah Gradation Blue. Seperti yang bisa Anda lihat, bagian atasnya berwarna biru agak gelap yang tampak kalem, dan sebagian di bawahnya lebih kehitaman.

Dari segi desain sesungguhnya tidak banyak perbedaan antara Galaxy M30 dengan Galaxy M20. Hanya saja, di bagian belakang kini susunan kameranya bertambah satu menjadi triple-camera. Sensor sidik jari tetap di belakang di atas logo Samsung.

svg%3E

Beralih ke depan, Galaxy M30 menyajikan layar Infinity-U dengan ukuran yang sedikit lebih besar, yakni 6,4 inci Full HD+. Yang menarik, panel yang dipasangkan pada smartphone ini sudah Super AMOLED, yang tentunya menjanjikan tampilan yang lebih cerah dengan warna yang memanjakan mata.

Dari segi pengoperasian, Galaxy M30 terasa nyaman di genggaman tangan. Materialnya masih plastik ber-finishing glossy di belakang dan dilapisi kaca di depan. Dimensinya ideal dan tidak tebal, serta memiliki bobot 174 gram yang membuatnya terasa pas untuk dimasukkan ke dalam saku celana.

svg%3E

svg%3E

Galaxy M30 sudah menggunakan port USB Type-C. Selain itu, smartphone ini juga memiliki dua slot SIM-card dan satu slot microSD terdedikasi yang bisa menampung hingga 1 TB.

Tiga kamera dan baterai jumbo

Peningkatan lainnya ada pada sektor kamera. Galaxy M30 dipersenjatai konfigurasi triple-camera di belakang, yang terdiri dari 13 megapixel f/1.9, 5 megapixel f/2.2 ultra-wide 123 derajat, dan 5 megapixel sebagai depth sensor. Sementara untuk selfie, kamera depannya memiliki resolusi 16 megapixel

Kami sempat mencoba kamera ini di lokasi acara, dengan kondisi cahaya yang memadai hasil yang didapat sekilas tergolong lumayan di kelas harganya. Keberadaan lensa ultra-wide membuatnya menarik karena memberikan opsi untuk menghadirkan perspektif yang berbeda saat memotret.

Hasil foto Galaxy M30 (5)

Hasil foto Galaxy M30 (2)

Hasil foto Galaxy M30 (4)

Beralih ke sektor performa, Galaxy M30 mengandalkan SoC Exynos 7904 octa-core dengan GPU Mali G71-MP2, yang ditemani dengan RAM sebesar 4 GB dan memori internal 64 GB. Chipset-nya memang sama dengan Galaxy M20, tapi RAM dan memori internalnya lebih besar.

Baterai yang menjadi nilai jual utama tetap berukuran jumbo, 5.000 mAh, dan sudah dilengkapi teknologi fast charging 15W untuk pengisian daya yang lebih cepat. Tidak dijelaskan seberapa cepat kemampuan fast charging-nya. Namun apabila sama dengan Galaxy M20, kurang lebih butuh waktu sekitar 2,5 jam untuk dapat terisi penuh.

Kesimpulan awal

Galaxy M30 seolah menyempurnakan sajian yang ditawarkan Samsung sebelumnya lewat Galaxy M20. Segala nilai plus yang ada pada Galaxy M20 juga ada di sini, tapi lebih ditingkatkan di beberapa sektor seperti layar, kamera, dan tentunya desain.

Dengan harga 3,3 juta rupiah, Galaxy M30 punya potensi kuat untuk bersaing dengan berbagai smartphone dari produsen China yang membanjiri ranah tersebut. Bagaimana dengan Anda? Tertarik membeli Galaxy M30?