Apple iPadOS: Sistem Operasi Baru Khusus untuk iPad

Pada ajang Worldwide Developers Conference 2019 lalu, Apple mengumumkan kehadiran iPadOS. Sesuai namanya, ini adalah sistem operasi yang dirancang khusus untuk tablet andalan mereka tersebut.

Tampilan berbeda, multitasking lebih menarik

svg%3E

Apple menjelaskan bahwa iPadOS dibangun dengan fondasi yang sama dengan iOS. Meski begitu, OS ini akan lebih memaksimalkan berbagai aplikasi yang dirancang untuk layar multi-touch berukuran besar.

Tampilan user interface-nya berbeda dengan layout yang kini memungkinkan pengguna melihat lebih banyak pilihan aplikasi sekaligus, sehingga layar iPad terlihat penuh dan minim ruang kosong tanpa manfaat. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan pin pada widget favorit mereka di halaman depan.

Multitasking pun menjadi jauh lebih menarik. Mengusung konsep Slide Over dengan desain panel seperti susunan dek kartu, semua aplikasi yang sering digunakan akan selalu siap dipakai dan bisa langsung berpindah hanya dengan sekali geser.

Dukungan USB Drive dan SD card

svg%3E

svg%3E

Nah, ini mungkin yang sudah sangat dinantikan oleh para pengguna iPad. Pada iPad OS, Apple membenamkan dukungan terhadap USB Drive dan SD card. Pengguna bisa dengan mudah memasang flash disk atau kartu memori mereka dan mengatur file baik pada storage internal maupun eksternal.

iPadOS sendiri diklaim bakal menyajikan performa yang lebih mulus dibanding iOS 12. Menurut Apple, membuka kunci dengan Face ID menjadi 30 persen lebih responsif dan membuka aplikasi dijanjikan dua kali lipat lebih cepat.

Untuk urusan browsing, iPadOS menawarkan pengalaman browser Safari layaknya desktop. Itu artinya, pengguna tidak akan lagi melihat tampilan website versi mobile. Bahkan, nantinya ada pula tambahan fitur download manager.

svg%3E

iPad mana yang akan mendapat update?

Apple memastikan iPadOS akan dirilis sekitar musim gugur atau kuartal ketiga 2019 mendatang, dengan kemungkinan di bulan September. Versi public beta-nya sendiri bakal tersedia pada Juli 2019.

Kabar baiknya, hampir semua iPad dijanjikan menerima update iPadOS, mterasuk iPad Pro 12.9 dan iPad Mini 4 yang rilis tahun 2015. Sayangnya untuk pengguna iPad Air, iPad Mini 2, dan iPad Mini 3 harus gigit jari.