KomputerLaptopReview

Review Dell XPS 15 9570: Laptop Premium Berlayar Besar yang Mementingkan Performa

4.4
Laptop 15 inci non-gaming tercanggih saat ini

Seri XPS dari Dell merupakan seri premium dengan harga yang cukup tinggi, menawarkan berbagai fitur yang diharapkan sesuai dengan harganya. Setelah resmi diluncurkan tahun lalu di bulan September, kami akhirnya berkesempatan menguji laptop premium Dell, yaitu XPS 15 9570.

Saat peluncurannya, laptop yang menyasar segmen power user ini menjanjikan banyak hal. Mulai dari sisi desain, kinerja, tampilan hingga daya tahan baterai. Apakah semua janji tersebut bisa dipenuhi? Berikut pengalaman kami menggunakannya.

Desain khas seri Dell XPS

Dengan ukuran yang sekilas terlihat bongsor, Dell XPS 15 9570 bisa menjaga ketipisan dengan ketebalan hanya 11 hingga 18mm, dan bobotnya sekitar 2 kilogram, cukup ringan untuk dibawa dalam tas atau ransel ketika bekerja di luar kantor. Tampilannya terlihat macho dengan bahan bodi terbuat dari aluminium dan serat karbon yang dilapisi warna abu-abu perak khas seri XPS. Kami sebut bongsor karena layarnya memang besar, berukuran 15,6 inci dengan resolusi 4K (3840 x 2160 pixel).

Dengan fitur yang disebut InfinityEdge, laptop dengan layar 15,6 inci ini memiliki bingkai yang sangat tipis di bagian atas dan pinggir. Untuk mencapai ketipisan bingkainya ini, Dell harus berkompromi meletakkan webcam di bagian bawah. Dengan posisi webcam di bawah layar, ini berarti Anda harus agak menunduk atau meletakkan laptop lebih tinggi saat ingin melakukan video call. Jika diposisikan seperti laptop kebanyakan, dagu Anda akan mendominasi tampilan saat menggunakan webcam.

Layar IPS 4K miliknya memiliki rasio kontras yang cukup tinggi, dan masih terlihat terang digunakan di tingkat kecerahan layar 30% sekalipun. Demikian pula halnya dengan sudut penglihatan, nyaman dalam sudut manapun. Namun kita harus berhati-hati, karena layar Dell XPS 15 9570 ini tidak bisa direbahkan hingga 180 derajat.

Keyboard dan trackpad nyaman digunakan

Beralih ke sektor keyboard, Dell melengkapinya dengan keyboard bergaya chicklet. Jarak antar tombol termasuk cukup pas bagi mereka yang memiliki jari-jari di atas normal, meminimalisir kesalahan ketik. Keyboard ini juga dilengkapi backlight, namun tingkat kecerahannya tidak bisa diatur.

Trackpad yang disediakan untuk Dell XPS 15 9570 ini memiliki ukuran yang relatif besar, dan sangat responsif, sehingga sangat nyaman ketika digunakan.
Karena keyboard dan trackpad yang sangat nyaman, kami jarang menemui kebutuhan untuk memanfaatkan layar sentuhnya. Apalagi laptop ini termasuk konvensional, bukan konvertibel.

Sayangnya, materi serat karbon yang digunakan untuk bagian palm-rest keyboard laptop ini memiliki nilai minus dan plus. Minusnya, minyak, kotoran dan keringat sangat mudah menempel di bagian ini, meskipun tidak mengurangi kenyamanan mengetik. Plusnya, tekstur membuat tangan tidak mudah “terpeleset” dari palm-rest bahkan dalam kondisi berkeringat.

Spesifikasi mumpuni

Dell XPS 15 9570 yang kami uji ini dilengkapi prosesor Intel Core i7-8750H Coffee Lake 2,2GHz, RAM DDR4 16GB, dan SSD 512GB. Untuk bagian grafis, laptop ini memiliki GPU onboard Intel UHD Graphics 630, yang cukup memadai untuk tugas-tugas standar dan multimedia dasar. Untuk tingkat lanjut, ada GPU nVidia GeForce GTX 1050 Ti 4GB dengan Max-Q. Spesifikasi yang “wah” saat ini untuk sebuah laptop dengan dimensi setipis ini.

Dipakai bekerja, Dell XPS 15 9570 bekerja sangat baik. Apalah artinya berkas-berkas Microsoft Office, semua terbuka dalam waktu singkat, dan tanpa jeda ketika disimpan. Demikian pula ketika diajak menyunting foto dan video berukuran besar, tidak ada masalah. Ruang penyimpanan SSD 512GB juga cukup luas untuk menyimpan berkas-berkas, dan jika kurang, cukup gunakan penyimpanan eksternal. Dell XPS 15 9570 bukan hanya cocok untuk bekerja, tapi juga bisa diajak bermain. Berbagai game terkini bisa dijalankan dengan mudah di setting menengah ke bawah.

Untuk hasil benchmark, berikut hasilnya.

Bagi penyuka ketenangan, kipas pendinginnya mungkin akan kurang ideal karena dalam kondisi kerja dan putaran maksimal, suaranya terdengar cukup keras. Tapi tampaknya sistem kipas dan pembuangan udara panas yang dibuat Dell untuk laptop ini cukup baik, karena meskipun dalam kondisi full-load, keyboard dan palm-rest masih tetap nyaman digunakan tanpa panas berlebih. Suatu nilai lebih bagi Dell, apalagi mengingat posisi pembuangan udara yang terletak di bagian belakang, atau menghadap bagian layar.

Dell XPS 15 9570 memiliki dua port USB 3.0, satu port HDMI, satu port USB 3.1 Type-C, slot kartu memori SD, port daya. Mengingat ketipisan laptop ini, menurut kami cukup luar biasa untuk memiliki port-port tersebut di atas. Tidak adanya port LAN (Ethernet) bukan masalah besar, karena bisa menggunakan adapter USB. Lagipula, siapa yang saat ini masih menggunakan Ethernet, kecuali di kantor?

Daya tahan baterai luar biasa

Daya tahan baterai laptop yang satu ini cukup baik. Salah satu pengujian yang kami lakukan adalah menonton film 4K berdurasi 2 jam, baterai berkurang hanya 18%. Sementara saat mengetik dengan kondisi default (backlight keyboard aktif, terhubung ke hotspot WiFi, browsing, memutar musik, tingkat kecerahan layar 50%, serta penyimpanan cloud aktif), baterai hanya berkurang 25% setelah pemakaian 2 jam.

Kami bahkan bisa mencapai 7 jam sebelum muncul peringatan baterai dari Windows. Sebuah fitur yang cukup unik di seri XPS adalah tombol dengan empat LED yang menunjukkan kapasitas batere ketika ditekan, tanpa harus menyalakan laptop.

Sebagai seri premium, Dell XPS juga dilengkapi dukungan kelas premium. Tidak hanya menyediakan otomasi untuk update driver dan sistem, Dell juga menawarkan pengujian lewat web untuk berbagai masalah, dan menyediakan bimbingan untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut.

Kesimpulan

Paduan performa kencang dan desain futuristik yang lebih ringkas di dalam sebuah laptop dengan layar 15 inci masih termasuk hal yang jarang. Apalagi ditunjang dengan daya tahan baterai yang prima dan kualitas tampilan 4K yang memukau, laptop ini akan mampu memikat siapa pun yang melihatnya.

Dengan banderol harga 36 juta rupiah, Dell XPS 15 9570 memang hanya bisa dijangkau konsumen yang terbatas. Tapi bagi mereka yang tidak bermasalah dengan harganya , Dell XPS 15 9570 akan menjadi mitra bekerja (dan juga bermain) untuk jangka panjang.

Yang Canggih:
+ Bobot ringan untuk ukuran laptop 15,6 inci
+ Kinerja kencang
+ Baterai tahan lama
+ Desain elegan dan futuristik
+ Keyboard nyaman digunakan
+ Layar tajam dan nyaman di mata

Yang Kurang :
– Palm-rest mudah kotor
– Kipas pendingin berisik
– Posisi webcam kurang ideal bagi yang suka melakukan video call

Dengan banderol harga 36 juta rupiah, Dell XPS 15 9570 memang hanya bisa dijangkau konsumen yang terbatas. Tapi bagi mereka yang tidak bermasalah dengan harganya , Dell XPS 15 9570 akan menjadi mitra bekerja (dan juga bermain) untuk jangka panjang.
4.4
Laptop 15 inci non-gaming tercanggih saat ini

Related Articles

Back to top button