Raspberry Pi 4 Model B: Komputer Mikro Kencang yang Mendukung Video 4K 60fps

Raspberry Pi kini hadir dalam varian baru yang menawarkan beberapa peningkatan menarik. Disebut Raspberry Pi 4 Model B, perangkat ini menjanjikan performa yang lebih bertenaga.

SoC lebih kencang, bisa putar video 4K 60fps

Jika melihat penampilannya sekilas, Raspberry Pi 4 Model B terlihat mirip dengan pendahulunya yakni Raspberry Pi 3 Model B+. Meski begitu, sekarang ada dua port USB 3.0 dan dua port USB 2.0, port USB-C untuk power, serta Bluetooth yang di-upgrade menjadi Bluetooth 5.0.

Tidak hanya itu, Raspberry Pi 4 Model B juga tak lagi memiliki port HDMI. Sebagai gantinya, ada dua port micro-HDMI. SoC yang ditanamkan kini lebih kencang dengan arsitektur Cortex-A72, quad-core 64-bit ARMv8 1.5 GHz.

SoC tersebut mendukung hardware video decoding H.265. Yang tidak kalah menarik, Raspberry Pi 4 Model B memungkinkan pengguna memutar video dengan resolusi 4K di 60fps.

Sebelumnya Raspberry Pi dikenal memiliki kapasitas RAM yang kecil, yakni sekitar 1 GB. Di versi barunya, opsi dengan RAM 1 GB masih ada tapi pengguna juga disuguhkan pilihan RAM 2 GB atau bahkan 4 GB LPDDR4.

Harga tetap terjangkau

Walaupun hadir dengan beragam peningkatan yang menarik, Raspberry Pi 4 Model B tetap dijual dengan harga yang terjangkau. Untuk varian paling bawah dengan RAM 1 GB, harganya hanya US$35 atau sekitar 500 ribu rupiah. Sedangkan yang paling tinggi dengan RAM 4 GB dibanderol US$55 atau sekitar 780 ribu rupiah.

Baca juga
Inilah Manfaat Teknologi AI di Kamera Ponsel Menurut Realme