Review Samsung Galaxy Watch Active: Desain Lebih Minimalis, Tetap Fungsional

Dengan diameter 40mm dimensi Samsung Galaxy Watch Active sangat pas di tangan pria atau wanita.
Ketebalannya turut dipangkas. Dengan ketebalan bodi hanya 10.5mm, Samsung Galaxy Watch Active lebih tipis jika dibandingkan Galaxy Watch yang ketebalannya 12.7mm.
Dengan strap berbahan karet silikon yang dilengkapi pin quick release, strapnya bisa dilepas pasang dengan sangat mudah.
Tersedia mode Always On yang memungkinkan layarnya terus aktif, tapi tentu saja baterainya akan lebih boros.
Elemen visualnya menonjolkan warna dan bentuk bulat yang sangat menarik
Saat terhubung ke smartphone Anda bisa menerima notifikasi yang masuk ke smartphone. Dilengkapi sensor pemantau detak jantung Samsung Galaxy Watch Active juga bisa digunakan untuk memantau kebugaran, pola tidur, tingkat stress dan aktivitas harian.
Bosan dengan tampilannya? Di aplikasinya telah tersedia beragam desain watchface baik yang gratis atau berbayar untuk menyesuaikan gaya Anda.
Samsung Galaxy Watch hanya perlu ditempatkan di panel bodi belakang Samsung Galaxy S10
Last updated:
4
Cek Harga

Tidak hanya rajin menghadirkan smartphone, Samsung juga tercatat sebagai pabrikan yang konsisten melahirkan produk wearable seperti jam tangan pintar dan gelang kebugaran. Bahkan, di tahun 2019 ini jam tangan pintar terbarunya, Samsung Galaxy Watch Active berevolusi dengan membawa cukup banyak pembaruan di segala aspek. Penasaran dengan pembaruan apa yang ditawarkan Samsung? Simak ulasannya sebagai berikut.

Desain lebih minimalis

Pembaruan pertama yang dibawa Samsung Galaxy Watch Active ada di sektor desainnya. Samsung Galaxy Watch Active adalah varian Galaxy Watch pertama Samsung yang hadir tanpa bezel. Bagian sisi kanan bodinya tersedia 2 tombol. Kedua tombol ini dirancang cukup rata dengan bodi, tapi masih relatif nyaman untuk ditekan.

Secara keseluruhan dengan diameter 40mm, desain tangguh yang lebih minimalis dan tahan air, menurut kami Galaxy Watch Active sederhana tapi tetap fungsional.

Layar sangat baik

Sektor layar juga menjadi salah satu favorit kami. Mengusung panel Super AMOLED 1.1 inci yang resolusinya 360 x 360px pixel, tampilan layarnya terlihat sangat tajam, di bawah pencahayaan yang sangat terang pun layarnya masih bisa terlihat dengan jelas. Respon layarnya dengan sentuhan jari juga amat baik dan telah diperkuat dengan lapisan Gorilla Glass 3.

Konsisten dengan Tizen OS

Samsung masih belum tergoda beralih ke sistem operasi Wear OS dari Google. Tizen OS yang dikembangakannya sendiri memang terbukti berhasil selama ini di jam tangan pintar besutannya. Walau begitu dukungan aplikasi dan ekosistem Tizen OS memang belum sebanyak Wear OS.

Di Samsung Galaxy Watch Active, Samsung juga menghadirkan antarmuka terbarunya, One UI, yang sangat sederhana dan mudah digunakan. Paduan Tizen OS dan One UI serta dukungan chipset Exynos 9110 pun berhasil memberikan pengalaman penggunaan yang terasa gegas dan responsif.

Fitur bawaan sudah mencukupi

Terlepas dari sistem operasi Tizen OS yang dijalankannya, dari pengujian kami beragam fitur bawaan jam tangan pintar ini telah mencukupi kebutuhan sehari-hari. Saat terhubung ke smartphone Anda bisa menerima notifikasi yang masuk ke smartphone. Dilengkapi sensor pemantau detak jantung Samsung Galaxy Watch Active juga bisa digunakan untuk memantau kebugaran, pola tidur, tingkat stress dan aktivitas harian.

Kemampuannya memantau detak jantung dan melacak pola tidur pun cukup akurat. Hasilnya hanya beda tipis jika dibandingkan Fitbit Versa yang biasa kami gunakan.

Selain itu tersedia dukungan GPS yang juga bisa diandalkan sebagai sistem navigasi dan tersedia dukungan asisten virtual Bixby. Samsung Galaxy Watch Active juga istimewa karena menjadi jam tangan pintar pertama Samsung yang dilengkapi sensor tekanan darah.

Semua aktivitas Anda yang terkumpul kemudian bisa ditampilkan langsung di antarmukanya. Lewat bantuan aplikasi Samsung Health di smartphone Anda juga bisa menemukan informasi yang lebih detil, mengatur tujuan olahraga, hingga mencari program latihan.

Daya tahan baterai kurang lama

Dari pengujian kami untuk pemakaian sehari-hari seperti terhubung ke smartphone, menghitung jumlah langkah kaki, dan memantau pola tidur baterainya yang berkapasitas 230 mAh bisa tahan hingga 2 hari.

Daya tahannya baterainya memang bukan yang terbaik, tapi setidaknya lebih tahan lama jika dibandingkan kebanyakan jam tangan pintar berbasis Wear OS.

Satu keunggulan lain dari Samsung Galaxy Watch Active adalah dukungan fitur pengisian baterai secara nirkabel. Jika Anda pengguna Samsung Galaxy S10, Anda bisa memanfaatkan fitur Wireless PowerShare di Galaxy S10 untuk isi ulang baterainya.

Praktenya fitur ini menurut kami cukup merepotkan. Anda harus menempatkan Samsung Galaxy Watch Active di spot yang tepat di belakang bodi Samsung Galaxy S10. Permasalahannya adalah panel belakang bodi Samsung Galaxy S10 dan bagian belakang bodi Samsung Galaxy Watch sangat licin sehingga mudah tergeser dan menyebabkan isi ulang baterai menjadi gagal.

Kesimpulan

Samsung Galaxy Watch Active adalah jam tangan pintar yang pas digunakan tangan pria dan wanita. Desain yang minimalis, bodi tahan air, layar yang sedap dipandang dan fitur yang cukup komplit menjadi keunggulan dari jam tangan pintar ini. Jika tidak keberatan dengan daya tahan baterainya yang kurang tahan lama dan harga jualnya yang berada di kisaran 3,5 juta Rupiah, Samsung Galaxy Watch Active bisa menjadi opsi yang menarik untuk Anda yang ingin memulai gaya hidup aktif.

Yang Canggih:
– Dimensi pas untuk tangan pria dan wanita
– Desain minimalis
– Bodi tahan air
– Layar amat baik
– Bobot ringan
– Strap quick release
– Fitur pemantau kebugaran amat baik
– Dilengkapi NFC
– Kompatibel dengan smartphone Android dan iOS
– Mendukung pengisian baterai nirkabel

Yang Kurang:
– Baterai kurang tahan lama
– Asisten Virtual Bixby kurang berguna

Jika tidak keberatan dengan daya tahan baterai dan harga jualnya, jam tangan pintar ini bisa menjadi opsi yang menarik untuk Anda yang ingin memulai gaya hidup aktif.
4
Cek Harga
Baca juga
Dijual Seharga 9,5 Juta Rupiah, Inilah 7 Fitur Unggulan Samsung Galaxy A80