Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Vivo V15 Pro: Performa Kencang dengan Snapdragon 675, Kamera Didukung Night Mode

4.6
Cek Harga

Tidak berselang terlalu lama dari peluncuran V15, Vivo kembali menghadirkan smartphone terbarunya dari seri yang sama tapi dibekali dengan spesifikasi yang lebih menggiurkan. Ya, produk yang dimaksud adalah V15 Pro.

Ada berbagai peningkatan yang menurut kami cukup signifikan dan membuat V15 Pro sangat layak masuk dalam target belanja Anda tahun ini. Penasaran seperti apa kecanggihannya? Langsung saja simak ulasan lengkap kami:

Desain menawan dengan kamera pop-up

Sama seperti saudaranya, Vivo V15 Pro tetap mengandalkan desain layar penuh dengan kamera pop-up yang tersembunyi di dalam bodi saat sedang tidak digunakan. Tampilannya menawan dengan warna gradasi yang terlihat elegan dan pastinya modern.

Varian yang kami review adalah warna Topaz Blue yang tampak kalem meski berada di bawah cahaya terangsekalipun. Namun jika Anda ingin tampil lebih menonjol, varian warna Coral Red mungkin lebih cocok.

Sekilas memang desain V15 Pro nyaris sama persis dengan V15 versi non-Pro. Tapi jika Anda perhatikan, pada bagian belakang V15 Pro memiliki tampilan bodi yang lebih polos dan full warna karena tidak ada sensor sidik jari. Selain itu, V15 Pro memakai desain Spectrum Ripple sehingga terlihat lebih mewah.

Lalu, di mana sensor tersebut diletakkan? Vivo mengadopsi konsep serupa dengan smartphone sebelumnya, V11 Pro, yakni membenamkan sensor sidik jari yang tersembunyi di balik layar.

Sedikit membahas soal sensasi genggamannya, jelas tidak ada perbedaan berarti antara V15 Pro dengan V15. Walupun layarnya besar, karena memiliki bezel super tipis dengan ketebalan 1,75mm di samping dan 2,22mm di atas, dimensi V15 Pro tetap terasa pas di tangan.

Yang lebih menarik, kombinasi tersebut juga memungkinkan Vivo untuk menghadirkan rasio screen-to-body yang amat tinggi, yaitu mencapai 91,64 persen. Di sisi sebelah kanan, Anda akan menemukan tombol power dan pengaturan volume. Sedangkan di sebelah kiri, ada tombol khusus untuk memanggil Google Assistant.

Soal ketersediaan slot, Vivo V15 Pro menawarkan dua tempat untuk SIM-card dan satu yang terdedikasi khusus untuk microSD. Port yang digunakan masih microUSB, belum USB Type-C.

Sedikit kekurangannya, bodi bagian belakang V15 Pro mudah kotor oleh sidik jari. Tapi untungnya, dalam paket penjualan Vivo sudah menyediakan casing secara gratis, dan yang paling kami suka adalah kualitasnya bagus tidak seperti casing bawaan kebanyakan.

Layar besar yang memuaskan

Vivo V15 Pro mengandalkan layar dengan panel Super AMOLED berukuran 6,39 inci Full HD+, dan aspect ratio 19.5:9. Sama seperti kebanyakan smartphone dengan layar Super AMOLED, Anda akan disuguhkan pengalaman visual yang memuaskan.

Layar pada V15 Pro terlihat tajam dan mampu menampilkan warna yang kaya. Selain itu, tingkat kecerahan layarnya juga tinggi sehingga Anda tidak akan menemui masalah ketika menggunakannya di bawah sinar matahari yang terik.

Penggunaan panel Super AMOLED juga sekaligus memungkinkan Vivo membenamkan teknologi Screen Touch ID. Selain itu, berkat Super AMOLED V15 Pro juga memiliki fitur Always On Display dengan konsumsi daya yang rendah.

Ketika diaktifkan, Always On Display akan menampilkan beberapa informasi yang penting seperti jam, tanggal, serta notifikasi. Anda juga dapat menyesuaikan tampilannya sesuai dengan selera Anda.

Satu kekurangannya bagi kami yang mungkin belum tentu relevan dengan kebutuhan Anda, adalah belum adanya sertifikasi Widevine L1 untuk mendukung streaming konten dengan resolusi HD dari aplikasi seperti Netflix.

Screen Touch ID yang lebih responsif

Vivo V15 Pro mengadopsi sistem operasi Funtouch OS terbaru berbasis Android 9.0 Pie. Tampilannya fresh dan dibekali banyak fitur yang cukup berguna untuk memudahkan pemakaian smartphone sehari-hari.

Contohnya adalah Smart Motion sebagai shortcut untuk menyalakan dan mematikan layar, Smart Split untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus di layar, maupun Smart Click untuk mempercepat akses seperti menyalakan senter, membuka kamera, dan sebagainya.

Yang paling menarik, seperti disebutkan di atas sistem keamanan Vivo V15 Pro menggunakan teknologi Screen Touch ID, alias sensor sidik jari di dalam layar. Bedanya, teknologi yang dibenamkan adalah generasi terbaru yang kami rasa jauh lebih responsif dan lebih akurat dalam mendeteksi sidik jari.

Tidak ketinggalan, Vivo kembali menanamkan asisten virtual Jovi yang kini lebih cerdas dalam memahamai kebutuhan penggunanya. Jovi juga punya fitur Image Recognizer untuk memudahkan pencarian produk yang sesuai dengan yang ditangkap kamera V15 Pro.

Kamera dengan dukungan Night Mode

Vivo V15 Pro hadir dengan AI Triple Camera yang memiliki sensor utama 48 juta Quad Pixel, kamera kedua 8 megapixel Super Wide-Angle, serta kamera 5 megapixel sebagai depth sensor. Sementara di depan, pengguna masih disuguhkan kamera selfie pop-up 32 megapixel.

Asyiknya lagi, V15 Pro kini didukung AI Super Night Mode. Bagi yang belum tahu, fitur ini memungkinkan pengguna menangkap gambar dengan baik di kondisi cahaya yang minim. Tentunya, butuh waktu sekitar 3 detik untuk memotret dan tangan harus stabil karena kamera akan menggabungkan beberapa foto dengan exposure berbeda.

Tidak hanya itu, kamera V15 Pro juga menawarkan tangkapan gambar 48 megapixel yang bisa Anda aktifkan di pengaturan kamera. Ada pula mode Pro untuk pengaturan manual, mode Panorama, dan tidak ketinggalan AR Stickers.

Lalu, bagaimana dengan hasil jepretannya? Menurut kami, di kondisi cahaya yang memadai V15 Pro dapat menangkap gambar dengan baik. Fotonya tajam, reproduksi warnanya juga cukup akurat, dan yang tidak kalah penting, dynamic range-nya tergolong baik.

Hasil foto kamera Vivo V15 Pro (10)

Hasil foto kamera Vivo V15 Pro (18)

Hasil kamera Vivo V15 Pro (2)

Hasil foto kamera Vivo V15 Pro (14)

Sementara pada kondisi cahaya yang temaram atau misalnya pada malam hari, penggunaan AI Super Night Mode sangat memberikan kemudahan dalam mengabadikan momen. Foto malam hari menjadi lebih terang dan tajam, walaupun terkadang warnanya sedikit kurang akurat.

Hasil foto Vivo V15 Pro

Hasil kamera Vivo V15 Pro (3)

Hasil foto kamera Vivo V15 Pro (21)

Hasil foto kamera Vivo V15 Pro (28)

Hasil foto kamera Vivo V15 Pro (20)

Untuk Anda yang gemar membuat foto bokeh artistik, Vivo V15 Pro dibekali Portrait Light Mode dengan beberapa pilihan seperti Studio Light, Stereo Light, Loop Light, Rainbow Light, dan yang kami pilih pada contoh foto di bawah ini, Monochrome Background.

Hasil foto kamera Vivo V15 Pro (22)

Sementara kamera wide-nya akan berguna ketika Anda ingin memotret dalam sudut yang lebih luas tanpa harus mundur terlalu jauh. Misalnya saat foto group atau ketika ingin memotret pemandangan.

Kamera selfie-nya? Menurut kami secara default masih terlalu kental dengan efek beautify. Untuk Anda yang kurang suka dengan polesan yang berlebihan, kami menyarankan untuk sedikit mengutak-atik pengaturan terlebih dahulu sebelum memotret selfie.

Hasil foto kamera Vivo V15 Pro (25)

Agar lebih menjelaskan seperti apa kemampuan kamera dari Vivo V15 Pro, Anda bisa langsung mengakses koleksi foto kami yang lebih lengkap di akun Flickr Yangcanggih.com.

Performa mantap untuk main game

Salah satu perbedaan paling menonjol yang ditawarkan oleh versi Pro ini adalah penggunaan SoC dari generasi yang lebih baru, yakni Qualcomm Snapdragon 675 AIE. Bagi yang belum tahu, chip dengan fabrikasi 11nm ini menjanjikan peningkatan performa gaming, kamera, dan AI.

Selain itu, Snapdragon 675 juga diklaim lebih efisien. Perlu digarisbawahi bahwa Vivo V15 Pro merupakan smartphone pertama dengan Snapdragon 675 yang dijual secara resmi di Indonesia. Selain itu, V15 Pro juga dibekali RAM 6 GB dan memori internal 128 GB (ada slot microSD hingga 256GB).

Performa yang ditawarkannya menurut kami cukup mantap. Bukan cuma untuk urusan menjalankan aplikasi standar sehari-hari, tetapi juga untuk bermain games. Judul-judul populer seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, Arena of Valor, hingga Asphalt 9 dapat dimainkan dengan frame rate yang mulus dan nyaman.

Tidak lupa kami juga menyajikan beberapa hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark di bawah ini:

Baterai awet, charging lumayan cepat

Vivo V15 Pro didukung baterai berkapasitas 3.700 mAh. Di atas kertas, angka tersebut memang terlihat biasa saja atau mungkin kurang menggiurkan bagi sebagian pengguna di Indonesia yang mengharapkan kapasitas lebih besar.

Tapi perlu diketahui, baterai ini menurut kami sudah mencukupi. Pasalnya Vivo V15 Pro memiliki manajemen daya yang amat baik sehingga sangat memungkinkan untuk menemani Anda beraktivitas sejak pagi hingga malam hari.

Dual-Engine Fast Charging juga sangat bermanfaat untuk mempercepat proses pengisian dayanya, meski harus diakui masih kalah ngebut dibanding pesaingnya. Dari kondisi di bawah 10 persen, butuh waktu kurang dari 2 jam agar bisa terisi penuh 100 persen.

Kesimpulan

Kami menilai Vivo V15 Pro merupakan salah satu smartphone Android paling menarik yang ada di pasaran saat ini. Alasannya cukup banyak. Selain karena kameranya yang inovatif, kehadiran Snapdragon 675 juga menjadi nilai plus yang saat ini belum bisa Anda dapatkan dari produk lainnya yang dijual resmi di Indonesia.

Dibanderol Rp5.699.000, Vivo V15 Pro cocok untuk Anda yang mencari smartphone menawan dengan performa kencang, layar ekstra lega, dan kemampuan kamera yang bisa diandalkan.

Yang Canggih:

  • Desain mewah dengan pilihan warna yang bagus
  • Layar penuh tanpa notch dengan ukuran besar
  • Panel Super AMOLED mampu menyajikan konten yang sedap dipandang
  • Layar sudah didukung fitur Always-On Display
  • Performa bertenaga, asyik untuk gaming
  • Mekanisme kamera pop-up terasa kokoh
  • Hasil foto kamera belakang tergolong baik di kondisi cahaya memadai
  • Pemotretan di malam hari lebih mudah dengan AI Super Night Mode
  • Sensor sidik jari di dalam layar yang lebih responsif
  • Daya tahan baterai cukup memuaskan
  • Case bawaan kualitasnya lebih bagus

Yang Kurang:

  • Bodi mudah kotor oleh sidik jari
  • Hasil foto dengan Night Mode terkadang kurang konsisten
  • Foto dengan kamera wide belum sebagus kamera utamanya
  • Belum menggunakan port USB Type-C
  • Belum ada NFC
Spesifikasi Vivo V15 Pro
Layar Super AMOLED 6,36 inci Full HD+
SoC Qualcomm Snapdragon 675
RAM 6 GB
Memori internal 128 GB
Kamera belakang AI Triple Camera 48 juta quad pixel + 8 megapixel wide + 5 megapixel depth sensor
Kamera selfie 32 megapixel
Baterai 3.700 mAh dengan Dual-Engine Fast Charging
Sistem operasi Funtouch OS (Android 9.0 Pie)
Fitur Screen Touch ID, Jovi
Harga Rp5.699.000
Vivo V15 Pro
Vivo V15 Pro cocok untuk Anda yang mencari smartphone keren dengan performa kencang, layar ekstra lega, dan kemampuan kamera yang bisa diandalkan.
4.6
Cek Harga

Related Articles

Back to top button