Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

MediaTek Ungkap Sederet Keunggulan Chipset Helio P70

MediaTek menggelar sesi khusus bersama awak media untuk menjelaskan lebih lanjut seperti apa keunggulan dari SoC andalannya, Helio P70. Hal ini tidak lain karena chipset tersebut mulai banyak digunakan oleh beberapa smartphone yang beredar di Indonesia.

Peningkatan CPU, GPU, dan AI Engine

MediaTek Indonesia 2

Bagi yang belum tahu, Helio P70 merupakan chipset yang dibekali CPU octa-core dengan konfigurasi 4-core Cortex-A73 dan 4-core Cortex A53. Untuk urusan grafis, Helio P70 mempercayakannya kepada GPU Mali-G72 MP3.

Dibanding pendahulunya, Helio P60 yang tergolong cukup sukses di pasaran, Helio P70 diklaim mengalami peningkatan pada performa CPU. Selain itu, kinerja GPU-nya disebut-sebut 13 persen lebih kencang.

MediaTek Indonesia 1

Yang tidak kalah penting, Helio P70 juga mendapatkan peningkatan pada AI Engine. Dalam acara yang digelar di Jakarta, Kamis (2/5), MediaTek menjelaskan bahwa peningkatan performa AI dari SoC ini dijanjikan 10-30 persen lebih baik dari Helio P60.

Nantinya kemampuan AI tersebut dapat mendukung banyak hal, misalnya untuk urusan efisiensi Image Classification yang mampu mendeteksi 110 gambar setiap 1 detiknya. MediaTek mengklaim, kemampuan AI dari chipset kompetitor mereka masih di bawahnya.

MediaTek Indonesia 3

Menariknya lagi, peningkatan AI pada Helio P70 akan sangat berguna untuk mendukung pekerjaan yang berhubungan dengan fotografi, seperti real-time beautification dan scene recognition.

Chipset ini punya 3-core ISP, 2-core APU, dan dukungan RAW HDR. Dengan begitu, pengguna bisa lebih mudah mendapatkan foto yang bagus di berbagai kondisi yang sulit, contohnya saat menangkap sunset dan memotret dengan background terang.

MediaTek Indonesia 4

Hingga saat ini, total sudah ada 4 smartphone dengan Helio P70 yang beredar resmi di Indonesia, antara lain OPPO F11, OPPO F11 Pro, Vivo V15, dan Realme U1. Menurut MediaTek, semua smartphone tersebut cukup sukses di pasaran.

Bukan cuma smartphone

Dalam kesempatan yang sama, MediaTek sekaligus ingin mengungkapkan bahwa chipset garapan mereka bukan cuma tersedia di smartphone. Ada banyak perangkat pintar lainnya dari brand ternama yang ditenagai oleh chip MediaTek.

Sony LF 50

Contohnya dari kategori speaker pintar seperti Sony LF-50, Amazon Echo, Amazon Echo Plus, dan masih banyak lagi. Bahkan, Joyce Hsiung selaku Director Gobal Marccom SEA MediaTek membeberkan bahwa 80-90 persen TV Sony Bravia mengandalkan chip MediaTek.

Melalui chip mereka, MediaTek punya visi ingin menghadirkan AI di mana saja. Tidak cuma pada perangkat mobile, tetapi juga untuk solusi SmartHome seperti Smart Speaker dan Smart TV, serta industri Otomotif untuk mendukung Driver Monitoring dan parkir otomatis.

Artikel terkait

Back to top button