Mobile GadgetNewsSmartphone

Inilah Sederet Fitur Unggulan Terbaru di iOS 13

Pada ajang WWDC 2019 beberapa waktu yang lalu, Apple mengumumkan sistem operasi terbarunya yang tak lain merupakan penerus dari iOS 12, yakni iOS 13. Tentunya ada berbagai perubahan dan tambahan fitur baru yang ditawarkannya. Apa saja?

Dark Mode

Dark Mode adalah fitur yang memang telah lama digosipkan bakal hadir di iOS 13. Intinya, sesuai namanya ini adalah mode yang akan membuat layar iPhone terlihat gelap agar setiap elemen pada layar dapat lebih nyaman dipandang oleh mata. Nantinya fitur ini dapat diaktifkan secara otomatis setiap harinya sesuai dengan waktu yang diatur oleh pengguna.

Fungsi swipe pada keyboard dan kustomisasi Memoji

Hal baru lainnya yang ada pada iOS 13 adalah dukungan fungsi swipe pada keyboard, dengan harapan dapat mempermudah dan mempercepat proses mengetik. Fitur yang sesungguhnya sudah sangat umum ditemui pada keyboard lain seperti Gboard atau Swiftkey.

Pengguna juga disuguhkan kustomisasi Memoji terbaru dengan beraga pilihan gaya rambut, makeup, dan aksesori lainnya. Asyiknya lagi, Memoji secara otomatis akan menjadi sticker yang bisa diakses dari keyboard, sehingga bisa dikirim ke pengguna lain lewat Messages, Mail, atau aplikasi pihak ketiga.

Maps dengan Street View

Di iOS 13 aplikasi Apple Maps akan memiliki fitur yang mirip dengan Google Street View. Meski begitu, pengguna harus lebih bersabar karena di tahun 2019 Apple baru menghadirkannya di pasar Amerika Serikat saja. Ketersediaan secara global dijanjikan pada tahun 2020 mendatang.

Editing foto dan video yang lebih powerful

Untuk pengguna yang gemar menyunting konten buatannya sebelum diunggah ke media sosial, iOS 13 menyediakan tools model baru untuk memudahkan proses editing foto. Selain itu, hampir semua tools dan efek yang digunakan di foto juga bisa untuk editing video, termasuk rotate, crop, auto enhance, white balance, saturation, dan sebagainya.

iPhone mana yang akan mendapatkan update?

Bisa dibilang masih cukup banyak pembaruan lainnya yang disajikan Apple lewat iOS 13, termasuk dalam hal peningkatan privasi, kemampuan menarik file dari memori eksternal, hingga dukungan terhadap Siri.

Namun yang paling penting, kapan iOS 13 dirilis dan iPhone mana saja yang akan menerima update sistem operasi? Menurut Apple, semua versi iPhone mulai dari iPhone 6s ke atas bakal mendapatkan update iOS 13. dalam beberapa bulan ke depan. Artinya ini merupakan kabar kurang menyenangkan bagi mereka para pengguna iPhone lawas seperti iPhone 6 dan iPhone 5s.

Related Articles

Back to top button