Fresh from the oven: Video Review OPPO F11

10 Tips dan Trik Vivo V15 yang Wajib Anda Ketahui

Vivo V15 hadir di Indonesia sebagai salah satu pilihan paling menarik di kelas menengah. Perpaduan desain yang oke, performa yang bertenaga, dan kamera pop-up yang inovatif menjadi beberapa nilai jual utamanya. Dengan segala fitur menariknya tersebut, tidak heran jika Vivo V15 cukup diminati oleh masyarakat.

 

Nah, karena itu, untuk Anda yang termasuk sebagai pengguna Vivo V15, kami sudah merangkum 15 tips dan trik yang bisa Anda pelajari untuk mendukung pemakaian sehari-hari. Apa saja? Yuk, langsung saja simak:

1. Mengganti suara kamera pop-up

 

Tahukah Anda bahwa suara yang terdengar saat kamera selfie muncul dari dalam bodi bisa diganti? Ya, total ada tiga opsi suara yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera yakni Sci-Fi, Machine, dan Rhythm, serta satu opsi untuk mute alias tanpa suara.

Caranya mudah: masuk ke Settings -> pilih Sound and vibration -> pilih Camera pop-up sound -> pilih salah satu dari beberapa opsi yang ada.

2. Memotret di resolusi 24 megapixel

Vivo V15 hadir dengan AI Triple Camera yang salah satunya merupakan sensor 24 megapixel f/1.8. Secara default, kamera tersebut tidak menghasilkan foto dengan resolusi 24 megapixel. Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu jika ingin gambar yang Anda dapat benar-benar memiliki resolusi setinggi itu. Konsekuensinya, file fotonya pun juga lebih besar.

Cara mengaktifkan foto 24 megapixel: masuk ke kamera (kamera belakang) -> pilih icon Settings di pojok atas, lalu aktifkan 24M.

3. Mengaktifkan navigasi gesture

Fitur yang satu ini memungkinkan Anda menikmati layar full-screen pada Vivo V15 dengan lebih maksimal. Pasalnya, jika Anda memakai navigasi dengan sistem gesture, tiga tombol virtual di bagian bawah layar akan hilang. Tentunya Anda akan butuh adaptasi ketika pertama kali mencobanya. Tapi tenang saja, Anda bisa melihat tutorialnya terlebih dahulu saat mengaktifkan Navigation Gesture.

Caranya menggunakannya: masuk ke Settings -> pilih System navigation -> lalu pilih Navigation Gestures.

4. Shake untuk menyalakan senter

Shortcut yang satu ini terbilang menarik dan amat berguna, yaitu menyalakan senter dengan cara shake atau menggoyangkan Vivo V15. Dengan begitu, saat butuh pencahayaan ekstra, Anda tidak perlu repot mencari icon flashlight lagi.

Caranya: masuk ke Settings -> pilih Smart Motion -> lalu aktifkan Shake to turn on the flashlight.

5. Tap dua kali untuk mengaktifkan layar

Sesungguhnya ini fitur yang tergolong standar, tapi mungkin sangat berguna bagi sebagian besar pengguna. Cara mengaktifkannya: masuk ke Settings -> Smart Motion -> lalu masuk ke Smart turn on/off screen.

6. Menyimpan screenshot dengan gesture tiga jari

Terkadang kita perlu mengambil screenshot untuk menyimpan apa yang terlihat pada layar smartphone. Umumnya, cara yang digunakan pada smartphone Android adalah tekan tombol Power dan Volume Down bersamaan. Tapi di Vivo V15, Anda bisa mengambil screenshot dengan hanya menyapu layar dari bawah ke atas dengan tiga jari sekaligus.

Cara mengaktifkannya: masuk ke Settings -> pilih S-Capture -> lalu aktifkan Three fingers swipe screenshot.

7. Gesture kamera

Pada Vivo V15, secara default Anda harus menekan tombol shutter untuk bisa mengambil foto melalui aplikasi kamera. Tapi ada cara lain yang lebih ringkas, yakni dengan perintah suara (cheese) dan menunjukan telapak tangan.

Cara mengaktifkannya: masuk ke kamera -> pilih icon Settings di pojok atas -> lalu aktifkan Voice atau Palm sesuai selera Anda.

8. Merekam panggilan telepon secara otomatis

Jika Anda ingin merekam obrolan saat melakukan panggilan telepon, Vivo V15 menyediakan fitur yang saat diaktifkan secara otomatis akan menyimpan panggilan telepon tersebut dan menyimpannya di memori internal.

Cara mengaktifkannya: masuk ke Settings -> pilih System app settings -> pilih Phone -> lalu pilih Record settings -> aktifkan Record all calls automatically.

9. Tombol volume down sebagai shortcut

Anda bisa menggunakan tombol volume down sebagai shortcut untuk mengakses berbagai fitur secara cepat saat V15 dalam kondisi terkunci. Anda bisa memilih salah satu dari sekian opsi shorcut yang tersedia, mulai dari menyalakan senter, membuka kamera, hingga mengakses Facebook.

Cara menggunakannya: masuk ke Settings -> pilih Smart Click -> lalu pilih fungsi yang ingin Anda aktifkan.

10. Menampilkan persentase baterai

Ini mungkin tips yang sangat sederhana, tapi kami yakin masih ada pengguna V15 yang kebingungan. Ya, menampilkan persentase sisa baterai. Caranya: masuk ke Settings -> lalu pilih Status Bar and Notification -> pilih Battery percentage.

Bagaimana? Mudah dan cukup berguna, kan? Semoga artikel tips dan trik kali ini bisa membantu Anda memaksimalkan penggunaan Vivo V15 sehari-hari.