[Hands-On] Mencoba Kecanggihan Kamera OPPO Reno 10x Zoom

OPPO Indonesia memastikan akan meluncurkan smartphone barunya yang dibekali teknologi fotografi canggih, yakni Reno 10X Zoom. Bagi yang belum tahu, perangkat ini menawarkan kamera telephoto dengan dukungan zoom hybrid hingga 10 kali.

Nah, belum lama ini, kami berkesempatan untuk mencoba langsung seperti apa kemampuan kamera dari OPPO Reno 10X Zoom, terutama dalam hal mengabadikan momen menggunakan kamera telenya. Penasaran? Yuk, langsung saja simak ulasan singkat kami:

Mekanisme berbasis periskop

svg%3E

Sebelum membahas lebih lanjut tentang kesan pertama kami menggunakan kamera OPPO Reno 10X Zoom, ada baiknya kami jelaskan terlebih dahulu teknologinya. OPPO mengadopsi mekanisme berbasis periskop yang memungkinkan sistem optical zoom dibenamkan pada bodi smartphone yang tipis serta tidak membuat area di sekitar kamera tampak menonjol keluar.

Untuk konfigurasi kamera tele tersebut OPPO menggunakan sensor 13 megapixel f/3.0 dan kerennya lagi sudah didukung OIS. Selain kamera 10x zoom 13 megapixel, OPPO Reno memiliki kamera utama 48 megapixel f/1.7 dengan sensor Sony IMX586. Ada pula kamera lainnya yang memiliki resolusi 8 megapixel ultra-wide.

“OPPO Reno 10x Zoom hadir sebagai sebuah solusi all-in-one pada mobile fotografi dengan menghadirkan kamera utama beresolusi tinggi 48MP, kamera bersudut lebar 120°, dan juga kamera telefoto dengan pembesaran hingga 10x. Dengan demikian, Reno 10x Zoom menjadi smartphone yang dapat memenuhi kebutuhan spesifik konsumen yang menyukai mobile fotografi,” ujar Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia.

Kerennya lagi, terdapat tiga teknologi focusing pada kamera OPPO Reno, yakni Laser Autofocus, Contrast Autofocus, dan Phase Detection Autofocus yang diklaim memungkinkan pengambilan fokus gambar dengan cepat, sehingga pengguna tidak akan ketinggalan momen berharga.

svg%3E

Sementara untuk kamera selfie, OPPO menggunakan kamera depan dengan mekanisme yang inovatif, yakni Pivot Rising Camera dengan sensor 16 megapixel. Modul kamera yang berbentuk seperti sirip ikan hiu akan terdorong ke arah atas ketika pengguna ingin melakukan swafoto.

Asyik untuk memotret di berbagai kondisi

Dalam acara yang digelar di Jakarta (26/4), OPPO secara khusus memang ingin memamerkan teknologi lossless zoom 10x pada Reno 10X Zoom. Karena itu, OPPO menyediakan sebuah spot foto dengan objek berupa miniatur kota.

svg%3E

Pada saat kami mencoba kameranya, manfaat lossless zoom terasa sangat signifikan ketika memotret objek. Kami tidak perlu beranjak dari spot awal pemotretan untuk mendapatkan tangkapan gambar yang lebih dekat atau ketika ingin lebih fokus memotret ke objek tertentu saja.

Anda bisa dengan mudah memakai fungsi zoom 5x atau 10x hanya dengan menekan satu tombol. Yang juga kami suka, OPPO juga menyematkan teknologi Optical Image Stabilization (OIS) pada kamera telefoto ini untuk mengurangi guncangan ketika mengambil gambar. Berikut adalah hasil foto 1x zoom, 5x zoom, dan 10x zoom OPPO Reno 10X Zoom:

svg%3E

OPPO Reno 10X (Tanpa Zoom)

OPPO Reno 10X (Zoom 5x)

OPPO Reno 10X (Zoom 10x)

Bagaimana untuk pemotretan di kondisi cahaya yang minim? OPPO Reno 10X Zoom dibekali Ultra Night Mode 2.0 yang dapat membantu menghasilkan foto yang terang, tajam, dan minim noise di malam hari, tapi tidak terlihat overexposure. Agar Anda tidak penasaran, kami sajikan lagi koleksi foto yang kami abadikan saat mencoba OPPO Reno 10X Zoom:

Hasil foto OPPO Reno 10X (12)

Hasil foto OPPO Reno 10X (13)

Hasil foto OPPO Reno 10X (6)

Desain modern dengan warna yang elegan

Dari segi desain pun OPPO Reno tampil begitu menggoda dengan bodi 3D Curved dan finishing yang elegan dalam pilihan warna hijau dan hitam. Material yang digunakan sendiri merupakan perpaduan antara metal dan kaca Gorilla Glass 6 (depan dan belakang).

Meski punya layar panoramic yang besar berukuran 6,6 inci Full HD+, OPPO Reno 10X Zoom tetap merupakan smartphone yang masih oke untuk dioperasikan dengan satu tangan. Saat pertama kali menggenggamnya, kami merasa smartphone ini amat premium.

svg%3E

Kesan modern lainnya juga bisa Anda dapatkan ketika mengakses sensor sidik jari yang tersembunyi di balik layar. Dibanderol generasi sebelumnya, teknologi yang dibenamkan kini telah mengalami peningkatan agar lebih responsif.

Kapan dijual di Indonesia dan berapa harganya?

Mungkin Anda termasuk pengguna yang sudah terlanjur penasaran dan menantikan kapan OPPO Reno 10x Zoom dijual resmi di Indonesia. Kami pun demikian. Tapi sayangnya, OPPO belum mau mengumumkan tanggal pasti peluncurannya. Kabarnya sekitar bulan Mei atau mungkin juga setelah Lebaran.

Soal harga pun masih tanda tanya. Tapi dengan berbagai fitur canggih dan spesifikasi tinggi seperti Snapdragon 855, RAM 8 GB, dan memori internal hingga 256 GB, tentunya Anda sudah bisa membayangkan ada di level mana kisaran harganya.

Verified by MonsterInsights