Foto & VideoKamera MirrorlessNewsPilihan

7 Keunggulan Canon EOS RP, Kamera Mirrorless Full Frame Canggih dan Termurah di 2019

Kamera mirrorless dengan sensor full frame saat ini tengah menjadi primadona di dunia fotografi. Sukses dengan kamera mirrorless full frame perdananya, Canon EOS R, Canon kini menghadirkan kamera mirrorless full frame keduanya yakni EOS RP dengan membawa beberapa keunggulan yang membuatnya wajib untuk dilirik. Berikut 7 keunggulan Canon EOS RP yang wajib Anda ketahui.

1. Kamera Mirrorless Full Frame Paling Ringan


Keunggulan pertama dari Canon EOS RP adalah desain bodinya yang sangat ringkas. Dimensi bodinya ini lebih ringkas dari Canon EOS R. Bahkan, dimensi Canon EOS RP lebih kecil jika dibandingkan dengan DSLR full frame Canon EOS 6D Mark II. Dengan bobot hanya sekitar 485 gram, Canon EOS RP berhasil menjadi kamera mirrorless paling ringkas dan ringan di lini Canon EOS.

2. Sensor Full Frame dengan kemampuan rekam video 4K

Di balik bodinya yang ringkas dan ringan, Canon EOS RP dipersenjatai sensor CMOS full frame dengan resolusi 26.2 megapixel. Dengan ukuran sensor lebih besar, kamera dengan sensor full frame akan mampu menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik dan unggul di kondisi minim cahaya jika dibandingkan dengan kamera yang menggunakan sensor APS-C.

Disokong prosesor Canon DIGIC 8, Canon EOS RP juga mumpuni untuk perekaman video. Format perekaman video yang didukungnya hingga resolusi 4K UHD pada 24p/25p dan Full HD pada 60p/50p.

Kemampuan rekam videonya turut didukung opsi pengaturan ISO 50 hingga ISO 102.400, pengaturan titik focus mengandalkan teknologi Dual Pixel CMOS AF, fitur Snap untuk merekam video klip pendek selama 4, 6 dan 8 detik di resolusi Full HD 30p/25p dan dukungan untuk output HDMI 4K (di YCC 4:2:2 8-bit signal) yang memungkinkan cuplikan film 4K untuk direkam pada perangkat eksternal.

3. Sistem Autofocus Mutakhir

Canon EOS RP mengusung teknologi Dual Pixel CMOS AF yang didukung 4779 titik fokus. Kinerja autofocus EOS RP juga handal dengan kemampuan mengunci titik fokus hanya 0,05 detik. Sistem autofocus Canon EOS RP juga bisa beroperasi di tingkat kegelapan hingga EV-5. Ini berarti Anda masih bisa menangkap fokus pada obyek meski di kondisi yang sangat gelap.

Untuk mempermudah pengguna, Canon EOS RP turut dilengkapi fitur Eye Detection AF. Menurut Canon, fitur Eye Detection di Canon EOS RP telah disempurnakan. Selain bisa digunakan untuk memotret di mode One Shot AF, fitur Eye Detection juga akan tersedia di mode Servo AF. Dengan demikian pengguna Canon EOS RP bisa tetap menghasilkan bidikan foto yang tajam dengan mempertahankan titik fokus di mata subyek meski subyek bergerak cepat.

Selain Eye Detection AF, EOS RP juga punya fitur Focus Bracketing. Berkat fitur ini kamera secara otomatis akan mengambil beberapa jepretan foto dengan jarak titik fokus yang berbeda-beda dan menghasilkan satu jepretan foto dengan depth of field (DOF) yang lebih luas. Fitur ini sangat cocok untuk pengguna yang gemar mengambil foto makro.

4. Continuous Shoot 5 fps


Agar tidak kehilangan momen berharga Anda, Canon EOS RP mampu mengambil foto tanpa henti dengan kecepatan 5 frame per detik di mode One Shot AF dan 4 fps di mode Servo AF. Cukup tangkas untuk mengabadikan subyek yang bergerak dengan cepat.

5. Layar vari angle 3-inci


Canon EOS RP membawa layar LCD Vari-angle berukuran 3 inci yang bisa diputar dan dilipat untuk menyesuaikan sudut pengambilan foto. Didukung dengan fitur sentuhan, memilih titik fokus hingga melakukan pengaturan kamera bisa dilakukan hanya dengan menyentuh layarnya saja. Lebih mudah dan praktis.

6. Dukungan Ekosistem lensa lengkap


Dibandingkan dengan kompetitornya, Canon EOS RP juga unggul di ekosistem lensa Canon RF yang lengkap. Walaupun belum lama diluncurkan, Canon EOS RP dapat menggunakan 5 lensa Canon RF yakni Canon RF 35mm f/1.8 IS Macro STM, RF 50mm f/1.2L USM, RF 24-105mm f/4L IS USM, RF 28-70mm f/2L USM dan yang terbaru RF 85mm F1.2L USM.

Di tahun 2019 ini, Canon bahkan akan menambah 5 lensa lagi di ekosistem lensa Canon RF yang terdiri dari RF 15-35mm F2.8L IS USM, RF 24-240mm F4-6.3 IS USM, RF 24-70mm F2.8L IS USM, RF 70-200mm F2.8L IS USM, dan RF 85mm F1.2L USM DS. Jika kurang, Anda bisa menggunakan lensa Canon yang memiliki mount lainnya seperti EF, EF-S, TS-E dan MP-E, dengan bantuan adapter.

7. Harga paling terjangkau


Satu hal yang paling menarik dari Canon EOS RP adalah harga jualnya yang sangat terjangkau. Dengan harga jual di kisaran 21 juta rupiah, Canon EOS RP berhasil menjadi kamera mirrorless dengan sensor full frame paling murah saat ini di pasaran.

Dengan segala kelebihannya, Canon EOS RP bisa jadi pilihan menarik bagi pengguna yang ingin beralih dari kamera DSLR atau mirrorless dengan sensor APS-C ke kamera mirrorless dengan sensor full frame tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Untuk kenyamanan Anda, pastikan Canon EOS RP yang dibeli memiliki garansi PT Datascrip selaku distributor resmi Canon di Indonesia.

Artikel ini merupakan hasil kerjasama Canon Indonesia dan YANGCANGGIH.COM untuk memberikan edukasi kepada pengguna gadget di Indonesia

Related Articles

Back to top button