Vivo V15 Pro: Pertama dengan SD 675. Baca review-nya di sini

Review Samsung Galaxy M20: Andalan Samsung Saingi Ponsel Merek China di Kelas 2 Jutaan

Last updated:
4
Cek Harga

Galaxy M20 menjadi smartphone pertama Samsung yang dirilis ke pasaran Indonesia di awal tahun 2019. Bisa dibilang, produk mereka di kisaran harga 2 jutaan rupiah kali ini amat menarik karena hadir dengan spesifikasi yang cukup menggiurkan di kelasnya.

Penasaran seperti apa keunggulan dari Galaxy M20? Yuk, langsung saja simak ulasan lengkap kami:

Desain modern dengan bezel tipis

Berbeda dengan smartphone Samsung sebelumnya, Galaxy M20 mengusung desain layar Infinity-V. Memang tampilan seperti ini sesungguhnya bukan hal yang baru karena sudah diadopsi oleh berbagai brand lainnya dengan sebutan ‘waterdrop’ atau tetesan air.

Dari lembar spesifikasi, terlihat bahwa Galaxy M20 dibekali layar dengan ukuran yang besar, yakni 6,3 inci. Meski begitu, perpaduan desain Infinity-V dengan bezel yang tipis membuat dimensi smartphone secara keseluruhan tidak berlebihan.

Ini artinya, bodi Galaxy M20 tetap ramping sehingga nyaman digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan saja. Selain itu, ketebalannya juga masih di angka 8,8 mm dan bobotnya pun pas walaupun baterai yang dibenamkan berkapasitas besar.

Sedikit membahas materialnnya, smartphone memiliki bodi berbahan polycarbonate yang dilapisi dengan finishing glossy untuk memberi kesan premium. Varian yang kami coba adalah yang berwarna Charcoal Black. Sementara varian lainnya yang bisa Anda pilih menawarkan warna Ocean Blue.

Beralih ke bagian punggungnya, Anda akan menemukan konfigurasi kamera ganda beserta fingerprint sensor. Perlu diketahui, seperti pada kebanyakan smartphone berbahan serupa, bagian punggung Galaxy M20 juga menjadi magnet sidik jari.

Soal ketersediaan slot, Samsung menyediakan tiga tempat yang ditujukan untuk Dual-SIM serta satu slot terdedikasi untuk microSD. Oh iya, ada satu hal lain yang amat kami sukai. Meski berstatus sebagai kelas menengah ke bawah, ternyata Galaxy M20 sudah menggunakan port USB Type-C.

Layar besar dengan tingkat kecerahan cukup tinggi

Samsung Galaxy M20 hadir dengan layar PLS TFT berukuran 6,3 inci. Ukuran yang tergolong besar dan resolusinya pun sudah Full HD+. Yang menarik, Walaupun layarnya bukan IPS apalagi AMOLED, melainkan PLS TFT, tapi dari segi ketajaman, tingkat kecerahan, dan warna yang disajikan semuanya tampak amat baik.

Sama seperti kebanyakan smartphone Android masa kini, layar Galaxy M20 saat ini sudah memiliki fitur Blue Light Filter untuk mengurangi emisi cahaya biru. Dengan begitu, menatap layar dalam durasi yang lama, terutama di ruangan gelap, tidak akan membuat mata cepat lelah.

Tapi yang paling kami suka, Samsung Galaxy M20 sudah didukung sertifikasi Widevine L1, yang artinya sudah mengantongi syarat untuk streaming HD dari Netflix. Keunggulan yang seringkali belum dimiliki oleh beberapa produk lain, bahkan yang harganya lebih mahal. Dengan layar 6,3 yang besar tersebut, pastinya akan lebih asyik menikmati film favorit Anda dalam resolusi yang tinggi pula!

Sementara dari sektor audio, Samsung membenamkan dukungan Dolby Atmos yang bisa diaktifkan dari menu Setting. Selain itu, Anda juga dapat mengutak-atik equalizer untuk menyesuaikan keluaran suara sesuai selera Anda.

Android masih Oreo

Samsung Galaxy M20 hadir dengan sistem operasi yang saat ini masih Android 8.1 Oreo. Belum ada informasi apakah nantinya Samsung akan memberikan update ke Android 9.0 Pie atau tidak. Untuk UI, tampilannya masih khas Samsung yang lama dan belum seperti seri kelas flagship seperti Galaxy S atau Galaxy Note.

Soal fitur-fitur di dalamnya, software Galaxy M20 secara default sudah dibekali aplikasi Samasung Max untuk menghemat konsumsi kuota data saat berselancar di dunia maya. Ada pula Game Launcher yang sesuai namanya untuk mengumpulkan semua judul game di satu tempat serta meningkatkan performa smartphone saat bermain.

Sementara untuk urusan keamanan, Samsung menyediakan beberapa opsi yang bisa dipilih, termasuk sensor sidik jari yang terletak di bagian belakang serta face unlock yang menggunakan kamera depan.

Kamera lumayan untuk pemotretan dengan cahaya ideal

Untuk yang gemar memotret, Galaxy M20 menawarkan kamera belakang ganda yang terdiri dari 13 megapixel lensa normal dan 5 megapixel lensa ultra-wide 120 derajat. Untuk selfie, ada kamera depan 8 megapixel. Baik kamera belakang maupun kamera depan memiliki mode Live Focus untuk menciptakan foto dengan efek bokeh.

UI dari kamera ini masih menggunakan yang versi lama dengan navigasi yang praktis untuk beralih dari satu mode ke mode lainnya. Apa saja mode yang tersedia? Antara lain Auto, Beauty, Live Focus alias bokeh, Pro, dan panorama. Anda juga bisa berpindah ke mode Ultra-Wide dengan hanya dengan menekan logonya di layar.

Lalu, bagaimana hasil fotonya? Menurut kami, untuk sebuah smartphone seharga 2,8 juta rupiah, Galaxy M20 punya kamera yang lumayan. Hasil fotonya cukup tajam jika berada di tempat terang, meski kurang maksimal untuk pemotretan minim cahaya. Untuk selfie pun lumayan, tapi lagi-lagi di lokasi dengan cahaya ideal.

Hasil foto Samsung Galaxy M20 (18)

Hasil foto Samsung Galaxy M20 (10)

Hasil foto Samsung Galaxy M20 (7)

Hasil foto Samsung Galaxy M20 (13)

Hasil foto Samsung Galaxy M20 (19)

Lensa ultra-wide 120 derajat pada Galaxy M20 juga amat berguna untuk mendapatkan foto yang lebih luas di lokasi yang sempit. Hasil jepretan dari lensa ini juga masih layak untuk dipamerkan ke media sosial. Mode Live Focus? Tidak mengecewakan.

Bagi yang masih penasaran dengan hasil foto Samsung Galaxy M20, langsung saja menuju akun Flickr resmi Yangcanggih.com.

Performa cukup untuk berbagai penggunaan sehari-hari

Dari sektor performa, smartphone ini dipersenjatai SoC Exynos 7904 dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Sewaktu peluncuran di India memang ada varian dengan RAM 4 GB, tapi tidak diketahui apakah nantinya akan diluncurkan juga di Indonesia atau tidak.

Exynos 7904 sendiri merupakan SoC baru untuk memberikan performa multimedia yang mumpuni pada smartphone terjangkau. Exynos 7904 memiliki prosesor octa-core yang terdiri dari dua core Cortex-A73 1.8 GHz untuk menunjang performa, serta 6-core hemat daya Cortex-A53 berkecepatan 1.6 GHz.

Dengan perpaduan seperti itu, Galaxy M20 dapat memberikan performa yang mulus untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Untuk gaming pun masih lumayan, misalnya Mobile Legends yang bisa berjalan lancar tanpa kendala.

Untuk PUBG Mobile? Masih bisa, asal Anda mengaturnya pada grafis yang rendah. Itu pun terkadang masih terasa penurunan frame rate sedikit, tapi tidak terlalu mengganggu jalannya permainan.

Agar bisa lebih menggambarkan seperti apa performa dari Samsung Galaxy M20, berikut kami sajikan beberapa hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark.

Baterai besar dan tahan lama

Inilah yang menjadi nilai jual utama dari Samsung Galaxy M20. Ya, apalagi kalau bukan baterai 5.000 mAh yang memungkinkannya menemani aktivitas Anda seharian penuh dari pagi hingga malam hari.

Bahkan jika Anda bukan termasuk orang dengan gaya pemakaian smartphone yang berat, baterai Galaxy M20 bisa bertahan hingga keesokan harinya. Hasil pengujian menggunakan aplikasi PCMark Battery Test juga memuaskan, yakni mencapai 14 jam lebih.

Asyiknya lagi, Samsung sudah membenamkan fitur fast charging melalui port USB Type-C. Untuk mengisi daya dari kondisi di bawah 10 persen hingga penuh, dengan baterai sebesar ini hanya butuh waktu kurang dari 2,5 jam saja.

Kesimpulan

Kehadiran Galaxy M20 seolah menjadi jawaban Samsung di tengah maraknya produk-produk dari negara Tiongkok yang gemar perang harga. Dengan harga yang menurut kami amat ideal dan brand image yang kuat, Samsung Galaxy M20 sangat layak menjadi pilihan utama di level harganya. Ingin rasanya kami mengumumkan ke semua orang, “akhirnya ada smartphone Samsung yang mantap di harga 2 jutaan!”.

Dibanderol Rp2.799.000, Samsung Galaxy M20 cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan sedang mencari smartphone kelas menengah dengan tampilan yang oke dan baterai yang awet.

Yang Canggih:

  • Desain dan pilihan warna cukup elegan
  • Bodi tergolong ramping dan pas di genggaman
  • Layar besar, tajam, dan cerah
  • Sudah mendukung Widevine L1, Netflix bisa HD
  • Kamera lumayan untuk pemotretan di kondisi cahaya memadai
  • Ada kamera Ultra-Wide untuk memotret lebih luas
  • Kapasitas baterai besar dengan daya tahan yang mantap
  • Fast charging dengan charger 15W
  • Sudah menggunakan port USB Type-C
  • Dual slot SIM-card + slot microSD terpisah

Yang Kurang:

  • Bodi mudah kotor oleh sidik jari
  • Kamera kurang oke untuk low-light
  • Performa kurang gahar jika dibandingkan dengan produk lain di kisaran harga yang sama
Spesifikasi Samsung Galaxy M20
Layar PLS TFT 6,3 inci Full HD+
SoC Exynox 7904 octa-core
RAM 3 GB
Memori internal 32 GB (slot microSD hingga 512 GB)
Kamera belakang 13 megapixel + 5 megapixel (ultra-wide)
Kamera depan 8 megapixel
Baterai 5.000 mAh dengan fast charging
Konekvitas 4G LTE, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 5.0, A-GPS, GLONASS, USB Type-C
Fitur Sensor sidik jari, face unlock
Warna Charcoal Black, Ocean Blue
Samsung Galaxy M20 cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan butuh perangkat dengan baterai besar
4
Cek Harga