Home News Hasselblad X1D II 50C: Kamera Medium Format yang Responsif dengan Harga Relatif...

Hasselblad X1D II 50C: Kamera Medium Format yang Responsif dengan Harga Relatif Murah

Resmi diumumkan 3 tahun silam Hasselblad X1D berhasil menjadi kamera mirrorless medium format pertama di dunia yang paling ringkas. Kini, Hasselblad X1D resmi digantikan lewat kehadiran Hasselblad X1D II 50C. Selain membawa pembaruan, kabar baiknya harga jual Hasselblad X1D II 50C juga lebih terjangkau dari generasi pertamanya.

Hasselblad X1D II 50C: Kamera Medium Format yang Responsif dengan Harga Relatif Murah 1

Sensor dan bodi masih sama

Hasselblad X1D II 50C: Kamera Medium Format yang Responsif dengan Harga Relatif Murah 2
Hasselblad X1D II 50C masih tetap hadir dengan desain bodi dan sensor yang sama seperti Hasselblad X1D. Untuk memotret kamera ini mengandalkan sensor CMOS medium format yang resolusinya 50 megapixel. Sensor yang 1,7x ukurannya lebih besar dari sensor full frame 35mm ini menawarkan pengaturan ISO dari ISO 100 hingga 25,600 dan cakupan rentang dinamis hingga 14-stop.

Prosesor baru

Hasselblad X1D II 50C: Kamera Medium Format yang Responsif dengan Harga Relatif Murah 3
Yang membedakan Hasselblad X1D dan Hasselblad X1D II 50C adalah sektor prosesornya. Hasselblad X1D II 50C dibekali prosesor baru yang diklaim lebih cepat. Berkat prosesor terbarunya ini Hasselblad X1D II 50C menawarkan waktu start-up yang 46% lebih cepat. Shutter lag dan jeda antar tiap jepretan foto juga lebih singkat. Selain itu, kecepatan memotret tanpa hentinya juga turut meningkat hingga 2.7 fps. Pembaruan lain kemudian bisa terlihat di antarmukanya. Hasselblad X1D II 50C hadir dengan antar muka dengan menu baru yang lebih intuitif, mudah diakses dan tetap fungsional.

Resolusi layar dan jendela bidik ditingkatkan

Hasselblad X1D II 50C: Kamera Medium Format yang Responsif dengan Harga Relatif Murah 4

Menurut Hasselblad, Hasselblad X1D II 50C adalah kamera mirrorless medium format dengan layar paling besar saat ini. Layarnya yang berukuran 3,6 inci tersebut kini resolusinya 1024 x 768 pixel dengan jumlah total titik hingga 2.36 juta. Lebih baik jika dibandingkan generasi pertamanya yang layarnya hanya mengemas 920,000 titik. Sementara untuk jendela bidiknya juga turut diperbarui karena membawa jumlah titik lebih banyak hingga 3.69 juta titik dengan pembesaran 0.87x. Selain itu Refresh rate di jendela bidiknya juga turut meningkat menjadi 60fps.

Hasselblad X1D II 50C: Kamera Medium Format yang Responsif dengan Harga Relatif Murah 5

Untuk fitur lain, Hasselblad X1D II 50C kini juga bisa langsung memotret foto dengan format JPEG di resolusi penuh, dilengkapi modul GPS dan aplikasi Phocus Mobile 2 menawarkan alur kerja yagn lebih cepat karena bisa memungkinkan fotografer untuk menghubungkan Hasselblad X1D II 50C ke iPad lewat USB-C atau Wi-Fi untuk memindahkan foto RAW dan JPEG.

Hasselblad X1D II 50C saat ini sudah bisa di pre-order dengan harga US$5750 dan akan mulai tersedia di bulan Juli 2019. Harganya ini lebih murah jika dibandingkan Hasselblad X1D yang harga jualnya US$8995 saat pertama kali diumumkan.

Hasselblad X1D II 50C: Kamera Medium Format yang Responsif dengan Harga Relatif Murah 6
Renhard Harjantohttps://www.yangcanggih.com
Menulis tentang gadget sejak tahun 2011, Renhard amat gandrung dengan berbagai teknologi tercanggih, mulai dari smartphone, tablet, komputer, hingga fotografi dan videografi.