Fresh from the oven: Video Review OPPO F11

Samsung Umumkan Galaxy A60 dan Galaxy A40s

Samsung melengkapi jajaran A-series terbarunya dengan meluncurkan tidak hanya satu, tetapi dua smartphone yang diberi nama Galaxy A60 dan Galaxy A40s. Seperti apa spesifikasi dan fitur yang ditawarkan masing-masing produk ini?

Samsung Galaxy A60

Samsung Galaxy A60 merupakan smartphone dengan layar Infinity-O yang artinya memiliki lubang kecil untuk menampung kamera selfie. Ukuran layarnya sendiri 6,3 inci dengan resolusi Full HD+.

Dengan desain layar berlubang ditambah bezel yang tipis, rasio screen-to-body pada Galaxy A60 mampu mencapai 92 persen. Sementara pada bagian lubang tersebut, Samsung membenamkan sensor 32 megapixel untuk menunjang selfie.

Yang lebih menarik, Galaxy A60 tidak memiliki lubang speaker seperti pada smartphone kebanyakan. Samsung memperkenalkan teknologi Screen Cast Sound yang menurut Samsung mampu menjadikan seluruh bagian layar berfungsi sebagai speaker besar.

Beralih ke belakang, Galaxy A60 menawarkan konfigurasi tiga kamera yang terdiri dari 32 megapixel f/1.7, 8 megapixel f/2.2 ultrawide, serta 5 megapixel depth sensor. Pada bagian belakang ini pula Samsung menyediakan sensor sidik jari.

Sedangkan dari sektor performa, pengguna disuguhkan SoC Qualcomm Snapdragon 675 yang ditemani RAM 6 GB. Memori internalnya tergolong besar, yakni 128 GB. Untuk baterai, smartphone ini mengandalkan kapasitas 3500 mAh.

Belum ada kepastian kapan Galaxy A60 akan dilepas ke pasaran, termasuk informasi apakah nantinya akan dijual di Indonesia atau tidak. Tapi soal harga, Samsung sudah mengumumkan smartphone ini bisa ditebus dengan dana sebesar US$300 atau sekitar 4,2 juta rupiah.

Samsung Galaxy A40s

Lanjut membahas produk selanjutnya, Galaxy A40s, Samsung menawarkan layar Super AMOLED 6,4 inci Infinity-U dengan resolusi Full HD+. Smartphone ini didukung SoC Exynos 7904 dengan RAM 6 GB dan memori internal 64 GB.

Kamera belakangnya ada tiga, 13 megapixel f/1.9 + 5 megapixel f/2.2 ultrawide + 5 megapixel depth sensor. Yang paling menggiurkan adalah sektor daya yang dibekali baterai 5000 mAh lengkap dengan fast charging 15W.

Samsung Galaxy A40s rencananya bakal dijual di harga US$225 atau sekitar 3,2 juta rupiah. Sama seperti A60, belum ada informasi kapan perangkat ini dilepas ke pasaran global termasuk ke Indonesia.