Quantcast
e-commerceNews

JD 618 Festival 2019: Cara Inovatif E-Commerce Mapan Meningkatkan Penjualan

Bulan Juni menjadi bulan yang keramat bagi JD.com. Pada bulan ini, perusahaan e-commerce B2C asal Tiongkok tersebut mengadakan ajang jualan online, 618, dengan beragam penawaran menarik dari berbagai brand rekanannya. Di Tiongkok, JD.com dikenal sebagai e-commerce terbesar untuk kategori produk rumahan dan elektronik, serta bahan makanan. Selain itu, JD.com juga dikenal sebagai e-commerce yang menjamin keaslian produk yang dijualnya.

Meningkat pesat

Untuk tahun 2019, ajang 618 berlangsung dari tanggal 1 Juni hingga 18 Juni 2019. Menurut laporan dari JD.com, ajang 618 tahun 2019 ini mencatatkan beberapa rekor baru.

JD.com 618 achievement

Tercatat peningkatan jumlah pemesanan dan total nilai transaksi (GMV atau Gross Merchandise Value). JD.com mencatat kenaikan 26,6% untuk nilai GMV, melonjak dari 159,2 milyar RMB menjadi 201,5 milyar RMB (sekitar 411 trilyun rupiah). Untuk smartphone, peningkatan penjualan melewati 100% dibandingkan tahun lalu.

Peningkatan ini digerakkan oleh konsumen di kota kecil dan menengah (3rd & 4th tier-cities), yang menunjukkan minat akan brand yang populer di kota besar. Volume transaksi di kota-kota kecil tersebut juga lebih tinggi 2 kali lipat dibandingkan angka pertumbuhan JD.com.

Inovasi berbelanja online ala JD.com

Penggerak lain atas prestasi di festival 618 ini adalah dari inovasi pemasaran JD.com yang disebut Consumer-to-Manufacturer(C2M). Dengan memanfaatkan big data dan masukan dari konsumen, program C2M ini akan dapat menghasilkan produk yang lebih pas dengan konsumen.

Untuk ajang 618 tahun ini, tercatat peningkatan volume transaksi hingga 289% dibandingkan tahun lalu untuk produk baru dan produk C2M. Contohnya; 1 dari 3 monitor yang dijual adalah produk C2M. Bahkan HP juga mendapatkan peningkatan penjualan hingga 100% untuk produknya yang masuk dalam kategori C2M.

jd.com presentasi

Untuk kategori gadget lain yang juga laris di festival ini, tercatat Apple dan Huawei yang meraup peningkatan penjualan lebih dari 200 persen. Selain dua brand tersebut, Xiaomi, OPPO, dan Vivo juga menikmati kenaikan penjualan yang signifikan selama ajang 618.

Inovasi berikut yang diberikan oleh JD.com ada pada sistem logistik. Untuk beberapa kategori produk, JD.com berusaha mengirim produk dalam 30 menit dari pusat pengiriman hingga sampai ke pintu rumah pemesannya. Menurut catatan, 91% pemesanan berhasil dikirim pada hari yang sama atau keesokan harinya.

Pada festival 618 tahun 2019 ini, layanan konsumen berbasis robot milik JD.com menerima lebih dari 32 juta pertanyaan. Sekitar 90% pertanyaan tersebut dapat diselesaikan secara mandiri oleh robot, sehingga meringankan beban petugas layanan konsumen yang menangani pertanyaan lebih kompleks.

Belum ada informasi pasti apakah festival 618 akan juga hadir di Indonesia. Tapi jika skala bisnis e-commerce di Indonesia sudah mencapai tingkat yang memungkinkan, tentunya keseruan festival belanja online seperti ini akan mudah dinikmati oleh konsumen Indonesia.

Back to top button